Besok KRI Dewaruci akan Tiba di Pelabuhan Cirebon

Cirebon, 24 Agustus 2017,- Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci yang merupakan kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut, dijadwalkan akan Open Ship di Pelabuhan Cirebon selama tiga hari, mulai tanggal 25 sampai 27 Agustus 2017.

Nama kapal yang diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa yaitu Dewa Ruci berbasis di Surabaya merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut.

Letkol Mar Yustinus Rudiman MTR Hanla; MTR (Han), selaku Komandan Lanal Cirebon mengatakan, kunjungan KRI Dewaruci merupakan program dari Akademi TNI Angkatan Laut melaksanakan Prajala Sesha untuk pengenalan pelayaran untuk kadet-kadet Angkatan Laut.

Menurutnya, salah satu kota yang akan dikunjungi selain Cirebon adalah Tegal, karena Tegal merupakan salah satu tempat lahirnya Angkatan Laut. Karena, Cirebon dan Tegal merupakan sejarah panjang Angkatan Laut.

BACA YUK:  Wakil Gubernur Jabar: Ratusan Seni dan Budaya Jawa Barat Diakui Dunia Internasional

“Kapal ini adalah The Legend, datang ke Cirebon tidak akan saya sia-siakan, harus memberikan kebanggaan dan harus bisa menyentuh ke masyarakat kita. Bagi saya kedatangan KRI Dewaruci ke Cirebon sesuatu yang sakral, entah bagaimana ceritanya, Cirebon bisa terpilih untuk dikunjungi,” ujarnya.

Katanya, semua perwira TNI Angkatan Laut lahirnya dari KRI Dewaruci ini dan saya juga termasuk yang lahir dari kapal ini. Selama berada di Kota Cirebon, masyarakat di wilayah III Cirebon diperkenankan masuk untuk melihat aktivitas, tradis di kapal latih yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Open Ship akan dibuka dari jam 08.00 sampai 21.00 WIB tanpa dipungut biaya.

BACA YUK:  Peparda Jabar 2022 Resmi Ditutup

“KRI Dewaruci merupakan tipe Barquentin buatan Jerman Barat pada tahun 1952, dan di dunia hanya ada dua, satunya dimiliki oleh Prancis. Tetapi, kapal yang dimiliki Prancis pada tahun 1980an sudah tidak ada, yang bertahan sampai sekarang hanya KRI Dewa Ruci,” jelasnya.

Lanjut dia, selain Open Ship agenda yang akan dikunjungi oleh kadet-kadet Akademi Angkatan Laut yaitu kunjungan ke Forum Kordinasi Pimpinan Daerah, Lanal Cirebon, Lanal Tegal, dan mengunjungi sekolah-sekolah untuk mengenalkan Angkatan Laut.

Selain itu, dalam kunjungan KRI Dewaruci, Grage Group bersinergi dengan Lanal Cirebon akan menggelar berbagai perlombaan dan bazar produk demi mensukseskan kunjungan kapal kebanggan Indonesia.

BACA YUK:  PT KAI Daop 3 Cirebon Catat 8.242 Tiket Masa Nataru Sudah Terjual

Managing Director Grage Group, Ratu Sukmayani menambahkan, Grage Group mensupport kegiatan kunjungan KRI Dewaruci dengan menggelar bazar produk dan lomba-lomba untuk masyarakat. Bazar produk akan diisi oleh Grage Hotel, Umah Mangan dan Matahari Departemen Store.

Kemudian tambahnya, untuk perlombaan yang akan kita gelar adalah mewarnai KRI Dewaruci, lomba fotografi, lomba selfie atau wefie, dan di hari Minggu akan dimeriahkan dengan aerobic dan zumba pantai.

“Untuk mewarnai akan diikuti oleh anak-anak Taman Kanak-kanak, dan untuk info pendaftaran lomba fotografi bisa menghubungi tim Grage Group di nomer 081312018600,” pungkasnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *