Minggu, 26 Januari 2020

Akselerasi Perkembangan Ekosistem IoT Indonesia, Telkomsel Innovation Center Gelar Innovate 2019

Populer

Geger Penemuan Mayat Wanita Tanpa Busana di Jalan Wiratama Cirebon

Cirebon,- Mayat wanita tanpa busana ditemukan warga di Jalan Wiratama, Kecematana Kedawung, Kabupaten Cirebon, Minggu (19/1/2020) siang. Warga yang pertama...

Dua Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Jalan Raya Pantura Gebang

Cirebon,- Kecelakaan Lalulintas terjadi di Jalan Raya Pantura Gebang Kulon, tepatnya di depan SPBU Gebang Kulon, Desa Gebang Kulon,...

Asyiknya Berwisata di Grand Maerakaca Semarang

Semarang,- Waktu tempuh dari Cirebon ke Semarang semakin cepat, baik menggunakan kereta api maupun menggunakan kendaraan mobil yang memakan...

Miliki Keahlian Karate, Perampok Ini Minta Ampun Kepada Korban

Cirebon,- Seorang perampok menyatroni rumah anggota Polisi Polda Jawa Barat di Dusun I, Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon,...

Gandeng Pihak Ketiga, Bus Rapid Transit Siap Beroperasi di Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon sudah menemukan format untuk pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Cirebon.Wali Kota Cirebon,...

Jakarta,- Telkomsel sebagai digital telco company terus bergerak maju mengembangkan ekosistem digital, untuk meningkatkan daya saing global Indonesia di era Industry 4.0.

Melalui wadah riset dan pengembangan start-up internet of things (IoT), Telkomsel Innovation Center (TINC), Telkomsel menggelar hackathon Innovate 2019 yang diikuti oleh kalangan akademisi, profesional dan start-up Indonesia.

Ajang kompetisi ini menantang para pesertanya untuk menghadirkan solusi inovatif berbasis IoT bagi industri di berbagai bidang.

1. Membangun Talenta Indonesia

Loading...

Vice President Technology and System Telkomsel, Indra Mardiatna mengungkapkan

Fenomena disrupsi digital membuka peluang hadirnya berbagai bisnis baru yang  juga perlu didukung oleh sumber daya manusia yang adaptif, produktif dan kompetitif. Mendukung visi pemerintah dalam pembangunan talenta Indonesia, Innovate 2019 tidak hanya bertujuan untuk melesatkan kapasitas talenta inovator Indonesia tapi juga menjembatani kolaborasi  antara pemerintah, pelaku industri, serta komunitas start-up untuk mendorong terciptanya lebih banyak inovasi berbasis IoT yang tepat guna di Indonesia.

Menurutnya, Kolaborasi merupakan kunci utama dalam menghadirkan solusi inovatif yang  efisien, yang dapat diterapkan secara berkelanjutan di berbagai wilayah Indonesia untuk mendukung Industry 4.0.

“Pada akhirnya kami harap upaya kami dalam mengakselerasi perkembangan start-up dan ekosistem IoT di Tanah Air, dapat memberikan kotribusi nyata pada kemajuan indsutri Tanah Air”, ujar Indra dalam siaran pers yang diterima About Cirebon, Jumat (26/7/2019).

2. Dukung Industry 4.0

Lanjut Indra, Gelaran Innovate 2019 merupakan hasil kerjasama TINC dengan Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan terdiri dari kegiatan Roadshow & Hack Day.

Rangkaian roadshow telah diadakan  di beberapa kota dengan menghadirkan sesi workshop dengan mengangkat tema yang berkaitan dengan pengembangan solusi digital untuk mendukung Industry 4.0 di Indonesia yaitu Artificial Intelligence & Machine Learning di Jakarta (08/05), Industrial IoT di Bandung (22/05), Big Data di Jogjakarta (19/06) dan Supply Chain di Surabaya (25/06).

Dalam setiap workshop, sejumlah perwakilan dari pelaku industri, pemerintah dan TINC bersama peserta kompetisi terpilih mengkaji insight peta kondisi industri tanah air, kendala yang terjadi, serta solusi-solusi yang dapat dikembangkan untuk kemajuan industri di Indonesia.

Sedangkan pada acara puncak Hack Day  pada tanggal 23-24 Juli 2019 di Jakarta, sebanyak 37 tim yang terpilih selama roadshow ditantang untuk menghadirkan solusi IoT di bidang perindustrian dalam waktu 24 jam.

“Solusi tersebut harus dapat menjawab permasalahan di industri yang meliputi unsur pemantauan indikator keselamatan kerja serta  efisiensi energi dan optimalisasi produktivitas jalur produksi dengan mengadopsi teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) Telkomsel,” ungkapnya.

“Teknologi NB-IoT tersebut merupakan teknologi telekomunikasi yang dirancang secara khusus sehingga mampu menghasilkan kapasitas koneksi yang masif dengan penggunaan daya yang efisien,” imbuh Indra.

3. Tim Terbaik Innovate 2019

Berdasarkan penilaian tim juri pada Hack Day, akhirnya terpilih tiga tim pemenang yaitu ‪Manpro.id, Tuni ‬dan Traffobit.

‪Manpro.id  memiliki fokus solusi pada penyediaan layanan project management software, dengan memanfaatkan IoT untuk efisiensi kebutuhan operasional alat produksi alat-alat berat melalui pencatatan waktu/timesheet operator yang dilakukan secara realtime.‬

‪Selanjutnya, Tuni mengadopsi NB-IoT dengan menghadirkan solusi untuk memonitor kondisi lingkungan sehingga dapat mengurangi resiko kerugian produksi saat proses pembakaran pada industri tambang batu bara.‬

‪Sedangkan Traffobit memanfaatkan teknologi NB-IoT untuk  memonitor dan menganalisa parameter energi pada trafo distribusi listrik agar dapat mendeteksi kondisi abnormal dan maksimalisasi efisiensi daya.‬

Tiga tim pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa dana pengembangan dan kesempatan untuk mengikuti program inkubasi TINC yang dapat mengakselerasi perkembangan bisnis dari solusi yang telah diciptakan, termasuk pemanfaatan fasilitas  IoT Lab Telkomsel.

“Selamat kepada ‪Manpro.id‬, Tuni dan Traffobit yang telah terpilih sebagai inovator terbaik Innovate 2019. Kami harap ketiganya mampu menginspirasi lebih banyak developer lokal  untuk terus bergerak maju menghadirkan solusi inovatif yang tepat guna”, ujar Indra.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Innovate 2019 sekaligus CEO Telkomsel Mitra Inovasi, Andi Kristianto menambahkan Rangkaian program hackaton dan inkubasi Innovate 2019 ini juga menjadi wadah awal untuk pergerakan kemajuan start-up lokal Indonesia, dimana para developer dan start-up dapat membangun solusi-solusi yang lebih sesuai dengan kondisi industri Indonesia, dengan memanfaatkan akses pada ekosistem IoT, aset dan kompetensi Telkomsel.

“Diharapkan potensi kerja sama ini secara sinergis dapat mengakselerasi kapabilitas digital Indonesia, yang akhirnya dapat memunculkan startup-startup yang memberi solusi efektif untuk  pelanggan dan menarik untuk investor,” harapnya.

4. Telkomsel Innovation Center (TINC)

TINC sendiri, kata Andi, merupakan wadah riset dan pengembangan inovasi dan inkubasi start-up kategori pre-series, dimana para developer dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti penyedia teknologi, akademisi, korporasi, maupun regulator dalam pengembangan berbagai solusi digital terutama IoT.

Selain memberikan network access dari Telkomsel, TINC juga membantu startup untuk meningkatkan kapabilitas teknis produk hingga mengeksekusi strategi go-to-market dengan memanfaatkan berbagai aset seperti mentoring, market akses dan program inkubasi bersama expertise di bidang IoT, Artificial Intelligent, Machine Learning, dan Big Data, serta fasilitas IoT Lab  Telkomsel yang disediakan khusus bagi inovator untuk pengembangan DNA (Device-Network-Application), salah satunya dengan pemanfaatan konektivitas NB-IoT dan uji coba produk IoT yang mereka kembangkan.

“Setelah satu tahun berjalan, kolaborasi bersama para inovator  yang berada di bawah naungan TINC telah menghasilkan berbagai solusi bisnis berbasis NB-IoT (Narrowband Internet of Things) antara lain bike sharing NB-IoT, automatic fish feeder pada aqua culture solution bagi petani dan petambak di berbagai daerah di Indonesia hasil kolaborasi bersama eFishery, smart bin waste management system bersama Danone dan Alfa Mart, dan Innovasi agriculture,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ulang Tahun ke-25, ACE Hadirkan Program 25 Years Anniversary di Seluruh Indonesia

Jakarta,- ACE, pusat kebutuhan rumah tangga dan gaya hidup terlengkap di Indonesia menyelenggarakan program 25 Years Anniversary yang berlangsung...

NU-JEK Resmi Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Kini warga Cirebon mempunyai pilihan lagi saat hendak menggunakan transportasi online. Pasalnya, di Kota Cirebon kini telah hadir platform aplikasi terbaru yakni NU-JEK...

Vinotel Cirebon Optimis, Kunjungan Wisatawan di Tahun 2020 Meningkat

Cirebon,- Pelaku industri pariwisata di Kota Cirebon melihat prospek Cirebon kedepan masih cukup bagus. Apalagi ditunjang dengan akses jalan yang semakin mudah untuk ke...

Tekan Angka Malnutrisi, FFI Berikan Edukasi dan Sosialisasi Gizi #IndonesiaSIAP di Cirebon

Cirebon,- Frisian Flag Indonesia (FFI) sebagai produsen produk bernutrisi di Indonesia menggelar kegiatan edukasi dan sosialisasi gizi yang berlangsung di GOR Pesantren Kempek Cirebon,...

Akibat Hujan Disertai Angin, Rumah di Kejuden Cirebon Ambruk

Cirebon,- Akibat hujan disertai angin kencang, tiga rumah di Perumahan Taman Pelangi, Desa Kejuden, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, ambruk, Jumat (24/1/2020). Wakil Komandan Operasi Badan...

More Articles Like This