Sabtu, 8 Mei 2021

Alun-Alun Kejaksan Cirebon Baru Soft Opening, ini Fasilitasnya

Populer

Penyekatan Mulai 6-17 Mei, Ini Kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota akan melakukan penyekatan larangan mudik. Penyekatan akan berlangsung mulai tanggal 6...

Pra Pengetatan Mudik, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik di Kedawung

Cirebon,- Pra mudik lebaran dari tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021, Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan operasi penyekatan...

Selama Ramadan, Citradream Hotel Hadirkan Paket Buka Puasa Rp. 60 ribu Makan Sepuasnya⁣

Cirebon,- Selama bulan Ramadan, Citradream Hotel Cirebon yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon menghadirkan promo menarik....

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Fleksibilitas Perbatasan Selama Larangan Mudik

Cirebon,- Kebijakan larangan mudik yang saat ini tengah diterapkan, kini dibahas lima kepala daerah di Cirebon kota/kabupaten, Indramayu, Majalengka,...

Larangan Mudik Dimulai, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik

Cirebon,- Satuan Lalulintas Polres Cirebon Kota mulai melakukan penyekatan kendaraan pemudik. Sebanyak kurang lebih 80 kendaraan pemudik diputarbalikan di...

Cirebon,- Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon dan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon resmi diluncurkan, Senin (12/4/2021). Soft launching tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Wali Kota Cirebon dan Bupati Cirebon.

Pembangunan Alun-Alun Kejaksan merupakan hibah dari Provinsi Jawa Barat. Alun-alun Kejaksan mengakulturasikan model dari kearifan lokal dengan modern.

Penataan Aun-alun Kejaksan juga mengimplementasikan dari visi Kota Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah. Sehingga, menyediakan ruang publik yang mempunyai banyak fungsi.

Loading...

“Disini ada fungsi lapangan upacara, lapangan olahraga, ruang terbuka hijau, fungsi memajukan UMKM, micro library, hingga memorial yang menceritakan bagaimana sejarah tugu proklamasi,” ujar Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi.

BACA YUK:  Muat 100 Motor dan 74 Mobil, Basement Alun-alun Kejaksaan Belum Bisa Digunakan

Selain itu, terdapat gerbang utama yang mencerminkan candi bentar yang menyatu dengan Masjid Raya At-Taqwa. Kemudian ada basement sebagai sarana parkir, toilet dan ada juga taman bermain untuk anak-anak.

“Kami harapkan ini menjadi sebuah ruang publik kepada masyarakat. Kami memohon masyarakat bisa sama-sama menjaga supaya alun-alun ini semakin baik,” ungkapnya.

Mengenai pengelolaan Alun-alun Kejaksan, kata Agus, berada di Sekretariat Daerah. Namun ke depan, akan dibentuk satgas (satuan tugas) gabungan dari perangkat daerah untuk mengelola Alun-alun Kejaksan agar tetap terpelihara.

Selain itu, pengoperasian BRT Trans Cirebon, tambah Agus, akan melewati dua koridor. Koridor satu berada di dalam Kota Cirebon dan koridor dua melintas wilayah Kabupaten Cirebon.

“Ini menjadi bagian dari komitmen untuk bisa mewujudkan Cirebon Metropolitan. Mudah-mudahan koridor-koridor selanjutnya bisa kita kembangkan dengan kemitraan dan kerja sama antar daerah,” jelasnya.

Fasilitas yang terdapat di BRT Trans Cirebon, kata Agus, terdapat WiFi termasuk juga CCTV yang dapat memantau kegiatan di dalam bus. Karena masih dalam kondisi Pandemi, protokol kesehatan tetap menjadi prioritas dalam pelayanan publik.

BACA YUK:  Rapat Koordinasi Larangan Mudik, Ini yang Disampaikan Kepala BNPB

“Kapasitas di dalam bus tetap dibatasi sesuai ketentuan maksimum 50 persen, dilengkapi pengecekan suhu dan hand sanitizer. Dalam pelaksanaan Trans Cirebon ini akan mengoptimalkan pembayaran secara digital,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan Alun-alun kejaksaan saat ini baru soft launching. Rencananya grand opening akan dilakukan sehabis lebaran.

“Rencana Grand Opening akan dilakukan sehabis lebaran bersama dengan Gubernur Jawa Barat. Karena saat ini masih ada gerai-gerai yang belum dibuka,” ujar Eti.

Eti melihat, pada soft opening warga masyarakat Cirebon begitu sangat antusias. Banyak yang selfie di Alun-alun kejaksan.

“Mudah-mudahan ini menjadi icon Kota Cirebon dengan Candi Bentarnya. Dan tadi juga Perpustakaan Nasional akan memfasilitasi Micro Library yang ada di Alun-alun Kejaksan dengan penambahan pojok baca digital,” kata Eti. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

PHRI dan IHGM Cirebon Gelar Sertifikasi Assesor

Cirebon,- Pandemi Covid-19 membuat dunia perhotelan dan pariwisata di Jawa Barat, khususnya di Kota Cirebon terpuruk. Imam Reza Hakiki...

The Cartel Katiasa Gym Kembali Salurkan Bantuan di Bulan Ramadan

Cirebon,- The Cartel, Komunitas Katiasa Gym Cirebon kembali menggelar bakti sosial (Baksos) di bulan Ramadan. Kali ini, anggota The Cartel Katiasa Gym memberikan sembako...

Tenaga Ahli KSP RI: Situasi Mudik Tahun 2021 Berbeda Dengan Tahun Lalu

Cirebon,- Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja di Kota Cirebon. Dalam kunjungan kali ini, KSP RI meninjau pelaksanaan penyekatan...

Yogya Grand Cirebon Tawarkan Banyak Fasilitas Menarik dan Bertabur Diskon

Cirebon,- Yogya Grand Cirebon terus berinovasi memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya untuk para pelanggan. Terlebih, selama ramadan ini pihaknya menawarkan diskon gede-gedean hingga 50%. Seperti...

More Articles Like This