Minggu, 17 Oktober 2021

Alun-Alun Kejaksan Cirebon Baru Soft Opening, ini Fasilitasnya

Populer

750 Tanaman Bonsai Nasional Dipamerkan di Cirebon

Cirebon,- Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Cirebon menggelar Pameran Bonsai Nasional dan Exibisi Adenium hingga 12 Oktober 2021....

Selama Pandemi COVID-19, Pecinta Bonsai di Tanah Air Meningkat 40 Persen

Cirebon,- Selama Pandemi COVID-19 banyak masyarakat memiliki waktu luang untuk beraktivitas dan menyalurkan hobi. Seperti halnya pecinta tanaman hias...

Kirab Merah Putih dari Balai Kota Cirebon Menuju Astana Gunung Jati

Cirebon,- Kirab Merah Putih dalam rangka HUT ke-76 TNI, membawa bendera pusaka dari Balai Kota Cirebon menuju Astana Gunung...

Tiga Atlet Asal Kota Cirebon Raih Medali di PON XX Papua

Cirebon,- Sebanyak 17 atlet asal Kota Cirebon memperkuat kontingen Jawa Barat dalam PON XX 2021 Papua. Dari 17 atlet...

Bangun Bisnis Industri Rumahan, Pasangan Suami Istri Ini Raup Omset Ratusan Juta Rupiah

Cirebon,- Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap penjualan para pelaku bisnis hingga UMKM. Namun, pandemi ini tidak berpengaruh terhadap usaha...

Cirebon,- Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon dan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon resmi diluncurkan, Senin (12/4/2021). Soft launching tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Wali Kota Cirebon dan Bupati Cirebon.

Pembangunan Alun-Alun Kejaksan merupakan hibah dari Provinsi Jawa Barat. Alun-alun Kejaksan mengakulturasikan model dari kearifan lokal dengan modern.

Penataan Aun-alun Kejaksan juga mengimplementasikan dari visi Kota Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah. Sehingga, menyediakan ruang publik yang mempunyai banyak fungsi.

Loading...

“Disini ada fungsi lapangan upacara, lapangan olahraga, ruang terbuka hijau, fungsi memajukan UMKM, micro library, hingga memorial yang menceritakan bagaimana sejarah tugu proklamasi,” ujar Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi.

BACA YUK:  Kasus Kecelakaan Perlintasan Sebidang di Daop 3 Cirebon Alami Penurunan

Selain itu, terdapat gerbang utama yang mencerminkan candi bentar yang menyatu dengan Masjid Raya At-Taqwa. Kemudian ada basement sebagai sarana parkir, toilet dan ada juga taman bermain untuk anak-anak.

“Kami harapkan ini menjadi sebuah ruang publik kepada masyarakat. Kami memohon masyarakat bisa sama-sama menjaga supaya alun-alun ini semakin baik,” ungkapnya.

Mengenai pengelolaan Alun-alun Kejaksan, kata Agus, berada di Sekretariat Daerah. Namun ke depan, akan dibentuk satgas (satuan tugas) gabungan dari perangkat daerah untuk mengelola Alun-alun Kejaksan agar tetap terpelihara.

Selain itu, pengoperasian BRT Trans Cirebon, tambah Agus, akan melewati dua koridor. Koridor satu berada di dalam Kota Cirebon dan koridor dua melintas wilayah Kabupaten Cirebon.

“Ini menjadi bagian dari komitmen untuk bisa mewujudkan Cirebon Metropolitan. Mudah-mudahan koridor-koridor selanjutnya bisa kita kembangkan dengan kemitraan dan kerja sama antar daerah,” jelasnya.

Fasilitas yang terdapat di BRT Trans Cirebon, kata Agus, terdapat WiFi termasuk juga CCTV yang dapat memantau kegiatan di dalam bus. Karena masih dalam kondisi Pandemi, protokol kesehatan tetap menjadi prioritas dalam pelayanan publik.

BACA YUK:  Kasus Kecelakaan Perlintasan Sebidang di Daop 3 Cirebon Alami Penurunan

“Kapasitas di dalam bus tetap dibatasi sesuai ketentuan maksimum 50 persen, dilengkapi pengecekan suhu dan hand sanitizer. Dalam pelaksanaan Trans Cirebon ini akan mengoptimalkan pembayaran secara digital,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan Alun-alun kejaksaan saat ini baru soft launching. Rencananya grand opening akan dilakukan sehabis lebaran.

“Rencana Grand Opening akan dilakukan sehabis lebaran bersama dengan Gubernur Jawa Barat. Karena saat ini masih ada gerai-gerai yang belum dibuka,” ujar Eti.

Eti melihat, pada soft opening warga masyarakat Cirebon begitu sangat antusias. Banyak yang selfie di Alun-alun kejaksan.

“Mudah-mudahan ini menjadi icon Kota Cirebon dengan Candi Bentarnya. Dan tadi juga Perpustakaan Nasional akan memfasilitasi Micro Library yang ada di Alun-alun Kejaksan dengan penambahan pojok baca digital,” kata Eti. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

2 Kota Sekaligus! FIFGroup Fest Beri Kejuatan Promo di Samarinda dan Balikpapan

Samarinda,- FIFGROUP FEST kembali hadirkan event promo pertamanya di bulan Oktober dengan menyambangi 2 kota sekaligus, yaitu Kota Samarinda...

Musyawarah Nasional IMA Tetapkan Suparno Djasmin Sebagai President IMA Periode 2021-2023

Jakarta,- Seiring dengan berakhirnya masa bakti kepengurusan Indonesia Marketing Association (IMA) periode 2019-2021, presidium IMA menggelar Musyawarah Nasional (Munas) 2021. Munas yang diselenggarakan tiap...

Sampaikan Aspirasi, Warga Cucimanah Kota Cirebon Dapat Bantuan Kursi Roda dan Tongkat

Cirebon,- Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati memberikan bantuan kursi roda dan tongkat kepada warga Cucimanah Kelurahan Jagasatru, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Sabtu (16/10/2021). Bantuan...

Warga RW 04 Surapandan Keluhkan Infrastruktur ke Wakil Ketua DPRD

Cirebon,- Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M. Handarujati Kalamullah S.Sos melakukan kegiatan reses di RW 04 Surapandan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jumat (15/10/2021). Kegiatan reses...

More Articles Like This