192 Kereta Melintas Setiap Hari di Cirebon dengan Gapeka Baru

Cirebon,- Mulai 1 Desember 2019 sebagian perjalanan kereta api (KA) akan mengalami perubahan jadwal keberangkatan.

Hal tersebut dikarenakan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) akan menggunakan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI.

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi menjelaskan Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis.

BACA YUK:  HZM Siap Maju ke DPR RI dari Partai Nasdem

Bentuk garis ini menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Stasiun Cirebon

“Penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI,” ujarnya, Kamis (14/11/2019).

Tamsil menegaskan, Gapeka 2019 dibuat untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan.

“Pada Gapeka tahun 2017, total ada 168 perjalanan KA yang melintas di Daop 3 Cirebon. Sedangkan untuk tahun 2019, ada 192 perjalanan KA,” jelasnya.

BACA YUK:  Tiga Mahasiswi ITB Berhasil Memenangkan L’Oréal Brandstorm 2022 tingkat Global Pada Kategori Bergengsi “Tech Track”

“Penggunaan Gapeka 2019 ini akan mempengaruhi jadwal perjalanan KA, waktu tempuh perjalanan, perpanjangan relasi KA, dan hadirnya KA-KA Baru,” tambah Tamsil.

Dengan berlakunya jadwal baru per 1 Desember 2019, yang diiringi dengan peningkatan kecepatan dan bertambahnya frekuensi KA, tentu akan berdampak pada meningkatnya resiko keselamatan perjalanan KA maupun pengguna jalan raya.

Pihaknya menghimbau, agar semua pihak yang berhubungan dengan perjalanan KA untuk lebih berhati-hati, dan meningkatkan kewaspadaan ketika melintas dijalur KA, baik yang terjaga maupun tidak terjaga .

BACA YUK:  Berdayakan Desa Pesisir, Cirebon Power Raih PDB Award 2022

“KAI selalu berorientasi kepada kepuasan pelanggan dalam menentukan kebijakan perusahaan. Melalui Gapeka 2019, kami berharap semakin banyak lagi masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kereta api,” tutup Tamsil. (AC212)

(Dilihat: 29 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.