32 Bhikkhu Thudong Diundang Bupati Cirebon ke Pendopo

Cirebon,- 32 Bhikkhu atau Banthe yang sedang melakukan ritual Thudong dari Thailand menuju Candi Borobudur, diundang khusus oleh Bupati Cirebon, Drs. H, Imron di Penpodo atau Rumah Dinas Bupati di Jalan R.A Kartini, Kota Cirebon, Sabtu (20/5/2023).

Imron mengakui, bahwa acara di Pendopo ini tidak masuk dalam agenda perjalanan para Bhikkhu. Namun Imron mengatakan, dirinya merasa tidak menghormati, jika sebagai tuan rumah tidak mengundang para Bhikkhu untuk menjalin silaturahmi.

“Masa ada orang-orang hebat ini, kita sebagai tuan rumah tidak mengundang dan menjamunya,” ujar Imron.

BACA YUK:  Panwascam Lemahwungkuk Lantik 4 PKD, Bawaslu Kota Cirebon Minta Tingkatkan Kapasitas

Oleh karena itu, pihaknya kemudian berkoordinasi dengan pihak yang bertanggungjawab dalam perjalananan para Bhikkhu ini, untuk bisa menyempatkan hadir ke Pendopo. Imron juga menganggap, bahwa kedatangan para Bhikkhu ke Cirebon ini, sekaligus membuktikan bahwa toleransi di Indonesia masih terjaga dengan baik. Hal itu dibuktikan oleh antusiasme masyarakat yang menyambut kedatangan para biksu.

“Saya sampai terharu, melihat antusiasme masyarakat saat menyambut para Bhikkhu,” kata Imron.

Karena menurut Imron, selama ini, banyak sekali narasi-narasi di media sosial, yang menjadikan agama sebagai penyebab pemecah belah persatuan. Namun, kedatangan para Bhikkhu ini, membuktikan hal sebaliknya.

BACA YUK:  36 Peserta Ikuti Proses CAT untuk Pengawas Kecamatan di Kota Cirebon

Imron mengatakan, yang menyambut para Bhikkhu ini, bukan hanya kalangan dari agama Budha saja, namun juga banyak masyarakat muslim di Cirebon, yang ikut membantu para Bhikkhu.

“Banyak warga muslim yang menyambut. Ada yang ngasih minum dan makanan juga,” terangnya.

Hal ini, kata Imron, membuktikan bahwa toleransi masyarakat di Kabupaten Cirebon sangat tinggi. Ia berharap, kondisi ini bisa selalu terjaga dengan baik.

“Semoga tingginya toleransi ini, bisa terus terjaga dengan baik,” pungkas Imron. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *