Senin, 17 Februari 2020

23 Universitas di Indonesia Ikuti Kompetisi Pajak Nasional 2019

Populer

Sudah 4 Hari, Anak 4 Tahun Asal Pamengkang Cirebon Masih Koma Akibat Gigitan Ular Berbisa

Cirebon,- Anak perempuan usia 4 tahun asal Desa Pamengkang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon masih tak sadarkan diri di ruang...

Begini Kronologis Bocah 4 Tahun yang Masih Koma Karena Digigit Ular

Cirebon,- Adila Oktavia bocah 4 tahun asal Desa Pamengkang, Blok Wage RT 06 RW 07 Sumur Buah, Kecamatan Mundu,...

Mulai 14 Februari 2020, Tiket Mudik Lebaran Sudah Bisa Dipesan

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menjual tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H mulai H-90 sebelum...

Suasana Haru Iringi Pemakaman Adila Bocah 4 Tahun yang Meninggal Akibat Gigitan Ular

Cirebon,- Suasana haru mengiringi pemakaman Adila Oktavia anak perempuan usai empat tahun asal Desa Pamengkang, Blok Wage RT 06...

Koma Lima Hari, Bocah 4 Tahun yang Digigit Ular Berbisa Meninggal Dunia

Cirebon,- Anak perempuan Adila Oktavia berusia 4 tahun asal Desa Pamengkan, Blok Wage RT 06 RW 07 Sumur Buah,...

Cirebon,- Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Provinsi Jawa Barat II bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Satu dan Cirebon Dua bekerja sama dengan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) menggelar Cirebon Tax Festival.

Kompetisi Pajak Nasional (KPN) 2019 dengan mengusung tema “Sadar Pajak di Era Ekonomi Digital” berlangsung di Auditorium Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan Kompetisi Pajak Nasional 2019 ini diikuti 23 universitas yang ada di Indonesia dan 20 Sekolah se-Wilayah III Cirebon.

1. Tentang Perpajakan

Loading...

Kepala Kanwil DJP Provinsi Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo mengatakan kegiatan Kompetisi Pajak Nasional merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan, dalam perlombaan ini mengenai pengetahuan tentang perpajakan.

Kepala Kanwil DJP Provinsi Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo.

“Sehingga dengan kegiatan ini peserta dapat memperoleh wawasan yang luas mengenai dunia perpajakan beserta aturan-aturannya,” ujar Yoyok usai membukan KPN 2019.

Selain itu, lanjut Yoyok, dari KPN 2019 dapat mengukur juga kemampuan peserta dalam bidang perpajakan, dan melatih softskill dalam berkomunikasi maupun berbicara di hadapan publik.

“Dan sebetulnya, mahasiswa-mahasiswa ini adalah calon wajib pajak masa depan, dan mereka tentu akan mempraktekan pengetahuan tentang perpajakan yang mereka dapatkan di kehidupan yang nyata. Sehingga, mereka bisa menjadi wajib pajak yang patuh,” ungkapnya.

Cirebon Tax Festival

2. Peduli Pajak

Menurut Yoyok, pengetahuan perpajakan yang mereka dapatkan dari kompetisi pajak nasional ini dapat juga disampaikan kepada wajib pajak.

“Dengan begitu, wajib pajak bisa makin patuh dalam membayar pajak,” terangnya.

Selain itu, tambah Yoyok, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk Praktek Kerja Lapangan di KPP Pratama Cirebon Satu mapun Cirebon Dua.

“Untuk diluar Cirebon juga bisa melakukan praktek di KPP Pratama di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan),” jelasnya.

Yoyok berharap, dengan adanya kegiatan ini semakin banyak mahasiswa yang sadar dan peduli pajak, serta dapat mempraktekan sesuai dengan tema saat ini Sadar Pajak di Era Ekonomi Digital.

3. Mendukung Sadar Pajak

Sementara itu, Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan apapun yang positif, apalagi kegiatan ini sangat signifikan dalam rangka mendukung kebijakan dan program pemerintah dalam menggalakan sadar pajak dari wajib pajak.

“Kompetisi Pajak Nasional ini merupakan satu bentuk kontribusi kami perguruan tinggi dalam rangka ikut serta mensukseskan program-program pemerintah,” ujar Mukarto.

Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo.

Kemudian, lanjut Mukarto, pada kesempatan ini, UGJ dengan Kanwil DJP Jabar II bersama KPP Pratama Cirebon Satu dan Cirebon Dua telah menjalin hubungan kerja sama yang sangat baik, intens, dan banyak sekali kegiatan dilakukan yang memiliki nilai positif bagi mahasiwa UGJ dalam rangka proses pembelajaran dan skill dibidang perpajakan.

“Sehingga sangat terbantu dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diinisiasi bersama antara mahasiswa yang aktif di bidang tax center UGJ dengan KPP Pratama,” bebernya.

Mukarto berharap, kegiatan seperti ini kedepan terus ditingkatkan dan dikembangkan. Sehingga, sinergitas antara perguruan tinggi dan kantor pajak semakin kuat dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang perpajakan. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Baso Pentol Jeletot Ambu, Cocok Untuk Para Pecinta Kuliner Pedas

Cirebon,- Bagi para pecinta pedas, tidak ada salahnya coba makanan yang satu ini. Namanya Pentol Jeletot Ambu atau baso...

Sebagai Bentuk Syukur, HUT Sindangkasih FM ke-47 Gelar Bakti Sosial dan Hadirkan Puluhan Artis Pantura Cirebon

Cirebon,- Dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-47, Radio Sindangkasih FM menggelar acara syukuran yang berlangsung di Ramayan Cirebon Square Plered, Kabupaten Cirebon, Minggu...

D’Classic Barber & Coffee Hadir di Cirebon Dengan Konsep Berbeda

Cirebon,- D’Classic Barber & Coffee yang berlokasi di Jalan Raya Galunggung, No. 171 Perumnas Kota Cirebon hadir dengan konsep yang berbeda. D’Classic Barber & Coffee...

GMC Cirebon Bungkam Tuan Rumah Scorpio Jakarta di Srikandi Cup Seri 2

Jakarta,- Tim basket putri GMC Cirebon memetik kemenangan kedua pada Srikandi Cup seri 2 Jakarta, setelah mereka mengalahkan tuan rumah Scorpio (58-36) di GOR...

Senangnya Puluhan Anak-anak Yatim Saat Diajak Berwisata Edukasi

Cirebon,- Raut muka bahagia terpancar dari puluhan anak-anak yatim saat memasuki Trans Studio Mini Cirebon yang ada di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon,...

More Articles Like This