2.097 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Cirebon Sudah Terima Vaksin Covid-19

Cirebon,- Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Cirebon ditargetkan selesai akhir pekan ini. Hingga Kamis (04/02), sudah 2.097 orang nakes yang menerima vaksin Covid-19.

Dari total 7.203 nakes yang menerima vaksin di Kabupaten Cirebon, baru 2.097 Nakes yang telah divaksinasi. Artinya, baru 40 persen dari total jumlah nakes.

“Sampai hari ini vaksinasi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan. Nakes yang sudah di vaksin sebanyak 2.097 orang sampai hari ini,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni usai meninjau vaksinasi di RSUD Arjawinangun, Kamis (04/02/2021).

BACA YUK:  Nikmatnya Serabi Ibu Saroh Tukmudal Sumber Selalu Diburu Penikmat Kuliner

Sebelum pemberian vaksin, lanjut Eni, semua nakes harus mengikuti pemeriksaan rapid test. Jika ditemukan re-aktif, akan dilanjut dengan pemeriksaan swab.

“Kita harus memastikan dulu bahwa nakes tersebut sehat dan tidak terpapar Covid. Jangan sampai nanti setelah divaksin, tau-tau positif,” ungkapnya.

Eni menjelaskan, pemberian vaksin di rumah sakit ditargetkan selesai dalam tiga hari. Namun, karena terkendala oleh jaga shif-shifan dan sasarannya banyak di atas 600, maka ditargetkan selesai sampai Sabtu besok.

“Di Kabupaten Cirebon selama tiga hari, dari 7.203 nakes yang sudah divaksinasi ada 2.907 atau 40,29 persen,” bebernya.

BACA YUK:  SMPN 1 Kedawung Miliki Taman Literasi dan Galeri Seni

Dari jumlah tersebut, kata Eni, ada yang ditunda karena hipertensi atau penyakit bawaan. Sehingga, belum bisa dilaksanakan vaksinasi.

“Bahkan ada juga nakes yabg belum punya tiket, sehingga harus di konfirmasi terlebih dahulu. Dan ada yang tidak bisa dilakukan kurang lebih 60 orang. Tidak bisa karena ibu hamil, menyusui, jantung, komorbid dan pernah terkonfirmasi Covid-19,” jelasnya.

“Sampai akhir Februari 2021 pemberian vaksin tahap kedua ditargetkan sudah selesai,” tandasnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *