Bakti Nusantara 2022 Penyediaan Fasilitas Air Bersih untuk Permudah Akses Air Bersih Daerah Tertinggal di Kabupaten Garut

Ciangsana,- Kegiatan Bakti Nusantara tahun ini di Garut adalah yang ke-7, setelah  sebelumnya diadakan di Lombok Barat, Timor Tengah Utara, Pandeglang, Natuna, dan Nabire sejak 2016.  Pada Tahun 2021 dan 2022, YTBN pernah berkerjasama dengan Polri untuk melaksanakan kegiatan  Vaksinasi Presisi di 44 kota, menjangkau lebih dari 450 ribu orang sasaran, dengan lebih dari 1.500 relawan  tenaga kesehatan terlibat.

Pada November 2022, YTBN berkolaborasi dengan Polres Garut (5/11) melakukan peletakan batu pertama  fasilitas air bersih di Dusun Ciangsana, Desa Samuderajaya, Kabupaten Garut. Dengan merangkul lebih  dari 40 relawan dari seluruh Indonesia, serangkaian kegiatan Bangun Nusantara, Sehat Nusantara dan  Inspirasi Nusantara yang terdiri dari pengerjaan pengadaan air bersih, penyuluhan pertanian dan  peternakan, peningkatan kapasitas guru bersama PGRI, kemah perdamaian bersama Kwarnas Pramuka,  serta penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan pun turut dilaksanakan sebagai salah satu langkah aktif  guna meningkatkan derajat kesejahteraan serta kapabilitas warga setempat.

BACA YUK:  Wakil Indonesia Terpilih dalam Grand Final Asia-Pacific Predator League 2022 di Tokyo

Dusun Ciangsana dipilih karena lokasinya yang masih sulit untuk diakses. Kontur wilayah yang berbukit bukit dan minimnya infrastruktur menjadi kendala bagi masyarakat setempat. Selama ini, untuk  mendapatkan air, masyarakat mengandalkan tadah hujan, atau bahkan harus berjalan 2 kilometer di  musim kemarau untuk mendapatkan air.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.IK., M.Si selaku ketua panitia Bakti Nusantara Garut  2022, dalam sambutannya mengatakan, “Tidak hanya membangun fasilitas fisik seperti sekolah,  puskesmas, dan fasilitas kesehatan, Bakti Nusantara juga berupaya meningkatkan kualitas sumber daya  manusia, menggali kemunculan pemimpin-pemimpin lokal yang lebih memahami daerahnya, lebih  rendah hati, dan lebih mampu mencari solusi aplikatif sesuai kondisi di sekitarnya. Melalui kegiatan ini  pun kami meyakini lebih dari 500 KK akan menerima manfaatnya.”

BACA YUK:  Tokoh Sepak Bola Cirebon Minta Kepengurusan Askot PSSI Kota Cirebon Lakukan Perombakan

Bakti Nusantara yang diselenggarakan oleh YTBN adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan  taraf hidup masyarakat serta menjadi inspirasi dalam membangun sebuah peradaban yang maju dan  berkarakter, terutama bagi warga di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) Indonesia. Dalam  pelaksanaannya, kami turut didukung oleh berbagai mitra strategis baik dari tingkat daerah, nasional  maupun swasta.

Sebelumnya, YTBN telah mengadakan kegiatan Bakti Nusantara di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat  pada tahun 2016, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur pada tahun 2017, Serang dan Pandeglang,  Banten di tahun 2018, Natuna, Kepulauan Riau di tahun 2019, serta Nabire, Papua di tahun 2020. Di tahun  2021, YTBN kembali melaksanakan kegiatan di Dusun Aik Mual, Lombok Barat berupa pembangunan  Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus. (*)

BACA YUK:  Gubernur Ridwan Kamil Apresiasi Peran Lembaga Penyiaran Jaga Kondusivitas

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *