23 Seniman Dalam dan Luar Negeri Putarkan Karya Seni Videonya di Acara Cirebon Video Art Screening

Cirebon,- Rekareka Space sebagai ruang untuk bermain untuk teman-teman penikmat seni di Cirebon menggelar pemutaran seni video pertama kalinya di Cirebon dengan nama CIVAS (Cirebon Video Art Screening), dengan menampilkan 41 karya seni video dari 23 seniman dari berbagai kota di Indonesia dan 2 diantaranya berasal dari negara Armenia dan India.

Pemutaran seni video ini dilakukan secara open call (undangan terbuka), sehingga siapapun seniman seni video bisa mengirimkan karya-karya untuk diputar di acara CIVAS ini yang dilaksanakan di Rekareka Space Jalan Kesambi Baru no. 14C Cirebon, Sabtu dan Minggu (17 – 18/12/2022).

Salah satu performance art dari Sobri Lain (DIY)

Memang dalam acara ini masih banyak yang bingung atau malah belum paham sama sekali apa itu seni video, sehingga apresiasi dari audiens yang hadir di acara ini masih banyak yang bertanya-tanya tetapi menarik untuk ditonton.

BACA YUK:  Tolak Keras Sistem Pemilu Proporsional Tertutup, AHY: Memundurkan Kualitas Demokrasi

“Video Art atau seni video sendiri adalah seni media baru yang muncul akibat perkembangan teknologi, seni video ini sifatnya sangat konseptual dengan video sebagai media utamanya. Sehingga memang bisa menimbulkan pengalaman visual baru dan banyak pertanyaan ketika kita menontonnya” ujan Yuan Alfasa, seorang seniman muda Cirebon dan juga penyelanggara dari acara CIVAS ini.

Pada acara ini tidak memiliki tema tertentu karena tujuan dari acara ini adalah edukasi untuk mengenalkan seni video ke masyarakat umum sebagai media seni yang patut untuk diketahui.

Salah satu performance art dari Poptunes1988 (CRB)

“ Karena bentuk karya seni video ini sangat unik ya bisa menimbulkan banyak respon dari audiens jadi aku sendiri cukup tertarik juga untuk ikut menyebar luaskan tentang seni video ini,” lanjut Yuan.

BACA YUK:  Ulang Tahun ke-8, RSIA Cahaya Bunda Cirebon Targetkan Ada Pengembangan

Tidak hanya memutarkan seni video saja, dalam acara ini juga menampilkan musikalisasi puisi dari siswa SMA Al-Azhar Cirebon dan performance art dari beberapa seniman Cirebon dan Yogyakarta yang membuat acara ini menjadi lebih menarik lagi.

Acara ini menjadi alternatif hiburan untuk masyarakat Cirebon, dikarenakan sudah marak dan ramainya acara kesenian-kesenian lain.

Salah satu video art dari Wanggi Hoed

“Harapannya sih tetap membuat CIVAS #2 sebagai platform seniman video utuk menampilkan hasil karya videonya, dan memberikan edukasi mengenai seni video dan performance art kepada masyarakat umum, yang nanti menghasilkan seniman baru yang berkarya di 2 media ini,” harap Yuan untuk acara CIVAS ke depannya. (*)

BACA YUK:  Dekatkan Diri Kepada Pelanggan, Paparazzi Barbershop by Danu Devano Hadir di Ruko Citraland Cirebon

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *