Senin, 24 Januari 2022

Bawaslu Jabar Cek Persiapan Logistik di KPU Kota Cirebon

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, mulai melakukan perakitan kotak suara, yang berlangsung di Kantor KPU Jalan Palang Merah, Kota Cirebon, Senin, (4/2/2019).

1. Perakitan Kotak Suara

Wakil Divisi Logistik KPU Kota Cirebon, Hasbi Falahi mengatakan untuk tahap pertama perakitan kotak suara sekitar 1.500 dari 4.900 kota suara.

Loading...

“Untuk sisa kotak suara, masih berada di gudang penyimpanan. Tetapi untuk target perakitan tahap pertama ini sebanyak 1.500 kotak suara,” ujarnya kepada About Cirebon.

Perakitan kotak suara pemilu di Kantor KPU Kota Cirebon

Lanjut Hasbi, untuk perakitan tahap pertama ini bisa diselesaikan tiga sampai empat hari, kemudian berturut-turut hingga selesai.

“Karena, diperkirakan dalam satu hari itu sekitar 500 kotak suara, dengan pekerja sebanyak 6 orang pekerja dari luar dan dari KPU Kota Cirebon,” kata Hasbi.

2. Penyimpanan Kotak Suara

Mengenai tempat penyimpanan kotak suara, Hasbi menjelaskan bahwa gudang penyimpanan sudah diperiksa dan sudah dilakukan perbaikan, sehingga bila terjadi hujan tidak ada kebocoran.

BACA YUK:  Kecepatan Angin di Wilayah Ciayumajakuning Alami Peningkatan, ini Penyebabnya

“Kemudian, untuk mengantisipasi kelembaban kita sudah antisipasi dengan plastik,” bebernya.

“Jadi, setiap kotak suara yang sudah dirakit, kita beri plastik untuk mengantisipasi adanya kelembaban,” imbuhnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat saat mencoba ketahanan kotak suara karton

Selain itu juga, alas untuk penempatan kotak suara sudah diberi pallet kayu dan aluminium bekas kotak suara, agar tidak langsung menempel dengan tanah.

“Untuk maintencenya, penataan kotak suara diberi rongga dan di bawahnya sudah diberi anti rayap,” jelasnya.

3. Memastikan Logistik Pemilu

Hari pertama perakitan kotak suara di KPU Kota Cirebon, bersaman juga dengan kunjungi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat dan Bawaslu Kota Cirebon.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat, H.M Wasikin Marzuki mengaku sengaja datang ke gudang logistik KPU Kota Cirebon untuk memastikan jumlah logistik yang sampai.

BACA YUK:  Masuk PPKM Level 1, Kabupaten Cirebon Targetkan 207.852 Vaksin Anak untuk Usia 6-11 Tahun

“Ternyata, berdasarkan catatan KPU, ada beberapa item yang memang masih ada kekurangan,” ujarnya.

Lanjut Wasikin, kekurangan logistik tersebut bersumber dari kekurangan pengajuan jumlah TPS yang pertama, ditambah lagi ada penambahan jumlah TPS. Sehingga, dengan adanya penambahan jumlah TPS, maka seluruh item komponen logistik harus dilakukan penyesuaian kembali.

“Maka, Bawaslu memastikan untuk tepat jumlah item logistik tersebut,” bebernya.

4. Antisipasi Gudang Penyimpanan

Kemudian, kedatangan Bawaslu ke Kantor KPU Kota Cirebon untuk memastikan tepat sampai.

“Ada beberapa logistik yang memang sudah sampai, ada juga beberapa logistik yang menurut tahapan belum sampai ke gudang penyimpanan,” ungkap Wasikin.

Selain itu, kata Wasikin, kedatangannya juga memastikan untuk tepat kualitas untuk kotak suara pemilu serentak tahun 2019.

“Saya lihat tadi kualitasnya kotak suara yang ada bagus untuk di Kota Cirebon ini. Karena, bukan hanya kualitas, tapi juga cara perawatannya,” jelas Wasikin.

Melihat kesiapan KPU Kota Cirebon, kata Wasikin, untuk gudang penyimpanan sudah dilakukan antisipasi dengan penambahan pallet kayu dan almunium bekas logistik yang lama.

“Dengan maksud, agar tidak terjadi rembesan yang mengakibatkan kelembaban terhadap kotak suara yang dalam pemilu ini terbuat dari karton,” terangnya.

5. Pesan Bawaslu

Selain itu, Bawaslu memberikan catatan kepada KPU Kota Cirebon, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kembali terjadinya PSU (Pemungutan Sura Ulang) seperti Pilkada tahun 2018.

Menurut Wasikin, KPU yang sekarang harus lebih transparan, baik pada Bawaslu Kota Cirebon maupun kepada peserta pemilu, bahkan juga harus kepada pemilih.

BACA YUK:  Satu Warga Ber-KTP Kota Cirebon Positif Omicron, Isolasi di Wisma Atlet Jakarta

“Transparan saja, kalau memang kotak ini kurang, katakan kotak ini kurang, dan kalau logistik yang lain kurang katakan saja,” terangnya.

Lebih lanjut, Wasikin menegaskan, kalau sekiranya KPU Kota Cirebon terbuka dan transparan, baik mengenai logistik, DPT, masalah surat suara, dan lainnya, tragedi Pilkada seperti tahun 2018 bisa terantisipasi dan tercegah. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Peduli Banjir Waled, DPC PKB Kabupaten Cirebon Dirikan Posko

Cirebon,- Banjir yang menggenang di wilayah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon beberapa hari lalu menyita banyak perhatian masyarakat, tak terkecuali...

Cegah Penyebaran Omicron, Goa Sunyaragi Perketat Protokol Kesehatan untuk WNA

Cirebon,- Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) memperketat wisatawan asing atau WNA yang hendak berkunjung ke objek wisata Goa Sunyaragi. Pengetatan turis asing...

Terus Kembangkan dan Lindungi UMKM, Batur Mba Wulan Gelar Acara “Ngopi”

Cirebon,- Sebagai wujud komitmen dan kepedulian akan pengembangan UMKM di Wilayah Cirebon, BMW (Batur Mba Wulan) menggelar diskusi bareng lewat Ngopi (Ngobrol Hepi) Bareng...

Hujan Deras di Kota Cirebon, Tumbangkan Pohon dan Timpa Pengendara

Cirebon,- Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Cirebon pada Minggu sore, (23/01/2022) mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Cipto Kota Cirebon dan menimpa pengendara...

More Articles Like This