ACT Cabang Cirebon dan LMA Berangkatkan Bantuan dan Relawan ke Gunung Semeru

Cirebon,- Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Cirebon bersama Laskar Macan Ali (LMA) memberangkatkan bantuan kemanusiaan dari Dermawan di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru.

Pemberangkatan bantuan dan relawan dilepas langsung oleh Kapolres Cirebon Kota, AKBP. Fahri Siregar di depan Keraton Kasepuhan Cirebon, Rabu (15/12/2021). Ada 15 relawan yang akan membantu penanganan bencana selama 7 hari ke depan.

Kepala Cabang ACT Cirebon, Mega Fathir mengatakan bantuan yang dikirim untuk bencana erupsi Gunung Semeru ada 20 item bantuan. Namun, lanjut Mega, secara mayoritas bantuan yang paling dominan yakni setup alat dapur umum.

BACA YUK:  Stok Beras di Kabupaten Cirebon Aman Jelang Idul Adha

“Kami mulai bertahap memberdayakan masyarakat menyediakan dapur umum masing-masing. Jadi nanti kita setup lokasi-lokasi dapur umum yang ada di daerah pengungsian. Sehingga mereka bertahap bisa memenuhi kebutuhan makanan sendiri,” ujar Mega.

Kedua, tambah Mega, bantuan yang dikirim berupa alat-alat permainan anak untuk keperluan trauma healing. Mulai dari perosotan, mandi bola, kuda-kudaan, alat mewarnai dan lain sebagainya.

“Sebagian lagi bantuan material. Kita akan mulai bangun shelter-shelter sementara untuk pengungsi yang sampai saat ini masih di tenda-tenda pengungsian. Selebihnya ada makanan, obat-obatan, diapers, hingga baju baru,” tandasnya.

BACA YUK:  49 Kafilah Kabupaten Cirebon Siap Ikuti MTQ Tingkat Jabar

Sementara itu, Prabu Diaz, Panglima LMA yang ikut menjadi relawan menambahkan bantuan yang dikirim untuk masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru berupa satu truk logistik dan alat kesehatan, serta satu mobil ambulan.

“Kita berangkat membawa 15 personil untuk menggantikan 45 personil yang sudah ada di sana selama 10 hari. Rencana paling lambat kita ada di sana selama 7 hari,” ujarnya.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar mengatakan bantuan-bantuan yang diberangkatkan berasal dari masyarakat Ciayumajakuning. Nantinya, bantuan ini akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam erupsi Gunung Semeru.

BACA YUK:  DPPPAPPKB Kota Cirebon Bentuk Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak yang Tersebar di Seluruh Kecamatan

“Bantuan-bantuan ini berupa uang cash dan juga bantuan logistik, termasuk obat-obatan, pakaian baru, sembako. Ini semua sudah diberangkatkan dan dikawal oleh kawan-kawan komunitas yang ada di Cirebon,” pungkasnya. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *