Arus Balik Lebaran 2019, Sistem One Way di Tol Terlama Lebih dari 24 Jam

0
194

Cirebon,- PT. Lintas Marga Sedaya (LMS) mengatakan bahwa hari Sabtu (8/5) kemarin merupakan rekor arus balik di Tol Cipali. Pada tahun lalu 2018 mencapai 94 ribu kendaraan yang melakukan transaksi di Gerbang Tol Palimanan.

1. Puncak Arus Balik

Aston Hotel

“Namun, pada Sabtu kemarin itu mencapai 108 ribu kendaraan. Jadi ini sesuai dengan proyeksi kita,” ujar Vice President Director PT. LMS, Firdaus Azis saat ditemui di Gerbang Tol Palimanan, Minggu (9/6/2019).

Lanjut Firdaus, kalau di lihat dari shift 1 hari Minggu (9/6) kendaraan yang melakukan transaksi lebih tinggi dibanding dengan hari Sabtu kemarin.

“Artinya kemungkinan puncak arus balik terjadi hari, kalau kita lihat shift 1 yah,” terangnya.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Kalau dilihat dari sisi lain, pada hari Sabtu kemarin walaupun puncak arus balik lebaran 2019, hampir tidak ada antrian yang berarti di gerbang tol Palimanan.

“Dengan adanya penambahan mobile leader samapi total titik transaksi 38 itu berjalan dengan baik. Ditambah dengan tenaga petugas jalan tol, semuanya berhasil,” jelasnya.

2. One Way Terlama

Sementara itu, kata Firdaus, terkait dengan sistem one way atau satu arah pada arus balik dilakukan penambahan waktu sampai dengan 24 jam masih berlaku.

“Pengalaman arus balik ini sama seperti pengalaman arus mudik kemarin, artinya Kakorlantas dan juga Kemnhub telah berhasil melakukan sistem one way,” ungkap Firdaus.

Menurut Firdaus, one way atau satu arah pada arus balik 2019 merupakan one way terlama, karena mengingat waktu arus balik itu jauh lebih pendek daripada arus mudik.

“Makanya mungkin Kakorlantas melihat harus diperpanjang one way dan kita melihat juga trafiknya sangat tinggi,” terang Firdaus.

3. Lebih Tinggi

PT. LSM menjelaskan bahwa data arus balik pada shif pertama hari Sabtu kemarin ada 38 ribu kendaraan yang melintas di gerbang tol Palimanan.

“Sedangkan pada hari Minggu ini di shif pertama sudah mencapai 42 ribu, jadi lebih tinggi dibanding dengan hari kemarin,” jelasnya.

Pihaknya berharap, pada shif kedua nanti yang baru keluar hasilnya pada pukul 22.00 WIB bisa lebih tinggi.

“Kemarin pada saat arus mudik kendaraan yang melintas mencapai 678 kendaraan dan yang sudah kembali 373 kendaraan,” bebernya.

“Tetapi secara over all, total trafic arus mudik dan arus balik sampai perhari kemarin itu pada shif satu tumbuh 5,43 persen. Ini masih lebih rendah dari proyeksi kita sebesar 12 persen,” tandasnya. (AC212)