Belasan Orang yang Diduga Gangguan Jiwa Diamankan

Cirebon,- Polres Cirebon Kota bersama Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Satpol PP Kota Cirebon menggelar kegiatan operasi cipta kondisi, Rabu (7/2/2018).

Kapolres Cirebon Kota, AKBP. Adi Vivid AB, melalui Kabag Ops Polres Cirebon Kota, Kompol Purnama mengatakan, kegiatan operasi cipta kondisi dalam rangka untuk menjaga kondusivitas di wilayah hukum Polres Cirebon Kota. Kali ini kita merazia preman, gelandangan dan pengemis, dan termasuk orang yang gangguan jiwa.

“Kita sudah amankan 12 orang yang diduga mengalami gangguan jiwa yang berkeliaran di jalan,” ujarnya.

BACA YUK:  Peringatan Hari Jadi ke-653 Cirebon, Wali Kota Cirebon Ajak Masyarakat Bahu Membahu Bangkitkan Ekonomi

Kata dia, bagaimanapun wilayah Kota Cirebon harus kondusif, apa lagi sekarang sudah masuk tahapan pilkada. Tentunya, kita harus kelola keamanan ini, jangan sampai wilayah Kota Cirebon ada gangguan.

Lanjut dia, baik itu gangvuan yang bersifat premanisme, maupun gangguan-gangguan lainnya. Sehingga, masyarakat di wilayah Cirebon merasa aman, nyaman, dan beraktivitas tidak ada ganguan.

“Selanjutnya, penanganan akan dilanjutkan ke Rumah Sakit Gunung Jati, untuk mengetahui sejauh mana kondisi kejiwaannya dan akan diperiksa oleh psikiater,” jelasnya.

Sementara itu, Ikin Asikin, selaku pemegang program kesehatan jiwa Dinas Kesehatan Kota Cirebon mengatakan, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial, karena orang-orang seperti ini untuk dilakukan diwawancara dan sebagainya agak susah, jadi kita meminta bantuan psikiater atau dokter spesialis kesehatan jiwa RS Gunung Jati Cirebon.

BACA YUK:  Wakil Wali Kota: Perwakilan Jaka Rara 2022 Bisa Bawa Nama Baik Kota Cirebon

“Untuk selanjutnya akan dilakukan terapi,” jelasnya.

Karena yang dirazia asalnya belum jelas, kata dia, nanti akan dilakukan wawancara dahulu, asalnya dari mana dan ingat identitasnya, maka akan dilakukan koordinasi.

“Koordinasi akan dilakukan dengan tempat asal mereka, dan dikembalikan ke pemerintah atau ke keluarganya kalau masih ada,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 34 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.