Banyak Penanaman Pohon, Indeks Kualitas Udara di Kota Cirebon Meningkat

Cirebon,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi menyebutkan indeks kualitas udara atau Air Quality Index (AQI) di Kota Cirebon meningkat di tahun 2021. Menurutnya, kualitas udara meningkat disebabkan karena banyaknya penanaman pohon serta aktifnya pemantauan udara.

“Alhamdulillah, Indeks kualitas udara di Kota Cirebon meningkat. Karena memang kita cukup banyak juga menanam, di samping itu juga pemantauan kualitas udara yang terus kita lakukan,” ujar Agus saat ditemui About Cirebon di kegiatan penanaman pohon, Selasa (29/12/2021).

BACA YUK:  PT HAKAASTON Berikan 20 Beasiswa dan 300 Bibit Pohon di Desa Puncak Kuningan

Tingkat indeks kualitas udara di Kota Cirebon, lanjut Agus, dari 68 AQI naik menjadi 73 AQI. Menurutnya, kenaikan tersebut merupakan sebuah poin yang besar.

“AQI kita meningkat dari 68 AQI menjadi 73 AQI. Mudah-mudahan di akhir tahun 2021 penilaian AQI Kota Cirebon terus meningkat. Dan kualitas udara Kota Cirebon semakin membaik,” harap Agus.

Namun, terkait dengan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Cirebon sampai saat ini dari pemenuhan kewajiban sebesar 20 persen, baru tercapai 9,44 persen. Sehingga, kata Agus, masih kurang 10,5 persen atau setara dengan 379 hektar.

BACA YUK:  Inspirasi dari Majalengka : Bisa Produksi Penny Farthing Era 1880-an

“RTH yang paling dominan itu taman kota sebetulnya. Di kota ini memang sulit untuk melakukan pembebasan, tapi ini menjadi bagian dari indikasi program yang harus dipenuhi oleh pemerintah kota dalam 5 tahun ke depan dan mudah-mudahan bisa terpenuhi,” tandas Agus. (AC212)

(Dilihat: 26 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.