Banjir Besar Melanda Kawasan Kabupaten Cirebon Wilayah Timur

0
292
Banjir di Wilayah Timur Cirebon

Cirebon,- Banjir yang melanda Kabupaten Cirebon wilayah Timur, diakibatkan karena intensitas hujan yang tinggi dan jebolnya Tanggul Sungai Cisanggarung.

Banjir tersebut merendam beberapa kecamatan seperti Kecamatan Pasaleman, Pabuaran, Losari, Ciledug, dan di Waled.

Aston Hotel

“Semuanya yang cukup besar terdampak banjir ada 6 kecamatan,” ujar Eman Sulaeman, Kasi Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Cirebon

Dari 6 kecamatan yang terdampak banjir, kata dia, yang paling parah ada di kecamatan Paseleman Desa Cilengkrang dan Cileduh Wetan dengan ketinggian air mencapai 2,5 meter.

“Penyebab banjir ini karena hujan deras yang cukup besar, ditambah di hulunya Wilayah Kuningan yang ada banjir juga, dan juga tanggul-tanggul yang jebol,” bebernya.

Istana Kerang

Sementara itu, upaya dari BPBD Kabupaten Cirebon menurutnya, begitu ada kejadian langsung turun kelapangan, kemudian kita koordinasi dengan beberapa pihak, terutama tim evakuasi dan penyelamatan seperti Basarnas, PolAirud, kemudian dengan Kepolisian dan TNI, PMI dan juga berkoordinasi dengan Muspika.

“Kita juga membawa pasukan untuk mengevakuasi warga yang terjebak di rumahnya,” jelas Eman.

Ia mengaku kesulitan, karena menggunakan perahu yang manual dan perahu motor, serta kita tidak bisa mencapai ke lokasi yang memang cukup dalam, karena air sangat deras.

Pihaknya memohon bantuan kepada masyarakat seperti makanan siap saji, roti, nasi bungkus, karena masyarakat tidak bisa masak, kemudian selimut.

“Untuk yang yang paling dibutuhkan juga persediaan air bersih, dan tidak kalah pentingnya juga alat-alat kebersihan,” pungkasnya. (AC212)