BI Cirebon Siapkan Rp. 8,2 Triliyun Untuk Penukaran Uang Selama Ramadan

Cirebon,- Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait penukaran uang jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2019, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon akan menyiapkan sebanyak Rp. 8,2 Triliun.

1. Siapkan Rp. 8 Triliyun

Kepala KPw BI Cirebon, M. Abdul Majid Ikram mengatakan jumlah uang untuk penukaran yang disiapkan tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp. 4,6 Triliun.

“Ini juga untuk antisipasi kami dalam kaitanya dengan aktivitas perekonomian yang cukup baik di Kota Cirebon,” ujarnya saat pres confrence di salah satu rumah makan di Jalan Pasuketan, Kota Cirebon, Jumat (3/5/2019).

BACA YUK:  Wilayah PPKM Level 1 Boleh Gelar Resepsi dengan Kapasitas 100 Persen

Pihaknya berkeyakinan, bahwa potensi kenaikan atas permintaan penukaran uang akan meningkat selama bulan Ramadan hingga jelang hari raya Idul Fitri di wilayah kerja Bank Indonesia Cirebon.

“Penukaran uang nanti akan lebih condong kepada pecahan besar sekitar Rp. 7 Triliyun, sisanya pecahan kecil,” terangnya.

2. Penukaran Uang di Luar Kantor

Menurut Majid, kegiatan penukaran uang akan dilakukan baik di kantor Bank Indonesia atau di luar kantor. Namun, utamanya akan dilakukan di luar kantor Bank Indonesia.

“Insyaallah, kami secara bergilir setiap hari akan berkeliling, baik di Kota Cirebon ataupun di empat kabupaten lainnya seperti Majalengka, Indramayu, Kuningan, dan Kabupaten Cirebon,” bebernya.

BACA YUK:  Setiap Hari Jumat, Ada All You Can Eat di Pool Side BBQ Night Grage Hotel Cirebon

“Termasuk sekarang, kami juga melayani penukaran di tol dan juga beberapa kabupaten yang dekat dengan wilayah kerja kami, seperti Subang, Sumedang,” imbuhnya.

Untuk penukaran uang di Kota Cirebon sendiri, Bank Indonesia akan bekerja sama dengan enam bank lainya pada tanggal 13-22 Mei.

“Nanti kita siapkan sebanyak Rp. 32,4 Milyar,” terangnya.

3. Penemuan Uang Palsu

Selain itu, mengenai penemuan uang yang diragukan keasliannya atau uang palsu di tahun 2019, Bank Indonesia menemukan 8 lembar uang palsu di wilayah Indramayu.

BACA YUK:  Info Loker Cirebon : Panama Textile &Tailor

“Kemudian di wilayah Kuningan juga ditemukan uang palsu, tapi jumlahnya relatif kecil,” bebernya.

Lanjut Majid, masalah penemuan uang palsu di dua wilayah tersebut sampai saat ini masih dalam proses penyidikan dari kepolisian.

“Alhamdulillah, kesadaran masyarakat kita dan pengetahuan yang sudah cukup baik di masyarakat, makanya cepat langsung ketahuan,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 10 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.