Acep: Festival Sepeda Onthel Nusantara Sekaligus Memperkenalkan Budaya Cirebon

Cirebon, 1 November 2014,- Komunitas Sepeda Tua Indonesia atau KOSTI, hari ini Sabtu (01/11/2014) sampai esok mengadakan Festival Sepeda Onthel Nusantara (FSON) ke-4. Acara yang bertempat di Gedung Negara Jalan Silwiangi Kota Cirebon itu diikuti sekitar lebih dari lima ribu peserta seluruh nusantara.

 

Tak hanya memamerkan berbagai macam sepeda onthel, dalam acara tersebut juga terdapat pasar klitikan yang menjual onderdil sepeda tua, lalu ada juga kuliner dan kesenian khas Cirebon.

 

Peresmian FSON yang dibuka oleh Bapak Walikota Cirebon itu akan menampilkan hiburan kesenian khas daerah Cirebon seperti tari topeng dan sintren, akrobat, lalu ditutup dengan kesenian yang sudah langka yaitu tayuban.

BACA YUK:  Tomat Tour Tawarkan Paket Wisata Liburan Seru ke Bali Hanya 2 Juta Selama 3 Hari

 

” Malem ini ada acara gowes religi, rolling ke makam gunung jati terus ziarah disana berdoa bersama. Tapi, saat gowes religi, disini kita puter film sejarah cirebon, dan perjuangan rakyat indonesia.” ucap Acep Surya, Ketua KOSTI sekaligus Ketua Panitia acara FSON ke-4.

 

Untuk acara esok pagi, peserta FSON akan mengikuti gowes bareng keliling Cirebon melalui tempat-tempat yang mengandung sejarah. Rute yang akan dilalui yaitu Jalan Diponegoro Taman Makam Pahlawan, Jalan Samadikun, Pelabuhan Cirebon, Jalan Yos Sudarso, Jalan Pulasaren, Jalan Nyi Mas Gandasari, Jalan Sukalila, Jalan Siliwangi, masuk ke dalam Balaikota Cirebon dan terakhir kembali ke Gedung Negara Cirebon. 

BACA YUK:  Pengunjung Membludak, Wisata Bahari Pantai Kejawanan Ditutup Kembali Selama 2 Hari

 

” Tujuan KOSTI mengadakan seperti ini nih, pertama mempertahankan NKRI karena kita kan acara se-nusantara terus, kedua sebagai silaturahmi dan sekaligus melestarikan sepeda tua agar tidak punah dimakan jaman.” lanjut Acep. (AC530)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *