Rabu, 8 Desember 2021

Angka Pengangguran di Kota Cirebon Alami Penurunan

Populer

Pria Asal Cirebon ini Sukses Menjadi Importir Ikan Koi

Cirebon,- Pehobi ikan koi asal Cirebon, Jawa Barat berhasil menjadi dealer koi import ternama di kancah dunia perkoian nusantara....

Geubrina Cafe Aceh, Kuliner Aceh Terlengkap di Kota Cirebon dan ini Promonya di Bulan Desember

Cirebon,- Aceh memiliki beragam kuliner yang khas untuk bisa dinikmati bagi para pecinta kuliner. Di Cirebon, terdapat kafe atau...

Warung Indomie Kekinian Hadir di Cirebon, Usung Konsep Self Service

Cirebon,- Mengusung konsep self service, warung Indomie kekinian kini hadir di Cirebon. Berlokasi di Jalan Tuparev, tepatnya sebelah Hotel...

Kearifan Lokal Kerajinan Gerabah di Blok Posong Arjawinangun, Cirebon Terancam Hilang, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Cirebon,- Desa Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun terletak di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Secara kontur, letak permukaan tanah adalah datar...

Mengenal Metode ERACS yang Dijalankan Nagita Slavina, ini Penjelasan dr. Yasmin Dermawan

Cirebon,- Nagita Slavina baru saja melahirkan putra keduanya beberapa hari lalu dengan proses operasi sesar. Namun, setelah menjalani operasi...

Cirebon,- Sebanyak 30 perusahaan ternama mengikuti Job Fair 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerjaan (Disnaker) Kota Cirebon, di Atrium CSB Mall, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon selama dua hari, Selasa-Rabu (26-27) Maret 2019.

1. Alami Penurunan 

Kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan melihat data yang dirilis oleh BPS pada akhir tahun 2018 pengangguran di Kota Cirebon mengalami penurunan, dari 9,6 persen menjadi 9,06 persen.

Loading...

“Itu memang sebagai dampak juga, karena tahun kemarin kita banyak melakukan peningkatan kompetensi melalui pelatihan-pelatihan,” ujarnya usai pembukaan Job Fair 2019, Selasa (26/3/2019).

Lanjut Agus, penurunan pengangguran juga karena adanya link and match dengan perusahaan, hingga penciptaan wirausaha baru.

“Artinya, secara data memang kemudian terbaca angka itu menurun. Tapi kemudian, angka 9,06 persen masih cukup tinggi kalau kita bandingkan dengan tingkat provinsi maupun secara nasional,” bebernya.

“Maka, upaya-upaya lebih itu harus dilakukan. Diantaranya dengan Job Fair ini,” imbuhnya.

BACA YUK:  Mulai Hari Ini, Polresta Cirebon Gelar Operasi Zebra Lodaya 2021, ini Sasarannya

2. Perbedaan Job Fair Tahun Ini

Menurut Agus, Job Fair tahun 2019 kali ini agak sedikit berbeda dengan Job Fair sebelumnya, pembedanya adalah formasinya lebih bervariasi.

“Mulai dari perbankan, kesehatan, perhotelan, sampai kepada bidang manufaktur. Dan kita mengundang BNP2TKI, karena kita pikir warga kita harus sudah mulai melakukan lompatan pemikiran,” ungkapnya.

Lanjut Agus, ruang-ruang pekerjaan dalam negeri sudah cukup ketat, padahal ada ruang di luar yang secara proteksi, pengamanan, kemudian dari prospeksnya lebih bagus.

Suasana Job Fair 2019 di Atrium Utama CSB Mall

“Makanya kita coba mendekatkan informasi ini dengan mengundang langsung BNP2TKI ke Cirebon,” jelasnya.

“Mudah-mudahan, ini bisa memicu semangat warga kita, pencari kerja untuk melakukan lompatan pemikiran dan lompatan sikap,” harapnya.

BACA YUK:  Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Cirebon D-3 Kebidanan Angkatan XIII Diwisuda

3. Penurunan yang Signifikan

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Asep Dedi menambahkan penurunan pengangguran menunjukan perkembangan yang cukup signifikan.

“Alhamdulillah tingkat pengangguran terjadi penurunan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Asep berharap, kondisi Cirebon yang saat ini terus berkembang dengan baik, seperti investasi salah satunya itu bisa berkembang dengan baik.

“Kesenjangan antara pencari kerja dengan pemberi kerja ini semakin sedikit. Saya berharap kepada para pencari kerja dan penyedia pekerjaan dalam kegiatan ini dapat saling berkomunikasi, sehingga informasi ini bisa tersampaikan dengan baik,” harap Asep.

4. Aplikasi untuk Pencari Kerja

Asep menyampaikan dalam pembukaan Job Fair 2019 bahwa, Kota Cirebon sudah memiliki aplikasi yang mempermudah untuk para pencari kerja dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi didampingi Kadisnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya

“Aplikasi ini sudah bisa dimanfaatkan seperti aplikasi Cirebon Lunga ini dapat dimanfaatkan,” ucapnya.

Mudah-mudah, lanjut Asep, dengan adanya Job Fair ini bisa menjalin informasi yang baik dan ada transaksi dari penyedia kerja dengan pencari kerja. Sehingga, mereka (pencari kerja) lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh penyedia kerja.

5. Membangun Cirebon Bersamasama

Selain itu, General Manager CSB Mall, Gunadi Iksan menjelaskan penyelenggaraan Job Fair di CSB Mall kini sudah yang kedua kalinya, ini sesuai dengan visi misi juga dengan CSB Mall.

“Kita mau mall itu bukan hanya tempat untuk shopping aja, tapi ada shopping experience seperti Job Fair ini,” ujarnya kepada About Cirebon.

“Kegiatan Job Fair ini adalah andil kita CSB Mall untuk membangun Kota Cirebon sama-sama,” imbuhnya.

BACA YUK:  Gebrakan Baru, Ikut Vaksinasi Berkesempatan Mendapatkan Emas

Menurut Gunadi, pencari kerja dan penyedia kerja saat ini komunikasinya masih kurang, sehingga dengan diselenggarakan di mall orang yang jadinya tidak tahu menjadi tahu.

BACA YUK:  Tingkatkan Pemahaman Layanan Jasa Keuangan, OJK Cirebon Gelar Kegiatan BIK 2021

“Sehingga dibuat yang kedua di CSB Mall, karena animo pencari kerja sangat besar,” bebernya.

Gunadi berharap, dengan diselenggarakannya Job Fair di mall ini, semua lowongan dapat terisi dan informasi-informasinyang didapat sampai kepada pencari kerja. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Reforma Agraria di Kabupaten Cirebon Harus Berjalan Optimal Sesuai Undang-undang

Cirebon,- Bupati Cirebon Drs. H. Imron membuka Rapat Gugus Tugas Reforma Agraria di Ruang Nyimas Gandasari, Gedung Sekretariat Daerah...

Kopi Montong Hadirkan Menu Terbaru Sup Patin Tempoyak Montong

Cirebon,- Kopi Montong yang berada di kawasan Perumahan Kota Baru Keandra, Desa Sindang Jawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon menghadirkan terobosan baru. Saat ini, Kopi...

RS Components Berkomitmen Tawarkan Produk Berkualitas Tinggi

Jakarta,- Membeli produk dengan kualitas terbaik merupakan hal terpenting bagi sebuah perusahaan maupun individu. Menggunakan produk dengan kualitas terbaik dapat mengurangi kemungkinan rusaknya sebuah...

Warung Indomie Kekinian Hadir di Cirebon, Usung Konsep Self Service

Cirebon,- Mengusung konsep self service, warung Indomie kekinian kini hadir di Cirebon. Berlokasi di Jalan Tuparev, tepatnya sebelah Hotel Apita Cirebon, warung bernama Indomie...

More Articles Like This