AboutCirebon Talk Edisi ke-2 Hadirkan Inspirator Muda Seorang Pengusaha Jangkrik dan Pegiat Lingkungan

0
39

Cirebon,- Setelah sukses menggelar program About Cirebon Talk yang pertama pada tanggal 24 November 2018 lalu, dengan menghadirkan inspirator muda asal Cirebon yakni pemilik Roti Bakar W.O.W Sapta Dwi Atmojo.

Kali ini, About Cirebon kembali menggelar program About Cirebon Talk edisi ke-2 dengan menghadirkan dua inspirator muda juga yang berlangsung di G-Work Grage City Mall, Jalan Jend. A. Yani, Kota Cirebon, Sabtu (8/13/2018).

Inspirator Bambang Setiawan
Aston Hotel

Dua inspirator muda itu yakni Shapira Setiawan Founder Youth Action Cirebon dan Bambang Setiawan Owner Trust Jaya Jangkrik.

Sesi pertama program About Cirebon Talk diawali oleh inspiratos Bambang Setiawan, dirinya menceritakan bisnis jangkriknya yang sudah berjalan sekitar 8 tahun.

Inspirator Shapira Setiawan

Bambang menceritakan sebelum menekuni usaha jangkrik, dirinya sempat mengeluti usaha catering saat masih kuliah di ITB Bandung.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

“Awalnya saya menggeluti usaha, sempat dimarahi sama orang tua, karena kan awalnya lebih ke akademik,” ujarnya.

Singkat cerita, setelah menjelang lulus kuliah ada keinginan pulang ke kampung halaman di Cirebon. Saat itu banyak tetangga yang tidak punya pekerjaan karena industri rotan yang menurun.

“Saya pulang ke kampung, dengan harapan bisa membuka lapangan pekerjaan. Kemudian mencoba merintis bisnis jangkrik,” imbuhnya.

Setelah menjalankan bisnis jangkrik selama 8 tahun, Bambang terus mengembangkan usaha jangkrik dengan membuat cemilan dari bahan dasar jangkrik.

“Hingga saat ini, saya sudah punya 30 karyawan dan mitra sekitar 100,” terangnya.

“Yang penting, dalam usaha itu kita harus produktif, punya differensiasi, dan fokus,” imbuhnya.

Sementara itu, saat sesi kedua yang diisi oleh Shapira Setiawan Founder Youth Action Cirebon mengaku pernah ditolak oleh beberapa komunitas untuk bergabung, dengan alasan umur.

“Saat itu banyak komunitas yang menolak saya ketika ingin bergabung karena masalah umur, namun saya coba kembali dan akhirnya diterima oleh salah satu komunitas di Jakarta,” ujarnya.

Ara sapaan akrabnya menceritakan awalnya membuat komunitas Youth Action Cirebon ini, karena dirinya suka hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan seperti sampah, anak kecil, dan sustainable product.

Siswa SMA Negeri 2 Kota Cirebon ini mengaku membuat komunitas sendiri karena ingin menunjukkan kepada komunitas yang menolaknya, bahwa umur yang masih kecil ini bisa berbuat dan peduli terhadap lingkungan.

“Youth Action Cirebon fokus merupakan wadah berkreativitas muda-mudi Cirebon untuk mencintai Kota Cirebon dengan sadar lingkungan dan menciptakan suasana yang nyaman,” terangnya.

Sekedar diketahui, program About Cirebon Talk merupakan program untuk mengangkat inspirator yang ada di Cirebon dan sekitarnya.

Bukan hanya seorang pengusaha yang sukses, tetapi orang di sekitar kita yang bisa menginspirasi banyak orang.

Program About Cirebon Talk edisi ketiga akan berlangsung pada tanggal 22 Desember 2018 bertempat di G-Work Grage City Mall. (AC212)