Sabtu, 23 Oktober 2021

23 Universitas di Indonesia Ikuti Kompetisi Pajak Nasional 2019

Populer

Talaga Langit Milik Ustad Ujang Busthomi Hadirkan Museum Dukun Santet

Cirebon,- Setelah sukses membuka wisata Bukit Cinta Anti Galau, kini Ustad Ujang Busthomi kembali membuka objek wisata Talaga Langit....

Jalan Tol Akses Bandara Kertajati Rampung 100%, Siap Dioperasikan

Majalengka,- Pembangunan jalan tol akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sudah rampung. Akses ini terhubung langsung dengan jalan...

Wagub Jabar Resmikan Wisata Talaga Langit Anti Galau

Cirebon,- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Talaga Langit Wisata Anti Galau di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu,...

Yayasan Wani Amal Cirebon Gelar Khitan Massal

Cirebon,- Sebanyak 30 anak mengikuti Khitan Massal 2021 yang digelar oleh Yayasan Wani Amal (YWA) Cirebon, Selasa (19/10/2021). Kegiatan...

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Cirebon,- Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Provinsi Jawa Barat II bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Satu dan Cirebon Dua bekerja sama dengan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) menggelar Cirebon Tax Festival.

Kompetisi Pajak Nasional (KPN) 2019 dengan mengusung tema “Sadar Pajak di Era Ekonomi Digital” berlangsung di Auditorium Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan Kompetisi Pajak Nasional 2019 ini diikuti 23 universitas yang ada di Indonesia dan 20 Sekolah se-Wilayah III Cirebon.

Loading...

1. Tentang Perpajakan

Kepala Kanwil DJP Provinsi Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo mengatakan kegiatan Kompetisi Pajak Nasional merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan, dalam perlombaan ini mengenai pengetahuan tentang perpajakan.

Kepala Kanwil DJP Provinsi Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo.

“Sehingga dengan kegiatan ini peserta dapat memperoleh wawasan yang luas mengenai dunia perpajakan beserta aturan-aturannya,” ujar Yoyok usai membukan KPN 2019.

BACA YUK:  Wagub Jabar Resmikan Wisata Talaga Langit Anti Galau

Selain itu, lanjut Yoyok, dari KPN 2019 dapat mengukur juga kemampuan peserta dalam bidang perpajakan, dan melatih softskill dalam berkomunikasi maupun berbicara di hadapan publik.

“Dan sebetulnya, mahasiswa-mahasiswa ini adalah calon wajib pajak masa depan, dan mereka tentu akan mempraktekan pengetahuan tentang perpajakan yang mereka dapatkan di kehidupan yang nyata. Sehingga, mereka bisa menjadi wajib pajak yang patuh,” ungkapnya.

Cirebon Tax Festival

2. Peduli Pajak

Menurut Yoyok, pengetahuan perpajakan yang mereka dapatkan dari kompetisi pajak nasional ini dapat juga disampaikan kepada wajib pajak.

“Dengan begitu, wajib pajak bisa makin patuh dalam membayar pajak,” terangnya.

Selain itu, tambah Yoyok, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk Praktek Kerja Lapangan di KPP Pratama Cirebon Satu mapun Cirebon Dua.

“Untuk diluar Cirebon juga bisa melakukan praktek di KPP Pratama di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan),” jelasnya.

BACA YUK:  Nelayan dan Pengusaha Ikan di Kota Cirebon Tolak PP Nomor 85 Tahun 2021

Yoyok berharap, dengan adanya kegiatan ini semakin banyak mahasiswa yang sadar dan peduli pajak, serta dapat mempraktekan sesuai dengan tema saat ini Sadar Pajak di Era Ekonomi Digital.

3. Mendukung Sadar Pajak

Sementara itu, Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan apapun yang positif, apalagi kegiatan ini sangat signifikan dalam rangka mendukung kebijakan dan program pemerintah dalam menggalakan sadar pajak dari wajib pajak.

“Kompetisi Pajak Nasional ini merupakan satu bentuk kontribusi kami perguruan tinggi dalam rangka ikut serta mensukseskan program-program pemerintah,” ujar Mukarto.

Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo.

Kemudian, lanjut Mukarto, pada kesempatan ini, UGJ dengan Kanwil DJP Jabar II bersama KPP Pratama Cirebon Satu dan Cirebon Dua telah menjalin hubungan kerja sama yang sangat baik, intens, dan banyak sekali kegiatan dilakukan yang memiliki nilai positif bagi mahasiwa UGJ dalam rangka proses pembelajaran dan skill dibidang perpajakan.

“Sehingga sangat terbantu dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diinisiasi bersama antara mahasiswa yang aktif di bidang tax center UGJ dengan KPP Pratama,” bebernya.

Mukarto berharap, kegiatan seperti ini kedepan terus ditingkatkan dan dikembangkan. Sehingga, sinergitas antara perguruan tinggi dan kantor pajak semakin kuat dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang perpajakan. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Bertabur Promo di Mataram, Untung Wujudkan Impian di FIFGROUP FEST

Mataram – PT Federal International Finance (FIFGROUP) kembali hadirkan salah satu kegiatan promo, yaitu FIFGROUP FEST untuk warga Mataram...

Puncak Peringatan HSN 2021 PCNU Kabupaten Cirebon Digelar di Panembahan

Cirebon,- Puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 dan Maulid Nabi Muhammad SAW, PCNU Kabupaten Cirebon bakal digelar di Masjid Besar Nurussa'adah Desa...

Sekda Kota Cirebon Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri 2021

Cirebon,- Santri memiliki peran strategis menjaga keutuhan negara. Para santri juga telah berperan untuk mewujudkan perdamaian dunia. Peringatan hari Santri 2021 digelar melalui upacara di...

Launching WOR Grill Berikan Diskon 20% All Varian Menu

Cirebon,- Dalam rangka launching, WOR Grill yang terletak di Jalan Pemuda No. 36 Kota Cirebon (seberang JNE Pemuda) memberikan diskon 20% untuk varian all...

More Articles Like This