Jumat, 4 Desember 2020

Bersama BNN Kota Cirebon, Akper Dharma Husada Lakukan Tes Urine Mahasiswa Baru

Populer

MD 7 Hotel Hadir di Cirebon, Tawarkan Promo Menarik Hanya Rp. 187 ribu/Malam

Cirebon,- MD 7 Hotel merupakan hotel budget yang terletak di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Hotel dengan 8 lantai ini...

Istri Sunjaya Purwadisastra, Hj. Wahyu Tjiptaningsih Terpilih Jadi Wakil Bupati Cirebon

Cirebon,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon menetapkan Hj. Wahyu Tjiptaningsih sebagai Calon Terpilih Wakil Bupati Cirebon sisa...

Crab 1818 Hadirkan Promo Bapper, Harga Lebih Murah ⁣

Cirebon,- Restoran Pelopor Bancakan Seafood pertama di Kota Cirebon, Crab 1818 kembali menghadirkan promo untuk pelanggan.⁣ ⁣ Crab 1818 yang berlokasi...

Kandang Ayam Hadir di Cirebon, Tawarkan Menu Olahan Ayam dan Pilihan Sauce

Cirebon,- Resto Kandang Ayam kini hadir meramaikan kuliner di Kota Cirebon. Bertempat di Jalan Sudarsono, Kota Cirebon, Resto Kandang...

Mulai Desember, Pegawai di Pemkab Cirebon Gunakan Batik Mande Praja Caruban

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menetapkan Batik Mande Praja Caruban sebagai batik baru untuk seluruh pegawai di Pemerintahan Kabupaten...

Cirebon,- Akademi Keperawatan Dharma Husada Cirebon bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon melakukan tes urine, yang berlangsung di Kampus Dharma Husada, Jalan Perjuangan, Majasem, Kota Cirebon, Rabu (21/8/2019).

1. Pembinaan dan Pencegahan

Sidik Lingga Kusuma, selaku Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Cirebon mengatakan kegiatan tes urine ini biasa dilakukan untuk pembinaan dan juga pencegahan.

Loading...

“Pada prinsipnya, kegiatan ini lebih kepada arah pembinaan atau pencegahan penggunaan obat-obatan terlarang yang kini marak di masyarakat,” ujarnya kepada About Cirebon.

Menurut Sidik, kegiatan ini bukan untuk mencari sesuatu yang dicurigai, tetapi kegiatan ini untuk pembinaan dan pencegahan bagi mahasiswa-mahasiswi baru di Akper Dharma Husada Cirebon.

“Jadi salah, bila kegiatan ini untuk mencari-cari sesuatu yang dicurigai menurut masyarakat. Tetapi lebih kepada pencegahan dan pembinaan,” tegasnya.

BACA YUK:  Masyarakat Terdampak Pandemi Dapat Bantuan Beras 11 Ton

2. Sebagai Pelopor

Pada kegiatan tes urien di Kampus Akper Dharam Husada Cirebon ini diikuti sebanyak 33 mahasiswa baru. Dari 33 mahasiswa terdiri dari 2 orang pria dan sisanya 31 orang wanita.

Menurut Sidik, kegiatan tes urine yang dilaksanakan di Kampus Akper Dharma Husada merupakan yang pertama kali untuk pengecekan mahasiswa baru.

“Saya berharap, kegiatan tes urine ini bisa diikuti oleh kampus-kampus yang lain. Dan Dharma Husada ini sebagai contoh, pelopor yang bisa diikuti oleh kampus lain, terutama kampus yang besar,” bebernya.

3. Rawan Peredaran Narkoba

Peredaran narkoba di Kota Cirebon, menurut Sidik, kota Cirebon diangap rawan, karena tidak ada satu wilayah yang dianggap tidak rawan narkoba.

“Tetapi, untuk persentase kami tidak bisa menjawab, karena kami belum pernah melakukan satu penelitian, berapa persen sih di tingkat mahasiswa dan pelajar,” bebernya.

“Namun, kalau bicara rawan, Cirebon termasuk rawan narkoba,” tambahnya.

4. Baru Pertama Kali

Sementara itu, Ns. Kasmad, MKep, selaku Direktur Kampus Akper Dharma Husada menjelaskan kegiatan tes urine ini berupaya untuk menerima mahasiswa yang bersih dari narkoba.

“Makanya, kami jauh-jauh hari sudah berkoordinasi dengan BNN Kota Cirebon melakukan pemeriksaan urine untuk mengetahui ada atau tidaknya calon mahasiswa kami yang memakai narkoba,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan diadakannya tes urine ini Kampus Akper Dharma Husada Cirebon bersih dari narkoba.

Mengenai kegiatan tes urine ini, kata Kasmad, baru pertama kalinya Akper Dharma Husada Cirebon melakukan tes urine kepada calon mahasiswa baru.

“Karena kami baru koordinasi dengan BNN untuk kegiatan-kegiatan sosialisasi narkoba dilaksanakan tahun 2018. Sebagai tindak lanjutnya adalah kami melakukan pemeriksaan urine di kampus kami untuk mahasiswa baru,” jelasnya.

5. Tidak Menerima

Bila dari hasil tes urine yang dilakukan terdapat indikasi menggunakan narkoba, Kasmad menegaskan bahwa pihak kampus tidak menerima mahasiswa yang terindikasi memakai narkoba.

“Nanti kita akan menginfokan secara resmi melalui surat bahwasannya, tarulah si A positif menggunakan jenis ini dari hasi pemeriksaan BNN,” ungkapnya.

Namun, dari hasil tes urinw yang dilakukan oleh BNN di Kampus Akper Dharma Husada Cirebon tidak menemukan mahasiswa yang terindikasi narkoba. (AC212)

BACA YUK:  Masyarakat Terdampak Pandemi Dapat Bantuan Beras 11 Ton
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Dirut RSD Arjawinangun: Kondisi Bupati Cirebon Stabil

Cirebon,- Setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (1/12/2020) malam, Kondisi Bupati Cirebon, Drs. H. Imron hingga saat ini masih...

Lima Pelaku Curat Diamankan Jajaran Polresta Cirebon

Cirebon,- Jajaran Polresta Cirebon mengamankan lima pelaku pencurian dengan pemberatan (curat). Namun, mereka terlibat kasus tindak pidana yang berbeda-beda. Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi...

Tren Bisnis Milenial Social Commerce⁣ ⁣

Satu dekade terakhir, bermunculan berbagai macam platform media sosial yang tanpa disadari telah mengambil alih dunia dan kehidupan sehari-hari. Media sosial ini telah meraih...

Acara Puncak Hari AIDS Sedunia 2020 “Perkuat Kolaborasi, Tingkatkan Solidaritas”⁣

Jakarta,- Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) 2020 yang jatuh⁣ pada tanggal 1 Desember 2020, sejumlah pemangku kepentingan, seperti: Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan...

More Articles Like This