4 Jajanan Khas Indramayu yang Cocok untuk Oleh-oleh

Cirebon,- Indramayu terkenal dengan buah mangganya yang besar dan rasanya manis. Mangga khas Indramayu ini banyak dijadikan bahan utama untuk berbagai olahan seperti makanan dan minuman. Makanan olahan dari mangga wajib untuk kalian coba jika berkunjung ke Indramayu.

Selain mangga, Indramayu juga terkenal dengan olahan hasil laut yang menjadi makanan khas dari daerah ini. Namun tidak hanya itu, Indramayu memiliki banyak kuliner khas yang enak dan bisa dijadikan oleh-oleh.

Berikut ini 4 Rekomendasi jajanan khas Indramayu yang bisa dijadikan oleh-oleh:

1. Dodol Mangga
Dikenal sebagai penghasil buah mangganya, Indramayu juga memiliki banyak makanan atau olahan dari buah mangga. Salah satunya adalah dodol mangga. Bahan-bahannya tidak berbeda dengan dodol pada umumnya. Namun yang khas adalah tambahan buah mangga Indramayu.

BACA YUK:  Partai Demokrat Jabar Umumkan Hasil Muscab Serentak

Dodol buah ini memiliki rasa legit dan segar. Dodol memiliki daya tahan yang cukup baik dan dapat disimpan hingga berhari-hari. Dodol mangga Indramayu ini banyak dijual di toko oleh-oleh atau di pasar dengan harga Rp 6.000-10.000/bungkus.

2. Dodol Raragudig
Dodol Raragudig menjadi salah satu jajanan populer dari Indramayu. Beberapa tempat usaha rumahan ada yang masih memproduksi jenis dodol yang satu ini. Dodol Raragudig banyak dijual dengan harga mulai dari Rp. 18.000/bungkus. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Indramayu.

3. Kerupuk kulit ikan
Kerupuk yang terbuat dari kulit ikan ini sangat terkenal di Indramayu. Kulit ikan yang sudah dibersihkan digoreng dengan adonan yang sudah dicampur bumbu. Rasanya enak dan sangat gurih apalagi untuk proses penggorengan kerupuk yang dilakukan dengan bara api langsung.

BACA YUK:  Nikmati Sambel Setan di Dukupuntang yang Bikin Berkeringat

Proses pembuatan kerupuk kulit ikan yang masih tradisional membuat rasanya lebih lezat. Kerupuk kulit ikan dibuat tanpa bahan pengawet namun dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Harga untuk setiap bungkus kerupuk khas Indramayu ini mulai dari Rp. 10.000 saja.

Jika kalian berpikir bahwa rasa yang dimiliki kerupuk kulit ikan ini hampir sama dengan ikan asin, kalian salah. Karena kerupuk kulit ikan ini menggunakan kulit ikan saja sehingga daging ikan dipisahkan terlebih dahulu.

4. Sirup mangga
Tidak hanya dodol, mangga Indramayu juga bisa untuk minuman olahan sirup mangga. Sirup pelem atau sirup mangga khas Indramayu ini terbuat dari buah mangga manis seperti Gedong Gincu. Jenis mangga Gedong Gincu ini yang banyak dijumpai di wilayah Indramayu.

BACA YUK:  Info Loker : Kana Studio

Cara membuat sirup mangga ini sebenarnya cukup mudah. Mangga segar dikupas terlebih dulu dan kemudian dihaluskan. Mangga yang sudah halus dicampur dengan gula dan air untuk diolah menjadi sirup mangga. Sirup akan dikemas dengan botol kaca berukuran sedang. Setiap botol sirup mangga khas Indramayu ini dijual dengan harga Rp 20.000 perbotol dan mudah ditemukan baik di pusat oleh-oleh atapun pasar tradisional. (Muhammad Nur Al-isro)

(Dilihat: 42 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.