112 CPNS di Lingkungan Pemda Kota Cirebon Diberikan Pelatihan Dasar

Cirebon,- Sebanyak 112 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kota Cirebon mendapatkan pelatihan dasar (Latsar) dalam penguatan kompetisi teknis bidang tugas tahun anggaran 2022. Kegiatan yang berlangsung di salah satu hotel di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, dibuka oleh Wakil Wali Kota Cirebon, Senin (7/11/2022).

Penguatan kompetensi teknis bidang tugas bagi peserta latsar calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon ini berlangsung selama tiga hari 7-9 November 2022. Pemerintah berharap dengan diadakannya Latser ini, CPNS ini bisa menjadi PNS yang berkompeten, tangguh, dan berintegritas.

“Saya yakin terlihat dari wajah para CPNS ini fresh semua. Sehingga harapannya bisa menjadi PNS yang berkompeten, tangguh, dan berintegritas. Karena proses Latsar ini harus dilalui oleh para CPNS,” ujar Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati.

BACA YUK:  Bagi Pecinta Ramen, RamenQu Cirebon Bisa Jadi Pilihan Utama

Menurut Eti, PNS memiliki peran yang penting dalam penyelenggaraan negara. PNS juga memiliki peran pada sejumlah keputusan strategis, mulai dari merumuskan kebijakan sampai pada implementasi kebijakan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Oleh sebab itu, PNS haruslah menjadi sosok yang profesional dan memenuhi standar kompetensi jabatannya agar mampu melaksanakan tugas jabatannya secara efektif dan efesien. Untuk mencapai standar kompetensi tersebut, perlu dilakukan Perekrutan dan pembinaan yang tepat,” katanya.

Sebagi CPNS, Eti menegaskan, wajib mengikuti dan lulus pelatihan dasar, dalam rangka peningkatan status menjadi PNS di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon. Dan yang tepenting, harus menjaga konsistensi dan motivasi dalam menjalani proses ini.

BACA YUK:  Pj Bupati Cirebon Hadiri Tasyakuran HUT ke-78 Kodam III/Siliwangi

“Semoga ini dapat dilaksanakan dengan baik dan menjadi motivasi untuk terlibat aktif dalam pembangunan di Kota Cirebon,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Cirebon, Sri Laksmi Santyawati menambahkan CPNS yang mengikuti Pelatihan Dasar ini ada sebanyak 112 orang. Dari 112 CPNS, lanjut Sri, ada 68 orang untuk tenaga kesehata, tenaga teknis 32 orang, dan dari STAN sebanyak 12 orang.

“Untuk yang dari STAN, memang kita meminta kepada Kementerian Keuangan sebanyak 12 orang. 9 orang untuk auditor dan 3 orang lagi untuk di Badan Keuangan. 68 tenaga kesehatan itu nantinya terpencar, ada yang di Dinas Kesehatan dan ada yang di rumah sakit,” ujar Sri kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Polda Jabar Buka Nomor Hotline untuk Penanganan Kasus Vina Cirebon

“Untuk tenaga teknisnya juga akan dipencar lagi di seluruh perangkat daerah di Kota Cirebon,” sambungnya.

Latsar ini, kata Sri, akan dilakukan selama tiga hari untuk memberikan pemantapan kepada CPNS. Peserta akan diberikan pemantapan terkait materi tentang kesehatan, kepegawaian, manajemen ASN, dan lain-lain.

“Jadi selama tiga hari ini harus dilakukan oleh kita, karena ini salah satu syarat untuk diangkat menjadi PNS. CPNS ini merupakan formasi dari tahun 2021,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *