Akibat Banjir Jakarta, Sejumlah Perjalanan Kereta di Daop 3 Cirebon Alami Keterlambatan
Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna jasa kereta api jarak jauh (KA Intercity) yang disebabkan genangan air yang terjadi di sejumlah jalur wilayah Daop 1 Jakarta, Selasa (25/2/2020).
Akibat genangan tersebut, sejumlah jalur di Wilayah Daop 1 Jakarta terendam banjir akibat cuaca buruk, sehingga beberapa prasarana jalur rel tidak dapat dilalui.
Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arief mengatakan perjalanan kereta api jarak jauh, baik yang berangkat ataupun yang melintas di Daop 3 Cirebon mengalami keterlambatan akibat banjir yang terjadi di Daop 1 Jakarta.
“Atas keterlambatan tersebut, PT KAI telah menginformasikan kepada penumpang, bahwa penumpang mempunyai hak untuk membatalkan tiket apabila keterlambatan tersebut mencapai 60 menit,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Stasiun Cirebon Kejaksan, Selasa (25/2/2020).
“Kami juga memberikan service recovery kepada penumpang yang keretanya mengalami keterlambatan diatas 3 jam atau lebih,” tambahnya.
Lanjut Luqman, sampai pukul 11.00 WIB ada tiga keberangkatan perjalanan kereta api jarak jauh yang mengalami keterlambatan diatas tiga jam yang melewati stasiun Cirebon.
“Tiga kereta ini yakni Kutojaya (PS Senen-Kutoarjo), Argo Dwipangga (Gambir-Solo), dan Fajar Utama (PS Senen-Yogyakarta),” terangnya.
Sedangkan, tambah Luqman, ada 12 perjalan kereta api yang mengalami keterlambataan antara 30 menit sampai dengan dua jam.
“PT KAI Daop 3 Cirebon juga memperkenankan para pengguna jasa yang terdampak gangguan diatas 60 menit untuk dapat melakukan pembatalan perjalanan dengan pengembalian bea 100 persen sesuai harga tiket,” bebernya.
“Bila penumpang ingin melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api, kami memberikan service recovery tergantung keterlambatan kereta yang mereka naiki,” imbuhnya.
Untuk mengantisipasi imbas banjir di Jakarta, kata Luqman, semua unit di Daop 3 Cirebon sigap siaga dan terus berkoordinasi agar perjalanan kereta api normal kembali.
“Kami PT KAI terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa kereta api. Dan kami memprioritaskan keselamatan perjalanan kereta api,” tandasnya. (AC212)