At-Taqwa Center Kota Cirebon Luncurkan Gerakan Cinta Marbot, Jaminan Sosial Untuk Marbot

Cirebon,- At-Taqwa Center Kota Cirebon meluncurkan program Gerakan Cinta Marbot. Acara tersebut berlangsung di Islamic Center Masjid Raya At-Taqwa, Jalan RA Kartini, Kota Cirebon, Selasa (23/8/2022).

Program Gerakan Cinta Marbot merupakan program jaminan sosial untuk Marbot masjid di Kota Cirebon. Program tersebut kolaborasi antara At-Taqwa Center, BPJS Ketenagakerjaan, dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Cirebon.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengapreasiasi atas diluncurkannya program Gerakan Cinta Marbot ini. Menurut Agus, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon akan selalu mendukung.

“Dengan kolaborasi dan komitmen yang kuat, akhirnya terwujud program pemberian jaminan sosial bagi marbot masjid di Kota Cirebon,” ujar Agus.

BACA YUK:  Info Loker ! Lowongan Kerja Terbaru di Wingstop Cirebon Februari 2024

Pemberian jaminan sosial untuk marbot, kata Agus, menunjukkan kesetiakawanan sosial telah menyatu dalam setiap gerak kehidupan beragama dan bermasyarakat di Kota Cirebon. Terlebih sekitar dua pekan yang lalu di tempat yang sama juga diluncurkan program umroh gratis untuk marbot masjid.

“Seluruh elemen masyarakat telah memiliki keinginan untuk bersatu dalam solidaritas sosial untuk saling berbagi. Marbot merupakan instrumen yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah masjid. Mereka ini menjadi bagian dan wajah serta syiar Islam. Tugas mereka sangat mulia,” ungkapnya.

Untuk itu dibutuhkan kepedulian dan komitmen bersama untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Agus juga berharap program terus terlaksana ke depannya.

”Kami tentu berharap agar program seperti ini dapat terus terlaksana dan menjangkau lebih banyak lagi penerima manfaat,” harap Agus.

BACA YUK:  Ketua DPRD Kota Cirebon Dapat Keluhan Saluran Air Limbah dan Air PDAM Saat Reses

Pemda Kota Cirebon pun, lanjut Agus, senantiasa mendukung program yang baik ini. Bahkan saat ini juga tengah dikaji apakah nantinya iuran jaminan sosial ini bisa diakomodir melalui APBD.

Sementara itu Ketua At Taqwa Center, DR. H. Ahmad Yani, M.Ag., menjelaskan program ini merupakan yang kedua mereka lakukan. Pada 2018 lalu, lanjut Yani, ada seratus lebih dan yang aktif hingga sekarang sekitar 70 orang.

“Untuk program tahun ini mencakup 120 orang marbot. Gerakan ini sebagai upaya nyata pengurus masjid, dengan dukungan Pemda Kota Cirebon untuk memberikan perlindungan kepada marbot masjid. Bahkan hasilnya pun sudah dirasakan,” kata Yani.

BACA YUK:  Disperindan Jabar : Realisasi Penjualan Operasi Pasar Bersubsidi Selama Ramadan Capai 90,14 Persen

Ditempat yang sama, Kepala kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Cirebon, Sudarwoto, juga berterima kasih atas dukungan dari Pemda Kota Cirebon dan At Taqwa Center.

“Program ini sangat bermanfaat. Untuk tahapan awal, jaminan sosial meliputi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian dengan iuran Rp 12.500 per bulan,” ujarnya.

Menurut Sudarwoto, resiko pekerjaan yang dijalankan seorang marbot sangat besar dan harus bekerja 24 jam. Untuk itu kita coba lindungi.

“Untuk tahap pertama, jumlah klaim yang sudah dibayar sejak 2018 lalu sudah mencapai Rp 614 juta untuk santunan kematian,” tandasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *