Bentuk Karakter Diri, Puluhan Jurnalis Cirebon Ikuti Kegiatan Character Building

Subang,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) menggelar kegiatan Capacity Building bersama Jurnalis Kota Cirebon. Kegiatan yang dimentor langsung oleh Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis berlangsung di Sari Ater, Subang selama tiga hari 14-16 Januari 2022.

Kegiatan yang mengusung tema “Character Building ‘Sehati’ bersama Jurnalis Cirebon” dihadiri sebanyak 56 jurnalis yang bertugas di wilayah Kota Cirebon. Wali Kota Cirebon memberikan teori dan juga praktek langsung melalui permainan game untuk pendidikan karakter para jurnalis.

Permainan yang diberikan para jurnalis yakni Pelajaran Baris Berbaris (PBB). Pelajaran baris berbaris ini, menurut Azis, bertujuan untuk menyelaraskan tujuan satu sama lain.

“Dari PBB ini walaupun kita berbeda karakter dan juga sifat, bisa menyamakan persepsi dari kegiatan baris berbaris. Sehingga, ini bisa menyelaraskan persepsi teman-teman untuk memecahkan masalah,” ujar Azis.

BACA YUK:  Gedung Pemerintah di Kabupaten Cirebon Bakal Gunakan PLTS Atap

Setelah kegiatan PBB, acara dilanjut dengan permainan jatuh tangkap, yakni peserta membentuk tiga banjar secara berpasang-pasangan saling berhadapan dan pasang kuda-kuda siap menangkap. Sementara peserta satu menjatuhkan dirinya ke belakang yang sudah bersiap menangkap.

“Permainan ini untuk melatih kepercayaan diri peserta yang menjatuhkan diri dan ditangkap oleh teman dibelakangnya. Ini juga untuk menghilangkan rasa ragu dalam dirinya,” kata Azis.

Setelah itu, beberapa peserta diminta Walikota untuk menaiki stager yang sudah disiapkan setinggi kurang lebih 6 meter. Peserta diminta berdiri di atas beberapa menit dan diberikan pertanyaan. “Kegiatan ini untuk melatih dan menghilangkan rasa takut para peserta,” jelasnya.

BACA YUK:  Tips Kelola THR dari MiPOWER by Sequis Agar Tidak Pamit Begitu Saja

Tidak berhenti sampai disitu, Walikota Cirebon yang menyiapkan seluruh ide untuk kegiatan Character Building selama tiga hari ini, memberikan permainan yang melatih kekompakan. Setiap tim beranggotakan lima orang untuk merakit sebuah rakit dengan bantuan 4 ban besar, 4 bambu dan tali.

Tim tersebut harus merakit alat yang sudah disiapkan untuk memutar danau. Dari permainan ini, empat orang mengendalikan rakit dan satu orang penumpang harus selamat sampai tujuan dan tidak boleh terjatuh.

“Permainan ini untuk melatih kekompakan para peserta dan memecahkan masalah dengan bersama-sama,” beber Azis.

Di malam hari, setelah peserta melaksanakan makan malam dan kembali ke kamar masing-masing, Walikota Cirebon ternyata sudah menyiapkan acara yang sangat berkesan. Kegiatan yang tak terduga ini, peserta satu persatu di jemput oleh tim untuk mengikuti acara jerit malam.

BACA YUK:  Syaheera Modeling School Cirebon Kembali Gelar Syaheera Model Fest 2022

Satu persatu peserta mengikuti instruksi dari tim untuk berkeliling di tengah kegelapan malam. Peserta hanya dibekali dengan telur, lilin dan korek api, kemudian berkeliling menyusuri petunjuk yang sudah disiapkan sejauh 1,9 KM.

Setelah satu persatu peserta mengikuti kegiatan tersebut, diakhiri dengan api unggun dan mengumumkan 10 peserta terbaik selama mengikuti kegiatan Character Building. Karena, sejak pertama kegiatan seluruh peserta dilakukan penilaian.

“Seluruh kegiatan yang kita berikan ini, semata-mata ingin memberikan pengalaman yang berbeda dan untuk mengenal diri kita sendiri dan membentuk karakter. Saya ingin, dari kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan bisa diambil positifnya,” pungkas Azis. (AC212)

(Dilihat: 18 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.