Bawaslu Kota Cirebon: PKD Jadi Ujung Tombak dalam Melakukan Pencegahan, Pelanggaran hingga Sengketa

Cirebon,- Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Kota Cirebon resmi dilantik melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan masing-masing, Sabtu (1/6/2024).

Tugas PKD merupakan ujung tombak pengawasan bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bawaslu Kota Cirebon meminta kepada PKD untuk inten berkomunikasi dengan pengawas kecamatan.

Ini menjadi salah satu faktor penting PKD dalam menjalankan tugas sesuai tupoksinya. Hal tersebut disampaikan Komisioner Bawaslu Kota Cirebon, Joharudin usai menghadiri pelantikan PKD Panwaslu Kecamatan Harjamukti.

“PKD menjadi ujung tombak Bawaslu dalam melakukan pencegahan, pelanggaran bahkan sengketa di Pilkada 2024 nanti. Untuk itu, seluruh kegiatan terdokumentasi dengan baik dan inten berkomunikasi dengan panwascam,” ujar Joharudin.

BACA YUK:  DPRD Kota Cirebon Sudah Keluarkan Surat Rekomendasi Perubahan Kenaikan PBB-P2

Joharudin optimis, seluruh PKD di Kota Cirebon, khususnya PKD Panwaslu Kecamatan Harjamukti bisa menjalankan tugas dengan baik pada saat pelaksanaan Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

“Kami yakin seluruh Panwascam di Kota Cirebon mampu mampu mengarahkan PKD dengan baik. Apalagi Harjamukti merupakan wilayah paling luas di Kota Cirebon,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Harjamukti, Dewi Rossyana berharap PKD yang baru dilantik mampu menjaga integritaa dan netralitas selama Pilkada 2024 nanti.

“Jalankan amanat yang telah diberikan dengan baik dan bertugas sesuai peraturan yang berlaku,” tuturnya.

BACA YUK:  H+3 Lebaran Idulfitri, Arus Balik Sudah Melintas 72 Ribu Kendaraan di Jalur Pantura Kota Cirebon

Dewi juga mengingatkan kepada PKD untuk meningkatkan etos kerja dengan dasar evaluasi Pemilu 2024 lalu. Pemilu, tambah Dewi, harus menjadi bahan evaluasi meningkatkan kinerja.

“Kami harapkan pelaksanaan Pilkada di Kecamatan Harjamukti pada November 2024 mendatang bisa berjalan dengan lancar, aman, demokratis dan berintegritas,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *