36 Peserta Ikuti Proses CAT untuk Pengawas Kecamatan di Kota Cirebon

Cirebon,- Setelah melewati proses pendaftaran calon anggota panitia pengawas kecamatan atau Panwascam untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 beberapa waktu lalu.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cirebon menggelar Computer Assisted Test (CAT) dan jawaban essay, Selasa (14/5/2024).

Pelaksanaan tes yang berlangsung di ruang lab STMIK IKMI Kota Cirebon, Jalan Majasem, Kota Cirebon, diikuti sebanyak 36 peserta seleksi.

Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Devi Siti Sihatul Afiah mengatakan saat ini Bawaslu Kota Cirebon sedang berproses pada tahapan rekrutmen ad hoc.

BACA YUK:  Edarkan Obat Keras Terbatas, 2 Pelaku Diamankan Satresnarkoba Polresta Cirebon

Sebelumnya, lanjut Devi, sudah berjalan mulai dari pengumunan, penerimaan berkas, dan saat ini pelaksanaan CAT.

“Untuk pendaftar yang mengikuti seleksi ada 37 peserta. Namun, yang mengikuti CAT hari ini ada 36 peserta, karena 1 peserta mengkonfirmasi tidak bisa mengikuti,” ujar Devi saat ditemui About Cirebon, Selasa (14/5/2024).

Devi menjelaskan, rekrutmen tersebut untuk mengisi pengawas di 4 kecamatan yakni Kecamatan Kesambi, Harjamukti, Pekalipan, dan Lemahwungkuk.

Sebelum proses tersebut, kata Devi, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan mekanisme evaluasi, sebagaimana ketentuan dari Bawaslu Republik Indonesia.

BACA YUK:  Pj Wali Kota Hadiri Rapat Koordinasi Kepala Daerah se-Jawa Barat Tahun 2024

“Dari hasil evaluasi, ada 6 posisi yang akan diisi melalui mekanisme seleksi secara terbuka. Untuk Kecamatan Harjamukti ada 2 posisi, Kesambi 1 posisi, Pekalipan 2 posisi, dan Kecamatan Lemahwungkuk ada 1 posisi,” jelasnya.

“Untuk Kecamatan Kejaksan, ketika kami melakukan evaluasi terhadap ad hoc, secara penilaian terpenuhi untuk melanjutkan sebagai ad hoc,” tambahnya.

Setelah mengikuti CAT, kata Devi, dari 36 peserta yang lolos akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tes wawancara yang akan diselenggarakan pada tanggal 18-20 Mei 2024. Kemudian, pada tanggal 23 Mei akan dilakukan penetapan Panwascam terpilih.

BACA YUK:  Imbas Banjir Semarang, Perjalanan KA yang Melintas di Daop 3 Cirebon Masih Terganggu

“Tanggal 24-25 Mei 2024 akan dilakukan pelantikan. 6 orang yang dilantik akan langsung bekerja melakukan pengawasan Pilkada 2024 di Kota Cirebon,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *