Adaptasi Kemajuan Teknologi, Baznas Rambah Dunia Metaverse di Bulan Ramadan

Jakarta,- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan menggunakan metaverse untuk melayani pembayaran zakat, infak dan sedekah pada bulan Ramadan 2022 mendatang.

Ketua Bazna RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA mengatakan nantinya muzaki akan diajak menyelami pengalaman baru dalam berinteraksi dengan petugas layanan, khususnya dalam berkonsultasi terkait zakat dan kemudahan pembayaran ZIS di Baznas.

Diketahui konsep ini menjadi pertanda kemajuan pesat teknologi digital saat ini di Indonesia. Oleh sebab itu, Baznas berusaha selalu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dengan memanfaatkannya.

BACA YUK:  Mudik Idul Fitri 1443H, Smartfren Tingkatkan Kualitas Jaringan dan Hadirkan Promo Terbaru

“Baznas selalu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, salah satunya dalam memanfaatkan teknologi baru, yakni dunia metaverse,” kata Noor dalam keterangan resmi, Kamis (10/03/2022).

Sementara itu, Zakat Metaverse sendiri akan diluncurkan menjelang bulan Ramadan 2022 yang diharapkan mampu memberikan manfaat dalam melayani zakat seperti edukasi zakat atau kampanye gerakan zakat, serta konter Zakat Metaverse.

Adapun langkah ini merupakan upaya lain dari Baznas dalam memanfaatkan dunia digital untuk mengampanyekan dan mendorong peningkatan penghimpunan zakat, infak, dan sedekah.

“Sejak 2016, Baznas telah melakukan upaya digitalisasi yang terus dikembangkan menjadi transformasi digital secara menyeluruh dari semua proses kerja Baznas. Baznas selalu berusaha memberi kemudahan kepada masyarakat untuk menebar kebaikan,” ujar Noor.

BACA YUK:  Yuk, Cari Tahu Manfaat Internet Selama Bulan Ramadan

Diketahui, Baznas telah berkolaborasi dengan lebih dari 80 mitra platform digital, yang terdiri atas beragam peran, antara lain sebagai fasilitas payment gateway, crowdfunding, e-commerce, penyediaan QRIS untuk ZIS, dan penyedia teknologi chatbot ataupun teknologi Augmented Reality (AR). Selama masa pandemi Covid-19 Baznas mendongkrak adanya digitalisasi zakat untuk menghentikan penularan virus corona. Upaya ini membuahkan hasil peningkatan ZIS, sebab sejumlah pihak yang telah mendukung proses digitalisasi zakat Baznas. (ABOUTSEMARANG)

(Dilihat: 40 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.