Selasa, 4 Agustus 2020

23 Universitas di Indonesia Ikuti Kompetisi Pajak Nasional 2019

Populer

Layanan Rapid Test di Stasiun Cirebon Hanya Rp. 85 ribu, Ini Syaratnya

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon bekerja sama dengan RNI Group menyediakan pemeriksaan Rapid...

Penertiban Aset PT KAI Daop 3 Cirebon Diwarnai Penolakan Warga

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon melakukan penertiban 2 aset berupa rumah perusahaan yang...

Dalam Tiga Hari, Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah 8 Orang

Cirebon,- Sejak hari Jumat 31 Juli sampai 2 Agustus 2020, kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah 8 orang....

Telkomsel Hadirkan Paket ilmupedia E-Learning Session dengan kuota data 10GB senilai Rp. 10

Jakarta,- Telkomsel kembali menghadirkan inisiatif baru untuk mendukung aktivitas pembelajaran jarak jauh, terutama memasuki masa Tahun Ajaran baru 2020/2021,...

Bakso Lobster Mantan Tawarkan Harga Terjangkau

Cirebon,- Baso Lobster yang tengah viral, kini bisa ditemui di Bakso Lobster Mantan (Mantap Tenan) di Kota Cirebon.Bertempat di...

Cirebon,- Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Provinsi Jawa Barat II bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Satu dan Cirebon Dua bekerja sama dengan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) menggelar Cirebon Tax Festival.

Kompetisi Pajak Nasional (KPN) 2019 dengan mengusung tema “Sadar Pajak di Era Ekonomi Digital” berlangsung di Auditorium Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan Kompetisi Pajak Nasional 2019 ini diikuti 23 universitas yang ada di Indonesia dan 20 Sekolah se-Wilayah III Cirebon.

Loading...

1. Tentang Perpajakan

Kepala Kanwil DJP Provinsi Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo mengatakan kegiatan Kompetisi Pajak Nasional merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan, dalam perlombaan ini mengenai pengetahuan tentang perpajakan.

Kepala Kanwil DJP Provinsi Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo.

“Sehingga dengan kegiatan ini peserta dapat memperoleh wawasan yang luas mengenai dunia perpajakan beserta aturan-aturannya,” ujar Yoyok usai membukan KPN 2019.

Selain itu, lanjut Yoyok, dari KPN 2019 dapat mengukur juga kemampuan peserta dalam bidang perpajakan, dan melatih softskill dalam berkomunikasi maupun berbicara di hadapan publik.

“Dan sebetulnya, mahasiswa-mahasiswa ini adalah calon wajib pajak masa depan, dan mereka tentu akan mempraktekan pengetahuan tentang perpajakan yang mereka dapatkan di kehidupan yang nyata. Sehingga, mereka bisa menjadi wajib pajak yang patuh,” ungkapnya.

Cirebon Tax Festival

2. Peduli Pajak

Menurut Yoyok, pengetahuan perpajakan yang mereka dapatkan dari kompetisi pajak nasional ini dapat juga disampaikan kepada wajib pajak.

“Dengan begitu, wajib pajak bisa makin patuh dalam membayar pajak,” terangnya.

Selain itu, tambah Yoyok, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk Praktek Kerja Lapangan di KPP Pratama Cirebon Satu mapun Cirebon Dua.

“Untuk diluar Cirebon juga bisa melakukan praktek di KPP Pratama di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan),” jelasnya.

Yoyok berharap, dengan adanya kegiatan ini semakin banyak mahasiswa yang sadar dan peduli pajak, serta dapat mempraktekan sesuai dengan tema saat ini Sadar Pajak di Era Ekonomi Digital.

3. Mendukung Sadar Pajak

Sementara itu, Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan apapun yang positif, apalagi kegiatan ini sangat signifikan dalam rangka mendukung kebijakan dan program pemerintah dalam menggalakan sadar pajak dari wajib pajak.

“Kompetisi Pajak Nasional ini merupakan satu bentuk kontribusi kami perguruan tinggi dalam rangka ikut serta mensukseskan program-program pemerintah,” ujar Mukarto.

Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo.

Kemudian, lanjut Mukarto, pada kesempatan ini, UGJ dengan Kanwil DJP Jabar II bersama KPP Pratama Cirebon Satu dan Cirebon Dua telah menjalin hubungan kerja sama yang sangat baik, intens, dan banyak sekali kegiatan dilakukan yang memiliki nilai positif bagi mahasiwa UGJ dalam rangka proses pembelajaran dan skill dibidang perpajakan.

“Sehingga sangat terbantu dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diinisiasi bersama antara mahasiswa yang aktif di bidang tax center UGJ dengan KPP Pratama,” bebernya.

Mukarto berharap, kegiatan seperti ini kedepan terus ditingkatkan dan dikembangkan. Sehingga, sinergitas antara perguruan tinggi dan kantor pajak semakin kuat dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang perpajakan. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Bupati Minta Dinas Sering Diskusi Dalam Menjalankan Program

Cirebon,- Berkaca dari peristiwa Hari Raya Idul Adha, Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag meminta kepada dinas-dinas untuk lebih...

Dalam Tiga Hari, Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah 8 Orang

Cirebon,- Sejak hari Jumat 31 Juli sampai 2 Agustus 2020, kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah 8 orang. 8 orang tersebut merupakan kasus...

Saat Arus Balik Iduladha, Pertamina Siapkan Mobile Storage Untuk Dukung Pasokan BBM

Jakarta,- PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III menyiagakan Mobile Storage di beberapa SPBU untuk menjaga pasokan BBM saat arus balik Iduladha...

Tidak Ada Pemasukan Selama Pandemi, Wisata Goa Sunyaragi Bertahan Demi Melestarikan Situs

Cirebon,- Sejak dibukanya kembali objek wisata taman air Goa Sunyaragi pada tanggal 30 Mei 2020 pada masa Pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan belum ada peningkatan...

Rajaview, Cara Menaikkan Views YouTube dengan Mudah

YouTube saat ini menjadi salah satu platform yang banyak digunakan. Terlebih lagi, siapapun bisa memproduksi konten di YouTube. Menariknya, kita juga bisa mendapatkan uang...

More Articles Like This