Bawaslu Kota Cirebon dan Petugas Gabungan Lakukan Penertiban APK dan APS

Cirebon,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cirebon melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di ruas jalan Kota Cirebon, Jumat (7/12/2018).

Penertiban APK tersebut, Bawaslu Kota Cirebon bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, Kepolisian, Satpol PP, Panwas Kecamatan, dan juga Panwas Kelurahan.

Joharudin, selaku Ketua Bawaslu Kota Cirebon mengatakan bahwa Bawaslu Kota Cirebon bersama dengan Panwaslu Kecamatan dan Panwas Kelurahan sudah hampir dua minggu melakukan pengawasan di lapangan.

“Panwascam memberikan rekomendasi kepada PPK terkait APK yang dipasang di tempat terlarang, seperti di pohon, di tiang ataupun di tempat-tempat dilarang lainnya,” ujarnya kepada awak media.

BACA YUK:  Warga Pegajahan Selatan Kota Cirebon Bisa Raup Rupiah dari Program Bank Sampah

Lajut Muhammad Joharudin, terkait pemasangan stiker diangkutan umum, dalam peraturan KPU No 23 tahun 2018 tentang kampanye, ada bentuk kampanye dalam bentuk lain. Kegiatan dalam bentuk lain diantaranya pemasangan stiker.

“Salah satunya yang diatur adalah pemasangan stiker dimobil, tetapi yang diperbolehkan itu seperti diatur di Pasal 51 ayat 2 adalah pemasangan stiker di mobil pribadi atau mobil pengurus partai politik,” bebernya.

“Nah, itu pun tidak boleh ada nomor urut di PKPU,  hanya ada logo mekanismenya,” imbuh Johar.

BACA YUK:  Info Loker : Ruang Guru

Kemudian, untuk APK dan Alat Peraga Sosialisasi (APS), Bawaslu Kota Cirebon berkordinasi dan bekerja sama dengan Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kepolisian, dan Linamas, hari ini Jumat sampai Minggu 7-9 Desember 2018 berturut-turut melakukan penertiban.

“Nanti tiga hari berturut-turut, hari ini di Dapil 1 dulu Kejaksan dan Lemahwungkuk, hari kedua di Dapil 2 Harjamukti, dan hari ketiga di Dapil 3 Kesambi dan Pekalipan,” jelasnya.

Menurut Joharudin, sebelum melakukan penindakan dan penertiban ini, Bawaslu sudah bersurat kepihak terkait untuk ditertibkan atau diturunkan. Pihaknya juga sudah menembuskan ke Organda terkait dengan pemasangan APS baik Pileg maupun Pilpres.

BACA YUK:  Hadirkan Jelajah Ilmu, Kementerian Agama Aceh Melalui Program Transformasi Digital Madrasah Berkolaborasi dengan Acer

Joharudin menambahkan, untuk pemasangan APK dan APS, hampir seluruh jalan di Kota Cirebon dibolehkan, dan diperkampungan pun boleh saja, selama tidak dipasang di tempat yang tidak dilarang.

“Yang jelas-jelas dilarang itu ditempat ibadah atau halamannya, sarana pendidikan maupun fasilitas pemerintah, termasuk di pohon-pohon dan tiang listrik atau telpon,” tambahnya.

“Kalau di rumah pribadi, selama yang punya rumah membolehkan silakan saja. Karena ini kan memang moment sosialisasi,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 12 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.