Baru Terbentuk, Team Kobet Cirebon Sabet Juara 3 di Kejurnas Indonesia Enduro Rally Championship 2022

Cirebon,- Kopi Bunda Enduro Team (Kobet) Cirebon berhasil menyabet juara 3 dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indonesia Enduro Rally Championship (IERC) 2022 Round 1 di Semarang – Dieng pada 11 – 13 Februari 2022.

Dalam ajang tersebut, Kobet Cirebon yang dipimpin oleh dr. Yasmin Dermawan, Sp.OG menurunkan dua pembalapnya yakni Budi Santoso dan Heru Wibowo. Budi Santoso membuktikan kemampuannya menunggangi KTM 300 cc dan Heru Wibowo menunggangi KLX 230 cc.

Ajang IERC Round 1 ini dibagi menjadi tiga seri, seri 1 dengan rute Semarang – Temanggung, seri 2 Temanggung – Wonosobo, dan seri 3 Wonosobo – Dieng. Budi mengantongi juara 3 di Kejurnas IERC 2022 di kelas Individual Super Enduro dari total poin seri 1-3 round 1. Sedangkan Heru Wibowo menduduki posisi ke-12 di kelas Individual Lokal Enduro dari total poin seri 1-3 IERC 2022 round 1.

“Kami bangga dengan capaian yang diraih oleh team Kobet. Dua pembalap kami mampu mendulang prestasi untuk mengharumkan nama Kota Cirebon di Kejurnas IERC 2022 round 1,” ujar Yasmin saat ditemui About Cirebon di Kopi Bunda, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon, Selasa (15/2/2022).

BACA YUK:  Ribuan Jemaah Masjid Raya Attaqwa Kota Cirebon Ikuti Salat Gaib untuk Eril

“Ini tentunya bukan hal mudah melawan team pembalap yang sudah cukup kuat dan tangguh seperti Gudang Garam Enduro Team (GGET). Tapi setidaknya Team Kobet cukup mampu untuk bersaing dengan team yang sudah lebih dulu punya nama,” sambung Yasmin.

Yasmin menceritakan ada kejadian yang tak terduga saat pengumuman pemenang di kelas Individual Super Enduro. Team Kobet Cirebon langsung melakukan aksi protes dengan hasil yang diraih oleh pembalap Budi Santoso. Pada saat pengumuman Budi mendapatkan poin 0 atau tidak menyelesaikan race di seri ketiga hasil GPS milik panitia.

“Namun ternyata setelah dicompare data dari milik pembalap dengan data milik panitia, ternyata hasilnya Budi menduduki posisi ke-4 pada seri 3. Setelah ditotal poin dari seri 1-3, pembalap Kobet masuk juara 3 di Kejurnas IERC 2022 round 1,” kata Yasmin.

Kobet Cirebon yang baru terbentuk pada 25 September 2021 ini sudah mengikuti berbagai event ternama di Indonesia. Mulai dari event Black Parade 2021 di Lombok pada bulan Oktober 2021, Mostly2Stroke di Jepara pada bulan November 2021, dan berbagai event lokal, serta latihan bersama. Selain itu, Kobet Cirebon juga selalu mendukung event-event sejenis.

BACA YUK:  Desa Purbawinangun Plumbon Jadi Pilot Project Desa Bebas Sampah

“Inilah bentuk kecintaan, dukungan dan kontribusi kami untuk dunia trail yang saya cintai. Tidak ada pertimbangan bisnis, hanya hobby dan persaudaraan,” kata Yasmin.

Terbentuknya team KobetCirebon, kata Yasmin, berawal dari sering latihan bertiga bersama dan Kopi Bunda sering mensupport kegiatan dan event trail, kenapa tidak membuat sebuah team. Akhirnya, terbentuklah Kopi Bunda Enduro Team pada tanggal 25 September 2021.

“Berawal dari situ, akhirnya kita bertiga sering latihan bareng, mengikuti event dan mengikuti Kejuaraan Nasional ini baru pertama kali. Mudah-mudahan IERC Round 2 nanti tim Kobet Cirebon bisa kembali meriah juara pada bulan November 2022 dan bisa mengharumkan nama Kota Cirebon,” harapnya.

Sementara itu, Heru Wibowo mengaku senang bisa mengikuti Kejuaraan Nasional IERC 2022 Round 1. Menurut Heru, dirinya mendapatkan pengalaman yang berharga dengan mengikuti Kejurnas tersebut.

BACA YUK:  Info Loker : Hotel Neo Cirebon

“Pengalamannya berharga sekali di Kejurnas yang orang biasa seperti saya ngga mungkin ikut, tapi saya bisa ikut dengan hadirnya Team KOBET ini,” ujar Heru.

Saat mengikuti Kejurnas IERC 2022 round 1, kata Heru, medan yang dilalui begitu sangat sulit sekali dan dirinya mampu menyelesaikan semua seri hingga menduduki posisi ke 12. Menurut Heru, ini menjadi kebanggan tersendiri yang banyak orang menganggap jalur IERC 2022 sangat sulit.

“Ketika kita salah teknik membuka gas, disitu kita terjatuh dan untuk memulai kembali tidak semudah seperti awal. Jadi di Kejurnas ini, teknik, tenaga dan lainnya harus benar-benar pas. Dan itu semua tanpa pertolongan ketika kita jatuh, kecuali diri kita sendiri,” katanya.

Walaupun ada terkendala yang tak terduga, kata Heru, semua bisa diatasi pada seri 1 dan selesai sampai seri 3. Pihaknya berharap, pada IERC Round 2 yang rencananya akan digelar pada bulan November 2022 di Jawa Timur, Team KOBET bisa masuk ketiga besar untuk mengharumkan Kota Cirebon. (AC212)

(Dilihat: 243 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.