28 Klub Basket Ikuti Kejuaraan YBA VIII Tahun 2019 di Kota Cirebon

Cirebon,- Sebanyak 28 klub mengikuti turnamen Youth Basketball Asociation (YBA) VIII tahun 2019 yang berlangsung di GOR GMC Arena Cirebon, Jalan Sutomo, Gang Melati, Kota Cirebon.

Event YBA VIII tahun 2019 akan berlangsung menjadi dua sesion, yakni sesion pertama dimulai dari tanggal 19 hingga 23 Desember 2019, kemudian dilanjut kembali pada tanggal 26-30 Desember 2019.

Ketua Pelaksana YBA VIII tahun 2019, Njoo Lie Wen mengatakan turnamen tahunan YBA tahun ini sudah kali kedelapan diselenggarakan dan pada tahun 2019 diikuti 28 klub dan akan berlangsung selama 10 hari.

“Event ini berlangsung selama 10 hari, namun dibagi menjadi dua periode. Periode pertama berlangsung tanggal 19-23 Desember 2019 dan dilanjut tanggal 26-30 Desember 2019,” ujarnya saat ditemui About Cirebon usai membuka turnamen YBA VIII 2019, Kamis (19/12/2019) malam.

Lanjut Njoo Lie Wen, peserta YBA tahun ini pihaknya mengundang tim dari Malaysia. Karena ini sesuatu yang menarik, bahwa tim dari luar mau datang ke kejuaraan yang ada di Indonesia.

BACA YUK:  Pasca Ledakan Bom di Bandung, Polres Cirebon Kota Perketat Penjagaan

“Untuk kategori yang ditandingkan tahun ini ada KU 10 Mix, KU 12 Putra Putri, KU 14 Putra Putri, KU 16 Putra Putri dan KU 18 Putra Putri,” bebernya.

Pada pertandingan YBA tahun 2019, kata Njoo Lie Wen, sistem pertandingan menggunakan sistem Live Step, data pemain bisa masuk langsung dan bisa mengetahui prestasi setiap pemain.

“Jadi, bila suatu saat ada seleknas dan peserta tidak terpanggil kita bisa melihat data statistiknya. Kalau di statistiknya oke bisa langsung kita panggil,” terangnya.

Pemenang dari Kejuaraan YBA tahun 2019, kata Njoo Lie Wen, empat tim terbaik yang lolos di YBA 2019 akan bertemu dengan tim-tim dari luar seperti Malaysia, Singapore, Filipina, dan Thailand.

Ketua Perbasi Pusat Coach Danny Kosasih (kanan) dan Ketua Pelaksana YBA VIII tahun 2019, Njoo Lie Wen (kiri).

“Mungkin empat besar terbaik di YBA 2019 akan kita buat Tim War pada pertengahan bulan Juli 2020 dengan mendatangkan tim dari luar,” terangnya.

BACA YUK:  Inilah Acara di Cirebon Hari Sabtu dan Minggu yang Seru dan Menarik

YBA ini, menurut Njoo Lie Wen, merupakan salah satu turnamen di luar dari Kejurnas antar pemprov, sebagai alternatif kedua dari Perbasi Pusat untuk memantau pemain. Sehingga lewat YBA ini kita bisa melihat potensi-potensi pemain.

Coach Danny Kosasih, selaku Ketua Perbasi Pusat menambahkan Turnament YBA ini selalu konsisten untuk diadakan setiap tahunnya, bahkan setiap tahun terus bertumbuh peserta yang datang dan perkembangan peraturan yang cukup bagus.

“Saya pikir turnamen tidak hanya ini saja, tapi bagaimana mengembangkan kedepannya, jauh lebih bagus. Karena, banyak klub yang menantikan untuk bisa bermain disini dan bisa menambah jam terbang para pemain,” ujarnya.

Bahkan, kata Danny, setiap tahunnya pendidikan di usia dini terkait bermain basket semakin meningkat sekali, mungkin faktornya banyak sekali turnament yang diselenggarakan pada bulan-bulan ini.

“Sehingga harapan paling besar, kita bisa melihat banyak anak yang kita bisa ambil sebagai bibit-bibit pemain muda,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Cirebon, Wati Musilawati sangat mengapresiasi turnamen YBA yang sudah delapan kali diselenggarakan secara konsisten.

BACA YUK:  Polres Cirebon Kota Kirimkan Bantuan dan Tenaga Konselor ke Kabupaten Cianjur

“Di Kota Cirebon dari tahun ke tahun menunjukkan satu peningkatan yang luar biasa dengan penyelenggaraan basket. Sehingga, minat para generasi muda semakin maju untuk bermain basket,” ujarnya kepada About Cirebon.

YBA VIII tahun 2019, di GOR GMC Arena Cirebon.

Banyaknya minat generasi muda akan basket, kata Wati, karena adanya GMC Arena yang memang memiliki lapangan yang sangat baik. Sehingga ketika ada penyelenggaran turnamen basket Cirebon bisa menjadi tuan rumah.

“Jadi perkembangan GMC untuk penyelenggaraan kegiatan basket ini memang harus diapresiasi, karena dengan kejuaraan ini sudah bisa terlihat dari 28 klub yang ikut bisa mendongkrak kunjungan wisatawan yang sedang digalakan oleh Kota Cirebon,” ungkapnya.

“Ini patut di acungi ucapan terima kasih kepada GMC dan jajaran Perbasi Pusat yang telah memberikan kepercayaan kepada Kota Cirebon,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan basket yang diselenggarakan oleh GMC ini dan di Prakarsai oleh Perbasi Pusat bisa terdengar lebih jauh lagi. Sehingga nanti di YBA ke sembilan bisa mendatangkan peserta lebih banyak lagi. (AC212)

https://www.instagram.com/p/B6QbLA-hk1r/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *