Kamis, 24 Juni 2021

Angka Pengangguran di Kota Cirebon Alami Penurunan

Populer

Polresta Cirebon Gelar Penyekatan Sejumlah Ruas Jalan di Kecamatan Sumber Demi Kebaikan Masyarakat

Cirebon,- Jajaran Polresta Cirebon melakukan penyekatan sejumlah ruas jalan di Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Selasa (22/6/2021). Kegiatan tersebut merupakan...

Kombes Pol Arif Budiman Pimpin Polresta Cirebon

Cirebon,- Kombes Pol Arif Budiman, resmi memimpin Polresta Cirebon menggantikan Kombes Pol M. Syahduddi. Acara pisah sambut Kapolresta Cirebon...

Bupati Cirebon : Santri Diminta Melanjutkan Pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi

Cirebon,- Bupati Cirebon, Drs.H. Imron, menghadiri acara haflah akhirussanah santri tingkat ibtidaiyah hingga aliyah di Pondok Pesantren An Nashuha,...

Inilah Tempat Ngopi di Majalengka yang Wajib Dikunjungi Para Penikmat Kopi⁣

Majalengka,- Siapa sih yang tidak suka dengan kopi? Hampir semua orang menyukai kopi. Mulai dari remaja hingga dewasa, laki-laki...

Karyawan Mall dan Pusat Perbelanjaan di Cirebon Jalani Vaksinasi

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon kembali menggelar vaksinasi Covid-19. Kali ini menyasar terhadap...

Cirebon,- Sebanyak 30 perusahaan ternama mengikuti Job Fair 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerjaan (Disnaker) Kota Cirebon, di Atrium CSB Mall, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon selama dua hari, Selasa-Rabu (26-27) Maret 2019.

1. Alami Penurunan 

Kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan melihat data yang dirilis oleh BPS pada akhir tahun 2018 pengangguran di Kota Cirebon mengalami penurunan, dari 9,6 persen menjadi 9,06 persen.

Loading...

“Itu memang sebagai dampak juga, karena tahun kemarin kita banyak melakukan peningkatan kompetensi melalui pelatihan-pelatihan,” ujarnya usai pembukaan Job Fair 2019, Selasa (26/3/2019).

Lanjut Agus, penurunan pengangguran juga karena adanya link and match dengan perusahaan, hingga penciptaan wirausaha baru.

“Artinya, secara data memang kemudian terbaca angka itu menurun. Tapi kemudian, angka 9,06 persen masih cukup tinggi kalau kita bandingkan dengan tingkat provinsi maupun secara nasional,” bebernya.

“Maka, upaya-upaya lebih itu harus dilakukan. Diantaranya dengan Job Fair ini,” imbuhnya.

BACA YUK:  Resmi, Telkomsel Jadi Penyelenggara Telekomunikasi Jaringan 5G pertama di Indonesia

2. Perbedaan Job Fair Tahun Ini

Menurut Agus, Job Fair tahun 2019 kali ini agak sedikit berbeda dengan Job Fair sebelumnya, pembedanya adalah formasinya lebih bervariasi.

“Mulai dari perbankan, kesehatan, perhotelan, sampai kepada bidang manufaktur. Dan kita mengundang BNP2TKI, karena kita pikir warga kita harus sudah mulai melakukan lompatan pemikiran,” ungkapnya.

Lanjut Agus, ruang-ruang pekerjaan dalam negeri sudah cukup ketat, padahal ada ruang di luar yang secara proteksi, pengamanan, kemudian dari prospeksnya lebih bagus.

Suasana Job Fair 2019 di Atrium Utama CSB Mall

“Makanya kita coba mendekatkan informasi ini dengan mengundang langsung BNP2TKI ke Cirebon,” jelasnya.

“Mudah-mudahan, ini bisa memicu semangat warga kita, pencari kerja untuk melakukan lompatan pemikiran dan lompatan sikap,” harapnya.

BACA YUK:  Konsep Jawa Bali, ini Menu Andalan di Rumah Makan Mba Roso Cirebon

3. Penurunan yang Signifikan

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Asep Dedi menambahkan penurunan pengangguran menunjukan perkembangan yang cukup signifikan.

“Alhamdulillah tingkat pengangguran terjadi penurunan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Asep berharap, kondisi Cirebon yang saat ini terus berkembang dengan baik, seperti investasi salah satunya itu bisa berkembang dengan baik.

“Kesenjangan antara pencari kerja dengan pemberi kerja ini semakin sedikit. Saya berharap kepada para pencari kerja dan penyedia pekerjaan dalam kegiatan ini dapat saling berkomunikasi, sehingga informasi ini bisa tersampaikan dengan baik,” harap Asep.

4. Aplikasi untuk Pencari Kerja

Asep menyampaikan dalam pembukaan Job Fair 2019 bahwa, Kota Cirebon sudah memiliki aplikasi yang mempermudah untuk para pencari kerja dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi didampingi Kadisnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya

“Aplikasi ini sudah bisa dimanfaatkan seperti aplikasi Cirebon Lunga ini dapat dimanfaatkan,” ucapnya.

Mudah-mudah, lanjut Asep, dengan adanya Job Fair ini bisa menjalin informasi yang baik dan ada transaksi dari penyedia kerja dengan pencari kerja. Sehingga, mereka (pencari kerja) lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh penyedia kerja.

5. Membangun Cirebon Bersamasama

Selain itu, General Manager CSB Mall, Gunadi Iksan menjelaskan penyelenggaraan Job Fair di CSB Mall kini sudah yang kedua kalinya, ini sesuai dengan visi misi juga dengan CSB Mall.

“Kita mau mall itu bukan hanya tempat untuk shopping aja, tapi ada shopping experience seperti Job Fair ini,” ujarnya kepada About Cirebon.

“Kegiatan Job Fair ini adalah andil kita CSB Mall untuk membangun Kota Cirebon sama-sama,” imbuhnya.

BACA YUK:  Apresiasi Talenta Kreatif Indonesia, Telkomsel Hadirkan Ajang Penghargaan Telkomsel Awards 2021⁣

Menurut Gunadi, pencari kerja dan penyedia kerja saat ini komunikasinya masih kurang, sehingga dengan diselenggarakan di mall orang yang jadinya tidak tahu menjadi tahu.

BACA YUK:  Apresiasi Talenta Kreatif Indonesia, Telkomsel Hadirkan Ajang Penghargaan Telkomsel Awards 2021⁣

“Sehingga dibuat yang kedua di CSB Mall, karena animo pencari kerja sangat besar,” bebernya.

Gunadi berharap, dengan diselenggarakannya Job Fair di mall ini, semua lowongan dapat terisi dan informasi-informasinyang didapat sampai kepada pencari kerja. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Zalora Big Fashion Sale untuk Penuhi Kebutuhan Fashion dan Gaya Hidupmu⁣

Jakarta,- ZALORA, destinasi online fashion, beauty, lifestyle utama di Asia kembali menghadirkan ZALORA Big Fashion Sale, menawarkan promosi terbesar...

Komisi III DPRD Kota Cirebon Buka Layanan Pengaduan PPDB

Cirebon,- Guna memberikan pelayanan kepada calon peserta didik dan orang tua dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan sederajat, Komisi III DPRD Kota...

Tingkatkan Kapasitas, HIPMI BPC Kota Cirebon Gelar Diklatcab

Cirebon,- Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Badan (BPC HIPMI) Kota Cirebon menggelar Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab). Kegiatan tersebut berlangsung di Volte...

Surat Edaran Wali Kota Terbaru : Mall Dibatasi Hingga Pukul 20.00 WIB

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Dalam surat edaran (SE) Walikota Cirebon Nomor: 443/SE.54-PEM berlaku mulai...

More Articles Like This