Rabu, 3 Juni 2020

Angka Pengangguran di Kota Cirebon Alami Penurunan

Populer

Ada Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara Selama 14 Hari

Cirebon,- Dua Pedagang Pasar Sumber Kabupaten Cirebon terkonfirmasi Positif Covid-19 setelah dilakukan tes massal swab pada tanggal 18 Mei...

Masuk Zona Biru, Kabupaten Cirebon Tidak Perpanjang PSBB

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Cirebon berakhir pada hari ini, Jumat 29 Mei 2020.Pemerintah Daerah Kabupaten...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok,...

Tanpa Gejala Klinis, Dua Pedagang Pasar Sumber Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Dua pedagang Pasar Sumber terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil test swab massal menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction)...

Pasar Sumber Ditutup, Pedagang Rela Demi Kesehatan Bersama

Cirebon,- Setelah ditemukan pedagang pasar sumber yang terkonfirmasi positif Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon menutup sementara operasional pasar selama...

Cirebon,- Sebanyak 30 perusahaan ternama mengikuti Job Fair 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerjaan (Disnaker) Kota Cirebon, di Atrium CSB Mall, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon selama dua hari, Selasa-Rabu (26-27) Maret 2019.

1. Alami Penurunan 

Kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan melihat data yang dirilis oleh BPS pada akhir tahun 2018 pengangguran di Kota Cirebon mengalami penurunan, dari 9,6 persen menjadi 9,06 persen.

Loading...

“Itu memang sebagai dampak juga, karena tahun kemarin kita banyak melakukan peningkatan kompetensi melalui pelatihan-pelatihan,” ujarnya usai pembukaan Job Fair 2019, Selasa (26/3/2019).

Lanjut Agus, penurunan pengangguran juga karena adanya link and match dengan perusahaan, hingga penciptaan wirausaha baru.

“Artinya, secara data memang kemudian terbaca angka itu menurun. Tapi kemudian, angka 9,06 persen masih cukup tinggi kalau kita bandingkan dengan tingkat provinsi maupun secara nasional,” bebernya.

“Maka, upaya-upaya lebih itu harus dilakukan. Diantaranya dengan Job Fair ini,” imbuhnya.

2. Perbedaan Job Fair Tahun Ini

Menurut Agus, Job Fair tahun 2019 kali ini agak sedikit berbeda dengan Job Fair sebelumnya, pembedanya adalah formasinya lebih bervariasi.

“Mulai dari perbankan, kesehatan, perhotelan, sampai kepada bidang manufaktur. Dan kita mengundang BNP2TKI, karena kita pikir warga kita harus sudah mulai melakukan lompatan pemikiran,” ungkapnya.

Lanjut Agus, ruang-ruang pekerjaan dalam negeri sudah cukup ketat, padahal ada ruang di luar yang secara proteksi, pengamanan, kemudian dari prospeksnya lebih bagus.

Suasana Job Fair 2019 di Atrium Utama CSB Mall

“Makanya kita coba mendekatkan informasi ini dengan mengundang langsung BNP2TKI ke Cirebon,” jelasnya.

“Mudah-mudahan, ini bisa memicu semangat warga kita, pencari kerja untuk melakukan lompatan pemikiran dan lompatan sikap,” harapnya.

3. Penurunan yang Signifikan

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Asep Dedi menambahkan penurunan pengangguran menunjukan perkembangan yang cukup signifikan.

“Alhamdulillah tingkat pengangguran terjadi penurunan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Asep berharap, kondisi Cirebon yang saat ini terus berkembang dengan baik, seperti investasi salah satunya itu bisa berkembang dengan baik.

“Kesenjangan antara pencari kerja dengan pemberi kerja ini semakin sedikit. Saya berharap kepada para pencari kerja dan penyedia pekerjaan dalam kegiatan ini dapat saling berkomunikasi, sehingga informasi ini bisa tersampaikan dengan baik,” harap Asep.

4. Aplikasi untuk Pencari Kerja

Asep menyampaikan dalam pembukaan Job Fair 2019 bahwa, Kota Cirebon sudah memiliki aplikasi yang mempermudah untuk para pencari kerja dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi didampingi Kadisnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya

“Aplikasi ini sudah bisa dimanfaatkan seperti aplikasi Cirebon Lunga ini dapat dimanfaatkan,” ucapnya.

Mudah-mudah, lanjut Asep, dengan adanya Job Fair ini bisa menjalin informasi yang baik dan ada transaksi dari penyedia kerja dengan pencari kerja. Sehingga, mereka (pencari kerja) lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh penyedia kerja.

5. Membangun Cirebon Bersamasama

Selain itu, General Manager CSB Mall, Gunadi Iksan menjelaskan penyelenggaraan Job Fair di CSB Mall kini sudah yang kedua kalinya, ini sesuai dengan visi misi juga dengan CSB Mall.

“Kita mau mall itu bukan hanya tempat untuk shopping aja, tapi ada shopping experience seperti Job Fair ini,” ujarnya kepada About Cirebon.

“Kegiatan Job Fair ini adalah andil kita CSB Mall untuk membangun Kota Cirebon sama-sama,” imbuhnya.

Menurut Gunadi, pencari kerja dan penyedia kerja saat ini komunikasinya masih kurang, sehingga dengan diselenggarakan di mall orang yang jadinya tidak tahu menjadi tahu.

“Sehingga dibuat yang kedua di CSB Mall, karena animo pencari kerja sangat besar,” bebernya.

Gunadi berharap, dengan diselenggarakannya Job Fair di mall ini, semua lowongan dapat terisi dan informasi-informasinyang didapat sampai kepada pencari kerja. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lanjut PSBB Jilid III , Pemerintah Kota Cirebon Gencarkan Pemeriksaan Tes Swab

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua di Kota Cirebon berakhir tanggal 2 Juni 2020.Pemerintah Daerah Kota Cirebon...

Oasis Poolside Aston Cirebon Kembali Dibuka

Cirebon,- Oasis Poolside Aston Cirebon akan kembali beroperasi untuk mengobati kerinduan para pecinta kuliner di Cirebon.Menurut Asst PR Manager Aston Cirebon, Litania Putri Utami,...

2.375 Calon Jamaah Haji di Kabupaten Cirebon Batal Berangkat

Cirebon,- Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Cirebon dipastikan batal berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun 2020.Karena Pandemi Covid-19, sampai saat ini Pemerintah...

Satu Pedagang Positif Covid-19, Tiga Pasar di Pabuaran Ditutup Sementara Selama Tiga Hari

Cirebon,- Sebagai tindak lanjut adanya salah satu pedagang di Pasar Pabuaran, Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi positif Covid-19 usai mengikuti tes swab massal, 3 pasar...

Selama Pandemi Covid-19, Dokter Yasmin Dermawan Tangani 1.500 Pasien dalam Sebulan

Cirebon,- Selama Pandemi Covid-19, angka kehamilan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda yang terletak di Jalan Perjuangan, Kota Cirebon mengalami peningkatan.Peningkatan...

More Articles Like This