Selasa, 15 Oktober 2019

23 Universitas di Indonesia Ikuti Kompetisi Pajak Nasional 2019

Populer

Menurunkan Tingkat Kecelakaan, Jasa Marga Cabang Tol Palikanci Lakukan Razia ” Odol “

Cirebon,- Untuk meminimalisir kecelakaan di jalan tol, Jasa Marga Cabang Tol Palikanci menggelar Operasi Gabungan bersama dengan Dinas Perhubungan...

Satlantas Polres Cirebon Kota Gelar Safety Riding Bareng Komunitas Ojek Online

Cirebon,- Dalam rangka menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan, Satlantas Polres Cirebon Kota menggelar kegiatan Safety Riding bersama Komunitas...

Dua Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ATC Thailand 2019

Jakarta,- Dua pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mempersembahkan podium pada dua balapan yang digelar pada...

Jelajah Kuliner Bulan Oktober di Aston Bogor

Bogor, Sebagai kota tujuan wisata, kota Bogor selalu menarik untuk dikunjungi. Selain menawarkan suasana yang tepat untuk berlibur, kota...

Mahasiswa UPH Berikan Pelatihan di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun

Cirebon,- Guna mendukung pengembangan desa wisata, Universitas Pelita Harapan (UPH) memberikan pelatihan kepada masyarakat di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang,...

Cirebon,- Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Provinsi Jawa Barat II bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Satu dan Cirebon Dua bekerja sama dengan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) menggelar Cirebon Tax Festival.

Kompetisi Pajak Nasional (KPN) 2019 dengan mengusung tema “Sadar Pajak di Era Ekonomi Digital” berlangsung di Auditorium Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan Kompetisi Pajak Nasional 2019 ini diikuti 23 universitas yang ada di Indonesia dan 20 Sekolah se-Wilayah III Cirebon.

1. Tentang Perpajakan

Kepala Kanwil DJP Provinsi Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo mengatakan kegiatan Kompetisi Pajak Nasional merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan, dalam perlombaan ini mengenai pengetahuan tentang perpajakan.

Kepala Kanwil DJP Provinsi Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo.

“Sehingga dengan kegiatan ini peserta dapat memperoleh wawasan yang luas mengenai dunia perpajakan beserta aturan-aturannya,” ujar Yoyok usai membukan KPN 2019.

Selain itu, lanjut Yoyok, dari KPN 2019 dapat mengukur juga kemampuan peserta dalam bidang perpajakan, dan melatih softskill dalam berkomunikasi maupun berbicara di hadapan publik.

“Dan sebetulnya, mahasiswa-mahasiswa ini adalah calon wajib pajak masa depan, dan mereka tentu akan mempraktekan pengetahuan tentang perpajakan yang mereka dapatkan di kehidupan yang nyata. Sehingga, mereka bisa menjadi wajib pajak yang patuh,” ungkapnya.

Cirebon Tax Festival

2. Peduli Pajak

Menurut Yoyok, pengetahuan perpajakan yang mereka dapatkan dari kompetisi pajak nasional ini dapat juga disampaikan kepada wajib pajak.

“Dengan begitu, wajib pajak bisa makin patuh dalam membayar pajak,” terangnya.

Selain itu, tambah Yoyok, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk Praktek Kerja Lapangan di KPP Pratama Cirebon Satu mapun Cirebon Dua.

“Untuk diluar Cirebon juga bisa melakukan praktek di KPP Pratama di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan),” jelasnya.

Yoyok berharap, dengan adanya kegiatan ini semakin banyak mahasiswa yang sadar dan peduli pajak, serta dapat mempraktekan sesuai dengan tema saat ini Sadar Pajak di Era Ekonomi Digital.

3. Mendukung Sadar Pajak

Sementara itu, Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan apapun yang positif, apalagi kegiatan ini sangat signifikan dalam rangka mendukung kebijakan dan program pemerintah dalam menggalakan sadar pajak dari wajib pajak.

“Kompetisi Pajak Nasional ini merupakan satu bentuk kontribusi kami perguruan tinggi dalam rangka ikut serta mensukseskan program-program pemerintah,” ujar Mukarto.

Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo.

Kemudian, lanjut Mukarto, pada kesempatan ini, UGJ dengan Kanwil DJP Jabar II bersama KPP Pratama Cirebon Satu dan Cirebon Dua telah menjalin hubungan kerja sama yang sangat baik, intens, dan banyak sekali kegiatan dilakukan yang memiliki nilai positif bagi mahasiwa UGJ dalam rangka proses pembelajaran dan skill dibidang perpajakan.

“Sehingga sangat terbantu dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diinisiasi bersama antara mahasiswa yang aktif di bidang tax center UGJ dengan KPP Pratama,” bebernya.

Mukarto berharap, kegiatan seperti ini kedepan terus ditingkatkan dan dikembangkan. Sehingga, sinergitas antara perguruan tinggi dan kantor pajak semakin kuat dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang perpajakan. (AC212)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

CSB 3on3 Basketball Tournament Open Seri 4 Siap Digelar

Cirebon,- Setelah sukses menggelar turnamen basketball seri ketiga pada 29 April hingga 5 Mei 2019, CSB Mall siap menggelar...

Tim Densus 88 Amankan Seorang Terduga Teroris Di Kota Cirebon

Cirebon,- Tim Densus 88 Anti Teror mengamankan seorang terduga teroris di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Minggu (13/10/2019) malam.Seorang terduga teroris yang ditangkap...

Mahasiswa UPH Berikan Pelatihan di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun

Cirebon,- Guna mendukung pengembangan desa wisata, Universitas Pelita Harapan (UPH) memberikan pelatihan kepada masyarakat di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat...

Puluhan Peserta Dari Berbagai Daerah Ikuti Kejuaran Nasional Cirebon Brewers Championship 2019

Cirebon,- Puluhan peserta dari berbagai daerah mengikuti Cirebon Brewers Championship #CBrC2019 yang diselenggarakan oleh Cirebon Coffee Event, Sabtu (12/10/2019). Event lomba seduh kopi manual ini...

Oppo Store Complete Selular Kini Hadir di Ciledug Cirebon

Cirebon,- Untuk lebih mendekatkan kepada pelanggan, Complete Selullar kembali membuka store terbarunya di wilayah Cirebon Timur, Sabtu (12/10/2019). Store Complete Selular yang ke-37 dengan nama...

More Articles Like This