Rabu, 13 November 2019

23 Universitas di Indonesia Ikuti Kompetisi Pajak Nasional 2019

Populer

Begini Tradisi Pencucian Gong Sekati di Keraton Kanoman Cirebon Jelang Maulid Nabi

Cirebon,- Jelang peringatan maulid Nabi SAW, Keraton Kanoman Cirebon melaksanakan tradisi Pencucian Gong Sekati yang berlangsung di Langgar Alit...

Claudia Emmanuela Santoso Gadis Cirebon Masuk Final The Voice of Germany

Cirebon,- Gadis Asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat The Voice of Germany lolos ke babak...

Sebagai Icon Baru, PT. KAI Daop 3 Cirebon Resmikan Monumen Mesin Mekanik VDM 800 GS, Ini Bentuknya

Cirebon,- Bertepatan Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November 2019, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3...

Tim Ahli Cagar Budaya Teliti Batu Bata Diduga Peninggalan Candi di Indramayu

Indramayu,- Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan Pemerintah Kabupaten Indramayu mulai meneliti temuan batu bata bertanda tapak kaki anjing...

Rayakan Ulang Tahun ke-4, Cordela Hotel Cirebon Menggelar Berbagai Kegiatan Sosial

Cirebon,- Cordela Hotel Cirebon yang beroperasi sejak tahun 2015, kini memasuki usia yang ke-4. Untuk memperingati usia ke-4, Cordela...

Cirebon,- Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Provinsi Jawa Barat II bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Satu dan Cirebon Dua bekerja sama dengan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) menggelar Cirebon Tax Festival.

Kompetisi Pajak Nasional (KPN) 2019 dengan mengusung tema “Sadar Pajak di Era Ekonomi Digital” berlangsung di Auditorium Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan Kompetisi Pajak Nasional 2019 ini diikuti 23 universitas yang ada di Indonesia dan 20 Sekolah se-Wilayah III Cirebon.

1. Tentang Perpajakan

Loading...

Kepala Kanwil DJP Provinsi Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo mengatakan kegiatan Kompetisi Pajak Nasional merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan, dalam perlombaan ini mengenai pengetahuan tentang perpajakan.

Kepala Kanwil DJP Provinsi Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo.

“Sehingga dengan kegiatan ini peserta dapat memperoleh wawasan yang luas mengenai dunia perpajakan beserta aturan-aturannya,” ujar Yoyok usai membukan KPN 2019.

Selain itu, lanjut Yoyok, dari KPN 2019 dapat mengukur juga kemampuan peserta dalam bidang perpajakan, dan melatih softskill dalam berkomunikasi maupun berbicara di hadapan publik.

“Dan sebetulnya, mahasiswa-mahasiswa ini adalah calon wajib pajak masa depan, dan mereka tentu akan mempraktekan pengetahuan tentang perpajakan yang mereka dapatkan di kehidupan yang nyata. Sehingga, mereka bisa menjadi wajib pajak yang patuh,” ungkapnya.

Cirebon Tax Festival

2. Peduli Pajak

Menurut Yoyok, pengetahuan perpajakan yang mereka dapatkan dari kompetisi pajak nasional ini dapat juga disampaikan kepada wajib pajak.

“Dengan begitu, wajib pajak bisa makin patuh dalam membayar pajak,” terangnya.

Selain itu, tambah Yoyok, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk Praktek Kerja Lapangan di KPP Pratama Cirebon Satu mapun Cirebon Dua.

“Untuk diluar Cirebon juga bisa melakukan praktek di KPP Pratama di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan),” jelasnya.

Yoyok berharap, dengan adanya kegiatan ini semakin banyak mahasiswa yang sadar dan peduli pajak, serta dapat mempraktekan sesuai dengan tema saat ini Sadar Pajak di Era Ekonomi Digital.

3. Mendukung Sadar Pajak

Sementara itu, Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan apapun yang positif, apalagi kegiatan ini sangat signifikan dalam rangka mendukung kebijakan dan program pemerintah dalam menggalakan sadar pajak dari wajib pajak.

“Kompetisi Pajak Nasional ini merupakan satu bentuk kontribusi kami perguruan tinggi dalam rangka ikut serta mensukseskan program-program pemerintah,” ujar Mukarto.

Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo.

Kemudian, lanjut Mukarto, pada kesempatan ini, UGJ dengan Kanwil DJP Jabar II bersama KPP Pratama Cirebon Satu dan Cirebon Dua telah menjalin hubungan kerja sama yang sangat baik, intens, dan banyak sekali kegiatan dilakukan yang memiliki nilai positif bagi mahasiwa UGJ dalam rangka proses pembelajaran dan skill dibidang perpajakan.

“Sehingga sangat terbantu dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diinisiasi bersama antara mahasiswa yang aktif di bidang tax center UGJ dengan KPP Pratama,” bebernya.

Mukarto berharap, kegiatan seperti ini kedepan terus ditingkatkan dan dikembangkan. Sehingga, sinergitas antara perguruan tinggi dan kantor pajak semakin kuat dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang perpajakan. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

CSB Fashion Week Jadi Indikator Live Style di Kota Cirebon

Cirebon,- CSB Fashion Week kembali digelar, mulai tanggal 11 - 16 November 2019 di Atrium Utama CSB Mall, Jalan...

Satlantas Polres Cirebon Kota Salurkan Air Bersih Sebanyak 18.000 Liter di Argasunya

Cirebon,- Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota kembali melakukan bakti sosial pemberian bantuan air bersih di wilayah Kedung Jumbleng, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota...

Nikmati Promo Spa Coklat Hanya di Artha Spa Aston Cirebon Hotel

Cirebon,- Coklat merupakan makanan atau minuman yang disukai oleh banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Bahkan, coklat sudah menjadi rahasia umum...

EB Batik Tradisional Kenalkan Koleksi Terbaru di CSB Fashion Week 2019

Cirebon,- Puluhan koleksi terbaru dari EB Batik Tradisional diperkenalkan melalui peragaan busana dalam acara CSB Fashion Week 2019, yang berlangsung di Atrium CSB Mall,...

RSIA Cahaya Bunda Berikan Special Gift Kepada Para Pasien

Cirebon,- Setelah sukses menggelar berbagai rangkaian di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda kembali menghadirkan program special...

More Articles Like This