Arus Balik Libur Panjang, Kendaraan Besar Dialihkan ke Jalur Pantura

Cirebon,- Polresta Cirebon memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan-kendaraan golongan 3 ke atas dari Jawa Tengah menuju Jakarta.

Pengalihan arus lalu lintas tersebut berlaku mulai hari Sabtu 31 Oktober pukul 12.00 WIB sampai dengan Senin 2 November 2020 pukul 08.00 WIB.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol. M. Syahduddi mengatakan mulai hari ini pukul 12.00 WIB kita sudah mulai lakukan rekayasa lalu lintas dalam rangka antisipasi arus balik libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Pengalihan arus lalu lintas ini dengan mengeluarkan operasional angkutan barang sumbu 3 keatas dari arah Jawa Tengah dialihkan ke jalur arteri dari exit tol Palimanan 4,” ujar Syahduddi saat ditemui About Cirebon di lokasi, Sabtu (31/10/2020).

BACA YUK:  Libur Lebaran Idulfitri 2022, Okupansi Hotel di Kota Cirebon Capai 90 Persen

Syahduddi menjelaskan, pengalihan arus lalu lintas ini bertujuan untuk mengurangi beban volume kendaraan yang ada di jalur Tol Cipali mengarah ke Jakarta.

“Kita melihat mulai hari ini, arus balik sudah mulai terjadi dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta dengan adanya kuantitas kendaraan yang lebih banyak dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta dibanding arah sebaliknya,” ungkapnya.

“Sehingga, kita mengambil kebijakan pada hari ini mulai jam 12.00 siang melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan-kendaraan angkutan barang sumbu 3 keatas untuk kita keluarkan di Exit Tol Palimanan 4,” tambahnya.

BACA YUK:  Pemda Kota Cirebon akan Gelar Festival Batik Nusantara di Akhir Tahun 2022

Menurut Syahduddi, peningkatan volume kendaraan per tiga jam, mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB hari ini, sudah ada tiga ribu kendaraan yang melintas di Gate Tol Palimanan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

“Tapi, kalau dari tadi malam jam 00.00 sampai 12.00 WIB sudah ada 8 ribuan kendaraan yang melintas dari Jawa Tengah menuju Jakarta,” bebernya.

Sehingga, kata Syahduddi, pihaknya sudah bisa memprediksi siang ini mulai ada aktivitas masyarakat yang balik ke daerah asalnya, terutama yang mengarah ke Jakarta.

BACA YUK:  Buku “Loper Koran Jadi Jenderal” Dibedah, Dudung Memang Tokoh Inspiratif

“Kita melaksanakan rekayasa lalu lintas pengalihan kendaraan angkutan barang sumbu 3 keatas sampai tanggal 2 November 2020 pukul 08.00 WIB,” jelasnya.

“Kita pastikan mulai hari ini yang melintas di Tol Cipali mengarah ke Jakarta adalah kendaraan pribadi masyarakat,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 35 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.