Belum Terima Kunjungan, Pinjam Buku di Perpustakaan Kota Cirebon Bisa Lewat Online

Cirebon,- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Cirebon masih menutup kunjungan langsung ke perpustakaan untuk masyarakat umum sebagai imbas pandemi COVID-19.

Kepala Dispusip Drs. H. Jaja Sulaeman mengimbau masyarakat yang ingin meminjam buku di perpustakaan milik Pemda Kota Cirebon tersebut untuk meminjam secara online di website Dispusip yaitu www.dispusip.cirebonkota.go.id.

“Dispusip ini kan termasuk sektor non esensial, sehingga belum ada aturan perpustakaan dibuka untuk umum. Hanya, secara online kita tetap buka,” kata Jaja, Selasa (21/9/2021).

Ia menambahkan, di situs yang telah disediakan, Dispusip telah mengatur beberapa hal peminjaman buku di masa pandemi COVID-19.

BACA YUK:  Cegah Sengketa Pemilu 2024, Bawaslu Kota Cirebon Lakukan Konsolidasi Pemutakhiran Data Pemilih

“Ada tujuh hal yang diatur yang masing-masingnya bisa diklik. Jika ingin pinjam ada peminjaman buku online, nanti setelah diklik buku apa yang ingin dipinjam maka nanti bisa terhubung dan bisa mengambil langsung ke perpustakaan. Tentunya ini tanpa antrean dan kerumunan dan bisa dibawa ke rumah, setelah itu ada pengembalian buku online yang mengatur pengembalian bukunya,” jelas Jaja.

Selain itu, ada juga katalog buku online serta koleksi eBook/iCirebon. Dispusip Kota Cirebon memiliki koleksi sebanyak 28 ribu judul dengan 42 ribu eksemplar.

BACA YUK:  Siapa yang Mau, Sate Kejantanan Asli Babakan Gebang Kini Hadir di Kota Cirebon

“Untuk eBook kami memiliki 1.057 judul dengan 70.614 eksemplar,” katanya.

Menurutnya, jumlah warga yang meminjam buku secara online memang belum sebanyak pengunjung yang datang langsung ke perpustakaan.

“Masyarakat yang biasa atau senang membaca buku di perpustakaan langsung mungkin akan merasakan kekurangan ketika harus meminjam secara online. Di perpustakaan kan biasanya sejumlah pelajar bisa diskusi di tempat, atau mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan referensi buku di perpustakaan. Sekarang hal itu belum bisa dilakukan,” tuturnya.

Ia menambahkan, sebetulnya banyak warga yang menanyakan kapan perpustakaan bisa buka. Kadang, setiap hari ada beberapa pelajar atau mahasiswa yang datang langsung berharap perpustakaan sudah dibuka.

BACA YUK:  Menteri Koperasi dan UKM Apresiasi AstraPay dalam Gerakan Mendukung UMKM Mengoptimalisasi Platform Digital

“Saya harap warga bisa bersabar, sambil menunggu perkembangan situasi COVID-19,” kata Jaja. (AC212)

(Dilihat: 40 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.