At-Taqwa Center dan FKUI Distribusikan Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

Cirebon, 12 Oktober 2017,- Atas nama LAZ At-Takwa, At Taqwa Center Kota Cirebon dan Forum Komunitas Umat Islam (FKUI) Wilayah Cirebon serta tim Kemanusiaan Rumah Zakat yang tergabung dalam Indonesian Humanitarian Alliance mendistribusikan 700 paket pangan untuk 700 KK atau sekitar 3500 pengungsi Rohingya di Camp Ghundum, Ukhiya, Cox’s Bazar, Bangladesh (10/10/2017).

Paket pangan didistribusikan masing-masing terdiri dari 10 kg beras, 1 kg garam, 3 kg kentang, 2 kg bawang, 2 kg bawang, 2 kg minyak goreng, 200 gram cabai, dan 2 kg dal.

BACA YUK:  Buku “Loper Koran Jadi Jenderal” Dibedah, Dudung Memang Tokoh Inspiratif

“Alhamdulillah, penyaluran paket pangan berlangsung dengan lancar, para pengungsi mengantri menggunakan kupon dengan tertib,” ungkap Hendrik Andika, Tim Kemanusiaan Rumah Zakat.

[Baya ya : Ribuan Masyarakat Gelar Aksi dari Cirebon untuk Rohingya]

Bantuan tersebut berasal dari penggalangan dana saat Aksi Damai bertajuk #daricirebonuntukrohingya yang dilakukan bulan September silam dan mampu menghimpun dana sebesar Rp175.000.000,-

Krisis kemanusiaan yang disebabkan meningkatnya penindasan terhadap etnis Rohingya yang mayoritas muslim di Rakhine State, Myanmar, mengakibatkan melonjaknya arus pengungsi ke Bangladesh. Diperkirakan hingga saat ini Bangladesh menjadi tuan rumah bagi total 800.000 pengungsi Rohingya, dimana 519.000 orang bergelombang masuk sejak 25 Agustus 2017 lalu.

BACA YUK:  Mengenal Musik Rilis dan Koleksi NFT dari LucuVerse Jilid 2 “Full Of Fire”

Para pengungsi Rohingya yang datang ke Bangladesh, sebagian besarnya adalah anak-anak dan perempuan. Kondisi mereka rata-rata dalam keadaan trauma, kekurangan nutrisi, bahkan cedera karena tembakan peluru, luka bakar, hingga ranjau darat. Sejak Bulan September 2017, Rumah Zakat mengirimkan bantuan kemanusiaan secara bergelombang ke kamp-kamp pengungsian di Bangladesh, diantaranya; Teknaf, Balukhali, Kutupalong, Ghundum, dan Jamtoli.

Rumah Zakat menargertkan 4 tahun kedepan bantuan akan terus disalurkan sesuai kebutuhan di tempat pengungsian, serta bantuan masyarakat masih dibutuhkan dan dapat disalurkan melalui kantor Rumah Zakat yg beralamat di Jalan Stasiun Kejaksan N0. 12 B telp. 0231 243502. (rilis)

BACA YUK:  BIAN 2022, Dinkes Kabupaten Cirebon Targetkan 85 Ribu Anak

 

(Dilihat: 25 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.