Kamis, 2 Desember 2021

20 Warga Sekitar Pembangkit Cirebon Power Ikuti Pelatihan Teknisi AC

Populer

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Geubrina Cafe Aceh, Kuliner Aceh Terlengkap di Kota Cirebon dan ini Promonya di Bulan Desember

Cirebon,- Aceh memiliki beragam kuliner yang khas untuk bisa dinikmati bagi para pecinta kuliner. Di Cirebon, terdapat kafe atau...

Catat Tanggalnya, TDA Cirebon Gandeng Lintas Institusi Gelar Pesta Wirausaha dan Vaksinasi

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya akan...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

UMK Kota Cirebon Tahun 2022 Naik Sebesar Rp. 33 Ribu

Cirebon,- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon dan Dewan Pengupahan Kota (Depeko) telah menggelar rapat penetapan Upah Minimum Kota...

Cirebon,- Cirebon Power memberikan pelatihan teknisi air conditioner (AC) atau pendingin ruangan kepada 20 warga, khususnya para remaja yang berdomisili di sekitar area dekat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cirebon Power.

Kegiatan pelatihan teknisi AC yang berlangsung di Gedung Vocational Training Center ini, dimulai sejak Rabu (4/3/2020) hingga satu bulan ke depan.

Aris Suharto, instruktur pelatihan dari Perkumpulan Teknisi Refrigerasi dan Tata Udara Indonesia (PTRTUI) wilayah Cirebon menyampaikan pihaknya akan mengajarkan para peserta pelatihan terkait kompetensi yang dimilikinya.

Loading...

“Kami akan mengajarkan kompetensi kami sebagai teknisi pendingin ruangan untuk peserta didik di PLTU ini. Karena pentingnya AC yang dibutuhkan masyarakat, tentu jasa teknisi AC juga berpeluang menghasilkan pendapatan,” ujar Aris, di sela-sela kegiatan pelatihan.

BACA YUK:  Beli Elektronik di AIO Store Cirebon Bisa Ditawar

Lanjut Aris, selain keterampilan yang diajarkan kepada peserta pelatihan sesuai dengan spesialisasinya, tak menutup kemungkinan mereka juga akan diajarkan keterampilan lain terkait barang elektronik lainnya yang bersifat dingin.

“Kira-kira satu bulan pelatihan ini dilakukan, kami ajarkan dari nol sampai mereka bisa terjun ke lapangan, dengan harapan mereka bisa mandiri serta buka usaha sendiri,” ungkapnya.

Sementara, Head of Vocational Training, Algan Naharo menuturkan ada sebanyak 20 peserta yang merupakan warga sekitar PLTU, yang mengikuti kegiatan ini.

Menurutnya, memilih mengadakan pelatihan AC, karena keterampilan ini sangat berpeluang untuk menjadi mata pencaharian.

“Peluang usahanya sudah jelas, karena pengguna AC kan banyak, tentu bisa jadi sumber penghasilan,” kata Algan.

Algan mengungkapkan, setelah mengikuti pelatihan yang akan diselenggarakan selama 24 hari, peserta juga akan dilakukan sertifikasi dan pembentukan unit usaha. “Sehingga nanti, bisa langsung memberikan pelayanan kepada konsumen,” jelasnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Muhammad Amarrullah, warga Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon mengaku, dirinya mengikuti pelatihan ini karena ingin menjadi teknisi AC yang profesional.

BACA YUK:  Inilah Ciri Khas Saat Makan di Wadidaw Barbeque

Amar berharap, setelah mengikuti pelatihan teknisi AC ini, dirinya bisa lebih paham lagi tentang operasi dan pemeliharaan AC, sehingga bisa membuka usaha sendiri.

“Kepingin bikin usaha service AC sendiri,” ujarnya.

Hal sama juga diakui peserta pelatihan lainnya, Kholisna Amirruddin yang berasal dari Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Kholis berharap dengan mengikuti pelatihan ini bisa mendirikan usaha sendiri. Bahkan Kholis mengaku cukup antusias dan ingin belajar mendalami keterampilan ini secara maksimal.

“Saya pernah menjadi security dan di sini saya ingin belajar soal AC. Karena saya ingin menjadi teknisi AC yang profesional dan membuka usaha sendiri,” ujar Kholis.

Head of Communication Cirebon Power, Yuda Panjaitan mengatakan program pelatihan seperti ini adalah bentuk kepedulian perusahaan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat.

“Pelatihan seperti ini rutin kami lakukan, bukan hanya untuk teknisi AC, tapi juga teknisi listrik, scaffolder dan lain-lain. Semuanya kita berikan secara gratis untuk warga sekitar, dengan harapan mereka nantinya dapat mandiri secara ekonomi,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kunjungi Kabupaten Cirebon, Wakil Menteri Pertanian Ajak Petani Gunakan Mesin Pertanian Modern

Cirebon,- Bupati Cirebon Drs. H. Imron mendampingi Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi dalam kunjungan kerja ke area persawahan...

Tidak Miliki Pita Cukai, Rokok Ilegal Rugikan Keuangan Negara

Cirebon, - Peredaran rokok ilegal harus terus dipersempit, bahkan dihilangkan. Pasalnya, selain lebih berbahaya terhadap kesehatan, rokok ilegal juga merugikan keuangan negara. Kepala Kantor Kantor...

Waspada Penipuan, Beredar Donasi Tempat Ibadah Mengatasnamakan Wakil Wali Kota Cirebon

Cirebon,- Belakangan ini beredar terkait pembagian donasi tempat ibadah yang mengatasnamakan Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati melalui pesan singkat WhatsApp. Oknum tersebut menghubungi...

Setiap PNS Baru di Kota Cirebon Wajib Menanam Satu Pohon

Cirebon,- Sebanyak 213 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan pengambilan sumpah dan janji menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon....

More Articles Like This