Antisipasi Terorisme dan Paham Radikalisme, Pemkab Cirebon, Polri dan TNI Gelar Apel Kebangsaan

Cirebon,- Dalam rangka antisipasi terorisme dan paham radikalisme di wilayah hukum Polres Cirebon, Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon, Polri dan TNI menggelar Apel Kebangsaan Tiga Pilar di Mapolres Cirebon, Sabtu (26/5/2018).

Plt Bupati Cirebon, Selly Andriany Gantina mengatakan kegiatan apel tiga pilar ini merupakan upaya pemerintah, TNI dan Polri untuk memberikan jaminan kenyamanan dan menentang aksi radikalisme dan terorisme yang saat ini tengah marak.

“Mudah-mudahan dengan aksi tiga pilar ini bisa menyolidkan dan memberikan kesadaran kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, agar dapat bersama-sama melakukan kewaspadaan di lingkungan kita dari paham-paham radikalisme,” ujarnya.

BACA YUK:  Bupati Cirebon : Pentas PAI, Siswa Memahami Pendidikan Agama dengan Baik

Paham radikalisme, kata dia, secara tidak langsung sudah mulai menyusup di lingkungan kita. Lalu, langkah dan upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Cirebon sudah melakukan surat edaran kepada seluruh perangkat ditingkat kecamatan dan desa.

Lanjut dia, agar selalu berkoordinasi dengan unsur Forkopicam, Muspika, Bahbinkamtibmas, Babimnsa, unsur masyarakat dan keagamaan.

“Bahkan kami mengajak untuk berperan aktif untuk memfungsikan siskamling dan a wear atas kemasyarakatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon AKBP. Suhermanto menambahkan kegiatan ini adalah sebagai wujud nyata dan implementasi di lapangan.

BACA YUK:  Gerakan Pangan Murah Kembali Digelar di Kota Cirebon

“Kegiatan-kegiatan ke depan akan kita lakukan kebersamaan antara tiga pilar, TNI, Polri dan Pemerintah,” bebernya.

Ke depan, lanjut dia, akan melakukan patroli bersama, serta pengamanan tempat ibadah di seluruh Kabupaten Cirebon untuk mewujudkan suasana yang tertib, aman dan damai, serta terhindar dari paham-paham radikalisme.

“Ancaman terbesar saat ini adalah menyusupnya paham-paham radikalisme ke masyarakat,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya apel tiga pilar ini menumbuhkan kesadaran bagi aparat pemerintah, TNI, Polri dan elemen masyarakat lainnya untuk meningkatkan keamanan secara dini di lingkungan masing-masing.

BACA YUK:  Pemudik Diimbau Hanya 30-40 Menit Istirahat di Rest Area

“Bila ada informasi atau kelompok yang diperkirakan paham-paham radikal segera menginformasikan kepada aparat tiga pilar,” tutupnya. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *