Antisipasi Covid-19, Daop 3 Cirebon Batalkan 8 Perjalanan Kereta Api Argo Cheribon

Cirebon,- Mulai hari ini (22/3), PT Kereta Api Indonesia mengalami penyesuaian perjalanan kereta api dengan pembatalan beberapa perjalanan, khususnya untuk kereta api Argo Cheribon.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon, Luqman Arif mengatakan PT. Kereta Api Indonesia terus berupaya melakukan berbagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 dengan melakukan penyesuaian perjalanan KA, khususnya KA Argo Cheribon.

“Terhitung mulai hari ini, Minggu (22/3) perjalanan KA Argo Cheribon akan mengalami penyesuaian dengan pembatalan beberapa perjalanan. Kebijakan ini juga untuk mendukung kebijakan social distancing yang diterapkan pemerintah yakni masyarakat diminta mengurangi mobilitasnya,” ujar Luqman, Minggu (22/3/2020).

Lanjut Luqman, untuk hari Minggu ada pembatalan satu perjalanan kereta Argo Cheribon. Sedangkan untuk hari Senin (23/3) sampai dengan Selasa (31/3) akan ada pembatalan sebanyak 8 perjalanan kereta api Argo Cheribon.

BACA YUK:  Stasiun Cirebon Prujakan Layani Program Pengiriman Motor Gratis, ini Ketentuannya

“Dengan penyesuaian perjalanan KA Argo Cheribon tersebut, masyarakat tetap bisa memanfaatkan perjalanan KA Argo Cheribon lainnya yang masih tersedia,” terang Luqman.

“Masih ada 10 perjalanan KA Argo Cheribon yang beroperasi dari normalnya sebanyak 18 perjalanan tiap hari,” tambahnya.

Adapun jadwal perjalanan KA Argo Cheribon yang masih beroperasi diantaranya, keberangkatan dari Stasiun Cirebon tujuan Gambir pada pukul 06.15 WIB, 08.35 WIB, 14.15 WIB, 16.47 WIB, dan 17.30 WIB.

Sedangkan keberangkatan Argo Cheribon dari Stasiun Gambir tujuan Cirebon yang masih beroperasi yakni pada pukul 10.00 WIB, 12.20 WIB, 18.10 WIB, 20.40 WIB, dan 21.10 WIB.

Luqman menegaskan bahwa penyesuaian perjalanan KA Argo Cheribon tersebut bersifat sementara mengikuti kondisi perkembangan status Waspada mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia.

BACA YUK:  Info Loker : Kutagara Corner

PT KAI juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan KA atas dibatalkannya beberapa perjalanan KA Argo Cheribon tersebut.

“Semoga kondisi pandemi ini segera membaik, dan perjalanan serta pelayanan KA akan kembali seperti sedia kala,” tuturnya.

Bagi para penumpang KA yang sudah melakukan pemesanan tiket pada KA Argo Cheribon yang dilakukan pembatalan tersebut, menurut Luqman, akan dilakukan konfirmasi oleh pihak PT KAI melalui nomor telepon penumpang yang tertera pada saat pemesanan.

“Kami akan mengembalikan biaya sebesar 100 persen kepada para penumpang KA yang sudah melakukan pemesanan, serta akan menginformasikan untuk melakukan perjalanan pada KA lain yang masih beroperasi, jika berkenan,” beber Luqman.

BACA YUK:  Info Loker : Maxim Cirebon

Selain itu, PT KAI juga telah menerapkan kebijakan pengaturan jarak melalui pemasangan garis pembatas di berbagai area pelayanan stasiun dan di dalam kereta api.

Untuk di area stasiun, pihaknya memberikan garis batas di area boarding pass, area loket dan pada kursi yang berada di ruang tunggu stasiun.

Sedangkan di dalam kereta, khusus untuk KA jarak jauh dan menengah, atas permintaan penumpang melalui kondektur yang berdinas dapat memindahkan penumpang yang duduk berdekatan, selama masih tersedia kursi kosong pada KA tersebut.

“Upaya ini, merupakan langkah implementasi dari social distancing yang saat ini menjadi himbauan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid 19 yang sedang mewabah di Indonesia,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 61 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.