Bersama PPDP, PPL dan TimKam Pasangan Calon, PPS Se-Kota Cirebon Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP)

0
119
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP)

Cirebon,- Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Wali Kota dan Wali Kota Cirebon Tahun 2018 dan memperhatikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasal 12 Ayat 6 dan Ayat 7, Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Cirebon melakukan kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di tingkat kelurahan, Selasa (6/3).

Berdasarkan hal tersebut, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon bersama Sekretariat KPU Kota Cirebon melakukan kegiatan Monitoring Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di masing-masing kelurahan.

Aston Hotel

Kegiatan monitoring rekapitulasi DPHP dibagi ke dalam 5 Tim, masing-masing Tim terdiri atas Ketua dan Anggota KPU Kota Cirebon serta Sekretaris KPU Kota Cirebon dan jajarannya.

Tim I terdiri dari Anggota KPU Kota Cirebon, Moh. Arief, S.Sos didampingi oleh Staff Teknis dan Hupmas, Nugroho Bambang Santoso, S.IP yang melakukan kegiatan monitoring di masing-masing kelurahan di Kecamatan Harjamukti.

Sedangkan Tim II terdiri dari Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani, SE., Ak didampingi oleh Sekretaris KPU Kota Cirebon, Drs. Asep Gandana melakukan kegiatan monitoring di masing-masing kelurahan di Kecamatan Kesambi.

Istana Kerang

Sementara itu, untuk Tim III dan Tim IV secara berturut-turut, anggota KPU Kota Cirebon, M. Iwan Setiawan, SH didampingi Kasubbag Program dan Data, Efar Januar Udnur, S.IP melakukan monitoring di wilayah Kecamatan Pekalipan. Sedangkan Anggota KPU Kota Cirebon, yang melakukan monitoring di Kecamatan Kejaksan yakni Dita Hudayani, SH didampingi oleh Supriatu Puji Astuti, SE selaku Kasubbag Umum KPU Kota Cirebon.

Adapun Tim V untuk kegiatan monitoring yang dilakukan di Kecamatan Lemahwungkuk dilakukan oleh Dr. Sanusi, SH., MH yang didampingi oleh Kasubbag Hukum KPU Kota Cirebon, Intan Sugihartini, SH., MH.

Dari rapat pleno yang diselenggarakan secara serentak di tiap kelurahan se-Kota Cirebon, jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih hasil pemutkhiran di Kecamatan Harjamukti, diantaranya terdiri atas Kelurahan Larangan dan Kelurahan Argasunya memiliki 30 jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan masing-masing jumlah pemilih hasil DPHP sebanyak 11.421 dan 13.815.

Sementara itu, Kelurahan Kecapi dengan jumlah pemilih hasil DPHP sebanyak 16.113 terdapat 38 TPS. Adapun Kelurahan Kalijaga dan Kelurahan Harjamukti dengan jumlah TPS sebanyak 50 TPS dan 31 TPS terdapat 22.976 jumlah pemilih hasil DPHP dan 15.197 jumlah pemilih DPHP.

Monitoring yang dilakukan oleh Emirzal Hamdani, SE., Ak di wilayah Kecamatan Kesambi yang terdiri dari Kelurahan Sunyaragi, Kelurahan Kesambi, Kelurahan Pekiringan, Kelurahan Karyamulya dan Kelurahan Drajat memiliki jumlah TPS dan jumlah pemilih hasil DPHP secara berturut-turut yakni jumlah TPS Kelurahan Sunyaragi sebanyak 24 TPS dengan jumlah pemilih 8.891 hasil DPHP. Jumlah TPS Kelurahan Kesambi sebanyak 19 TPS dengan jumlah pemilih 6.479 hasil DPHP.

Sedangkan Kelurahan Pekiringan dengan jumlah pemilih 8.828 hasil DPHP terdapat 24 TPS. Secara berturut-turut Kelurahan Karyamulya dan Kelurahan Drajat masing-masing memiliki jumlah pemilih hasil DPHP sebanyak 17.676 dan 11.464 dengan 46 TPS dan 32 TPS.

Tim III dan Tim IV, dilakukan monitoring oleh M. Iwan Setiawan, SH dan Dita Hudayani, SH menghasilkan jumlah pemilih yang terdaftar se-Kecamatan Pekalipan dan se-Kecamatan Kejaksan masing-masing sebagai berikut:

Hasil monitoring di PPS Pulasaren dan PPS Pekalipan sebanyak 5.689 jumlah pemilih hasil DPHP dan 5.119 jumlah pemilih DPHP dengan 15 jumlah TPS. Sedangkan PPS Jagasatru dan PPS Pekalangan, masing-masing memiliki 20 TPS dan jumlah pemilih hasil DPHP sebanyak 7.302 serta 11 TPS dan sebanyak 4.773 jumlah pemilih hasil DPHP.

Untuk Kelurahan Sukapura, Kelurahan Kesenden yang memiliki jumlah TPS sebanyak 29 TPS dan jumlah pemilih sebanyak 10.663 dan 9.556 jumlah pemilih hasil DPHP. Berbeda dengan dua kelurahan sebelumnya, jumlah TPS di Kelurahan Kebon Baru dan Kelurahan Kejaksan memiliki 14 TPS dan sebanyak 6.296 jumlah pemilih hasil DPHP serta 15 TPS dan sebanyak 6.804 jumlah pemilih hasil DPHP.

Terakhir, Kecamatan Lemahwungkuk terdapat 4 Kelurahan dengan Total 107 TPS terbagi atas 42 TPS Kelurahan Pegambiran, 21 TPS Kelurahan Panjunan, 18 TPS Kelurahan Lemahwungkuk dan 26 TPS Kelurahan Kesepuhan. Dengan jumlah pemilih hasil DPHP masing-masing sebanyak 15.688, 7.498, 6.417 dan 11.916.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Petugas Pengawas Lapangan (PPL) dan Tim Kampanye Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Nomor Urut 1 (OKE) dan Nomor Urut 2 (PASTI) di tingkat kelurahan se-Kota Cirebon. (rls)