Berdayakan Pengrajin Sekitar, Rizqi Batik Cirebon Tawarkan Batik Klasik dan Modern

Cirebon,- Rizqi Batik Cirebon (RBC) yang berlokasi di Jalan Panembahan Ratu No. 136, Kabupaten Cirebon, merupakan salah satu pusat penjualan batik klasik dan modern di Cirebon. Showroom RBC yang sudah berdiri sejak tahun 2009 lalu, menawarkan koleksi batik terbaik dan berkualitas.

Sebelum mendirikan Showroom Batik pada tahun 2009, RBC sudah terlebih dahulu menjual batik dengan cara door to door di Bali dan Ciayumajakuning hingga toko ke toko di berbagai daerah.

“RBC sudah ada sejak tahun 1995 dan membuka showroom pada tahun 2009. Sebelum membuka showroom, kami menjual secara mobile dengan cara door to door, kemudian dari toko ke toko,” ujar Panji Nufus Salam, Pengelola Rizqi Batik Cirebon kepada About Cirebon, Kamis (16/5/2024).

Beberapa koleksi batik di RBC

Sejak tahun 1995, kata Nufus, sudah berjualan keliling ke berbagai daerah seperti Bandung, Jakarta, Solo, Surabaya, Yogyakarta, hingga Lampung. Selain itu, RBC juga rutin mengikuti berbagai pameran.

BACA YUK:  Jelang Popda 2024, Sasana Tinju Bara Boxing Club Cirebon Gelar Sparing Season dengan Pertina Indramayu

“RBC memiliki berbagai produk dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Mulai dari bahan katun hingga ATBM (alat tenun bukan mesin),” katanya.

Saat ini, menurut Nufus, lebih banyak menawarkan produk kain batik. Seperti batik tulis, cap, kombinasi, dan ada juga beberapa produk batik printing.

“Sekarang sudah banyak pesanan dari luar kota juga, ada ke Yogyakarta, Solo, Jakarta, hingga Bali. Untuk harga kita bandrol mulai dari Rp 80 ribu untuk kain batik,” ungkapnya.

Sampai saat ini, produksi pembuatan kain batik, RBC memberdayakan potensi yang ada di lingkungannya. Pasalnya, wilayah Panembahan merupakan salah satu sentra pengrajin batik terbesar di Cirebon.

BACA YUK:  Polres Cirebon Kota Bersama Bejo Jahe Merah Berangkatkan 100 orang Mudik Gratis ke Semarang dan Solo

“Selama ini kami belum membuat rumah produksi sendiri. Karena disini banyak pengrajin batik, kami mencoba memberdayakan para pengrajin yang ada di sekitar showroom RBC,” jelasnya.

“Kita berusaha memakmurkan pengrajin-pengrajin sekitar. Agar kita bisa sama-sama maju, akhirnya kita ambil batiknya dari tetangga sampai saudara,” sambungnya.

Nufus berharap, ke depan, RBC bisa lebih dikenal di seluruh kalangan, baik dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan atas.

“Kami juga berharap, RBC bisa menjadi supplier batik untuk warga Cirebon khususnya dan Indonesia pada umumnya,” harapnya.

BACA YUK:  Pentingnya Pendidikan Berbasis Kompetensi Pada Peserta Didik Bintara Polri

Untuk info atau order di RBC, bisa kontak WA 08122356087 dan RBC juga mengundang para pengunjung  mendapatkan souvenir cantik untuk pembelian produk batik di RBC. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *