2.375 Calon Jamaah Haji di Kabupaten Cirebon Batal Berangkat

Cirebon,- Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Cirebon dipastikan batal berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun 2020.

Karena Pandemi Covid-19, sampai saat ini Pemerintah Arab Saudi belum membuka akses dari negara manapun. Atas hal tersebut, sebanyak 2.375 calon jamaah haji di Kabupaten Cirebon dipastikan gagal berangkat.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, Khaidir menjelaskan pembatalan calon jamaah haji pada penyelenggaraan haji tahun 2020 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama nomor 454 tahun 2020.

BACA YUK:  Ular Kobra Lepas Saat Dilakukan Sortir oleh Pihak Ekspedisi di Cirebon

“Jadi, untuk penyelenggaraan haji tahun 2020 ini dibatalkan, karena adanya Pandemi Covid-19,” ujarnya, Selasa (2/6/2020).

Lanjut Khaidir, untuk calon jamaah haji di Kabupaten Cirebon yang dipastikan batal berangkat menunaikan ibadah haji sebanyak 2.375 calon jamaah haji.

” Bila tahun depan kondisinya tidak seperti ini, calon jamaah haji tahun ini yang batal berangkat akan menjadi prioritas pada tahun 2021,” ungkapnya.

Menurut Khaidir, pembatalan berangkat calon jamaah haji berlaku untuk semua calon jamaah haji yang mendaftar reguler, ONH plus maupun calon jamaah haji furoda atau undangan dari Kerajaan Arab Saudi.

BACA YUK:  At-Taqwa Center dan OJK Cirebon Gelar Edukasi Keuangan Melalui Pemberdayaan Perempuan

“Untuk calon jamaah haji tahun berikutnya, kemungkinan akan berangkat pada tahun depannya,” kata Khaidir.

Khaidir menambahkan, dari total 2.375 Calon Jamaah Haji dari Kabupaten Cirebon, 2.320 calon jamaah haji diantaranya sudah melunasi pembayaran.

“Yang sudah melunasi pembayaran baru 2.320 calon jamaah, sisanya masih belum,” terangnya.

Dengan ditiadakannya pemberangkatan haji tahun 2020, pihak Kementerian Agama Kabupaten Cirebon akan melakukan sosialisasi kepada calon jamaah yang batal berangkat.

“Mulai Jumat kita akan lakukan sosialisasi terkait pembatalan keberangkatan haji melalui masing-masing kelompok,” tandasnya. (AC212)

BACA YUK:  Jadwal SIM Mobile Drive Thru Kabupaten Cirebon, 25 – 30 Juli 2022
(Dilihat: 23 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.