Ada 11 Kegiatan Selama Bulan Ramadan di Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon, ini Rinciannya

Cirebon,- Selama bulan Ramadan, Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon menghadirkan berbagai kegiatan. Kepanitiaan kegiatan selama Ramadan yang sudah puluhan tahun berkiprah di Masjid Raya At Taqwa memiliki branding Semarak Ramadan Penuh Hikmah (SRPH).

Ketua At Taqwa Center Kota Cirebon, Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag mengatakan kepanitiaan Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon yang sudah ada puluhan tahun dengan branding SRPH yang memiliki 11 kegiatan.

“Pada kegiatan Ramadan 1443 H ini, hampir sama kegiatan sebelum pandemi COVID-19. Tetapi dengan protokol kesehatan, dengan dasar Surat Edaran (SE) Kementerian Agama Nomor 8 tahun 2022 tentang tata cara peribadatan di bulan Ramadan,” ujar Yani, Selasa (5/4/2022).

BACA YUK:  Pentingnya Pendidikan Berbasis Kompetensi Pada Peserta Didik Bintara Polri

“Hampir semuanya boleh di SE ini, tetapi dengan protokol kesehatan,” tambahnya.

Kegiatan yang diperbolehkan dan menggunakan protokol kesehatan, Yani menjelaskan, yakni kegiatan tarhib Ramadan atau pencerahan dengan bab puasa. Kemudian, malamnya langsung dilaksanakan tarawih.

“Tarawih ini kembali ke dua tahun lalu, satu malam satu juz. Ini adalah tahun ke sepuluh Masjid Raya At-Taqwa melaksanakan tarawih satu malam satu juz,” ungkap Yani.

Setelah Tarawih kegiatan lainnya di Masjid Raya At-Taqwa yaitu Tadarus Alquran. Kegiatan tadarus dipimpin oleh santri tahfiz At Taqwa. Selanjutnya, kegiatan kuliah subuh.

BACA YUK:  Raih Opini WTP 8 Kali Berturut-turut, Pemda Kota Cirebon Dapat Catatan dari BPK RI

“Kegiatan ada kuliah subuh dan itu rutin. Walaupun tidak Ramadan, At Taqwa memiliki kuliah subuh. Tema-tema nya menarik dengan narasumber yang bervariasi,” katanya.

Menjelang berbuka puasa, kegiatan rutin selama Ramadan di Masjid Raya At Taqwa ada ceramah menjelang berbuka. Acara tersebut akan disiarkan secara live streaming. Setiap harinya, kata Yani, menyediakan 500 paket takjil gratis.

Setelah itu, ada kegiatan seminar Ramadan, pihaknya akan mendatangkan kesehatan mental. Karena, kata Yani, setelah Pandemi COVID-19 banyak orang yang stress, baik itu perusahaan maupun individu.

BACA YUK:  Pemdes dan Karang Taruna Desa Cirebon Girang Berbagi Takjil kepada Masyarakat

Tak sampai situ, kegiatan lainnya di Masjid Raya At Taqwa akan diselenggarakan Nuzul Quran bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon. Kegiatan tersebut rencananya akan diselenggarakan pada 17 April 2022.

Setelah Nuzul Quran, akan memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadan, kegiatan itikaf dan qiyamul lail bersama dengan Buya Yahya. Masjid Raya At Taqwa juga akan menyiapkan makan sahur semampunya selama 10 hari terakhir.

“Setelah itu ada pengelolaan zakat, infaq, sodaqoh, wakaf melalui Lazizwa dan di akhiri dengan salat berjamah Idulfitri,” tandasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *