Belasan Hektar Sawah di Desa Sinarancang Gagal Panen

0
34

Cirebon,- Memasuki musim kemarau, sejumlah sawah di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon mengalami kekeringan.

Menurut Perangkat Desa Sinarrancang, Nono mengatakan bahwa ada belasan hektar sawah di Desa Sinarancang gagal panen karena musim kemarau.

Aston Hotel

“Sawah yang mengalami kekeringan totalnya ada 15 hektare,” ujar Nono, Selasa (25/6/2019).

Lanjut Nono, 15 hektare yang alami kekeringan di Desa Sinarancang tersebut tersebar di tiga blok, yakni blok Rancang, Sigarjaya, dan Jlawe.

“Kekeringan ini akibat sumber air yang minim, dimana pada saat musim kemarau merupakan faktor utama gagal panen di wilayah Desa Sinarancang,” ungkapnya.

Musim kemarau, kata Nono, sudah terjadi sejak bulan Mei lalu dan belum ada hujan. Bahkan, usia padi yang gagal panen hanya berkisar satu sampai dua bulan.

“Kami sangat kesulitan mencari sumber mata air. Disini satu-satunya sumber air dari sungai Cikaramat, namun tidak mampu memenuhi kebutuhan,” terangnya.

Nono berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon dapat memberikan solusi untuk masalah kekeringan di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu. (AC212)