Begini Cara Melihat Seni Lukis Abstrak

0
28
Pengunjung saat melihat lukisan abstrak Andi Suandi di Jotel Santika Cirebon.

Cirebon,- Bagi sebagian orang lukisan abstrak tidak mempunyai makna apapun. Namun, bagi pencinta seni, lukisan abstrak mempunyai makna tersendiri.

Mulai dari goresannya dan warnanya yang tertuang dalam kanvas, mempunyai makna dan konsepnya tersendiri.

Seperti lukisan dari Andi Suandi yang menghasilkan karya lukisan abstrak dengan tema Tatabuhan. Lukisan yang mempunyai makna yang mendalam, yaitu merefleksikan rasa syukur kepada Sang Pencipta dan alam.

Aston Hotel

Sebanyak 27 karya Andi Suandi yang dipertontonkan pada pameran tunggal ke-XIII di Lobi Hotel Santika Cirebon. Karya yang mempunyai suatu goresan yang sangat mendalam.

Tema Tatabuhan yang artinya bunyi-bunyian didapat Andi saat mengikuti ritual Tarawangsa di Sumedang.

Pria kelahiran 8 Agustus 1966 mengatakan cara untuk melihat karya-karya abstrak itu bisa dilihat dari dua sisi. Ada yang namanya unsur intrinsik atau ke dalam dan unsur ekstrinsik atau di luar dari ke dalam.

“Intrinsik bisa kita lihat dari bentuk, garis, warna, bidang, serta dimensinya. Sedangkan, ekstrinsik lebih kepada konsep atau latar belakang dan gagasan,” jelasnya.

Seperti konsep Tatabuhan, kata Andi, lebih konsep tentang diri. Oleh karena itu, Tatabuhan merupakan untuk merefleksikan rasa syukur kepada sang Pencipta dan alam.

“Untuk bisa menikmati lukisan, orang dapat melihat dari bentuk fisiknya terlebih dahulu seperti warna. Kalau hitam putih lukisan tersebut maka ada garis dan tekstur, itulah yang mesti diperhatikan,” katanya.

Lebih lanjut, Andi menambahkan bila sudah memahami itu, barulah masuk ke dalam lukisan.

“Kebanyakan seperti itu, karena abstrak itu tidak ada makna sebenarnya,” tambahnya. (AC212)

Bagikan:
Signup for the newsletter