Awal Tahun 2022 PLTU Unit 2 Cirebon Power Siap Beroperasi

0
94

Cirebon,- Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) unit 2 milik Cirebon Power ditargetkan selesai pada awal tahun 2022. Saat ini, progres pembangunan PLTU 2 di Astanajapura, Kabupaten Cirebon sudah mencapai 39 persen.

1. Awal Tahun 2022

Aston Hotel

Direktur Corporate Affair Cirebon Power, Teguh Haryono mengatakan progres pembangunan diprediksi akan lebih cepat dari yang ditargetkan pertengahan tahun 2022.

“Kami prediksi awal tahun 2022, PLTU unit 2 milik Cirebon Power sudah mulai beroperasi,” ujarnya.

“Kemungkinan Februari 2022 sudah mulai beroperasi,” imbuhnya.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

2. Kebutuhan Listrik Jawa dan Bali

Pengerjaan PLTU 2 yang melibatkan ribuan pekerja tersebut saat ini sudah memasuki tahap pendirian fondasi serta beberapa bagian penting lainnya.

“Pekerja yang dilibatkan sedikitnya 1.000 orang dan akan memakan waktu 4,22 jam kerja,” terangnya.

PLTU unit 2 Cirebon Power dengan kapasitas 1.000 Mega Watt (MW), kata Teguh, akan bisa menyuplai kebutuhan listrik se-Jawa dan Bali.

3. Program Cirebon Power

Selain itu, lanjut Teguh, sebelum pembangunan PLTU unit 2, Cirebon Power telah melakukan pemberdayaan dan mengedukasi warga sekitar PLTU.

“Salah satu upaya kita adalah melakukan program vokasi,” ungkapnya.

Program Vokasi, menurut Teguh, sudah dimulai pada pertengahan tahun 2018 dan sudah meluluskan 19 orang.

“Dari program vokasi dengan total 19 orang yang lulus, ada dua orang dengan lulusan terbaik kami pekerjakan di PLTU,” terang Teguh.

Selain program Vokasi, kata Teguh, Cirebon Power telah melaksanakan program pemberdayaan dengan membentuk usaha berbasis masyarakat yang mengoptimalkan komoditi lokal.

“Inilah bentuk komitmen Cirebon Power untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mendukung UMKM disekitar,” tandasnya. (AC212)