Anda Bisa Berwisata Gerabah di Desa Sitiwinangun, Ada Paket Wisata Makan Empal Blotong

Cirebon,- Wisata gerabah yang berada di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pasalnya, wisatawan yang datang akan disuguhkan dengan atraksi-atraksi menarik seperti pembuatan gerabah, pertunjukan budaya, hingga wisata kuliner.

Wisatawan yang berkunjung akan diajari bagaimana cara membuat kerajinan yang terbuat dari tanah liat, kemudian berbagai kesenian seperti live gamelan, tari topeng, atau sintren, hingga menikmati kuliner Nasi Jamblang atau bisa Empal Blotong.

Wastani Bajuri, Pembimbing Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang juga Kasi Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon mengatakan untuk wisatawan yang ingin berkunjung desa wisata Gerabah Sitiwinangun bisa memiliki paket yang ditawarkan. Menurutnya, ada tiga paket untuk para wisatawan.

 

“Kami tawarkan 3 paket wisata. Ada paket I dengan harga Rp. 40 ribu per orang, paket II dengan harga Rp. 55 ribu perorang, dan paket III dengan harga Rp. 70 ribu peroarang. Dari paket ini yang membedakan hanya menu makanannya saja,” ujar Wastani saat dihubungi About Cirebon, Sabtu (21/1/2023).

BACA YUK:  Pengelola Goa Sunyaragi Akan Beri Keamanan dan Kenyamanan Bagi Pengunjung Saat Libur Nataru

Untuk paket I, Wastani menjelaskan wisatawan bisa mendapatkan hidangan pembuka seperti snack dan sirup rosella, kunjungan ke pengrajin gerabah, dan workshop pembuatan gerabah. Paket II sama saja seperti paket I hanya ada tambahan makan siang Nasi Jamblang.

“Paket III juga sama saja ada makan siang dengan menu empal Blotong. Saat makan siang nanti akan disuguhkan dengan atraksi live musik gamelan dan tarian. Pengunjung juga bisa memilih atraksi budaya apa yang ingin ditampilkan, bisa tarian, sintren, atau kesenian Cirebon yang lainnya,” katanya.

“Untuk paket wisata ini minimal untuk pemesan 25 orang,” sambung Wastani.

Alur wisatawan yang datang ke Desa Wisata Gerabah ini, Wastani membeberkan, ketika pertama datang wisatawan akan disambut dengan welcome drink teh rosella dan snack yang disajikan menggunakan coet kecil dan bisa dibawa pulang. Kemudian pengunjung akan berkeliling ke pengrajin gerabah, lalu istirahat di pendopo dan akan disajikan atraksi live gamelan dan kesenian.

BACA YUK:  Tak Cukup dengan Kegiatan Sosial, drg. Mira Indrasyari Gelar Turnamen Sepak Bola U-10 dan U-12

 

“Setelah makan siang di pendopo, wisatawan langsung menuju ke tempat workshop untuk belajar membuat kerajinan gerabah. Untuk paket II dan III, setelahnya akan mendapatkan cenderamata,” jelasnnya.

Terkait dengan kuliner Empal Blotong, Wastani menjelaskan, Empal Blotong sama saja dengan empal gentong pada umumnya. Namun yang berbeda dari empal gentong dengan empal blotong yaitu cara pemasakannya dan penyajiannya saja.

“Sebenarnya sama saja empal gentong dengan empal blotong. Hanya saja, yang membedakan itu dari cara pemasakannya, kalau empal gentong dimasak menggunakan gentong kalau blotong menggunakan blotong. Blotong ini sama saja kaya gentong, tapi ukurannya lebih kecil dari gentong, jadi yang beda hanya tempat untuk memasaknya saja,” kata Wastani.

BACA YUK:  Resesi Global: Kesempatan atau Ancaman?

Menurutnya, Empal Blotong ini lebih mudah dibawa-bawa menggunakan sepeda atau dipikul, biasanya yang jual Empal Blotong ini mangkal di pinggir-pinggir toko atau sambil berkeliling. Sedangkan untuk empal gentong ini lebih besar dan harus menggunakan gerobak.

“Gentong dan Blotong ini nama alat untuk membuat empal. Jadi kalau pakai gentong namanya empal gentong, kalau pakai blotong namanya empal blotong. Kalau secara isi mah sama saja tidak ada yang berbeda,” pungkasnya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Sitiwinangun, lokasinya berada di Jalan Moh. Ramadhan No. 225 Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon. Untuk pemesanan paket wisata ini, bisa menghubungi di nomor 081313117739, 082127243366, atau 081320510521. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *