11 Tarian Tradisional Meriahkan Pentas Seni Kolosal SMANTA Cirebon

Cirebon, 08 Mei 2015,- Sebanyak 11 tarian tradisional yang ditampilkan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Cirebon untuk meriahkan acara pentas seni kolosal bertajuk ‘Witana, Tingkatkan Budaya Generasi Muda Sebagai Penerus Bangsa’ yang bertempat di GOR Bima Kota Cirebon.

 

Pagelaran tersebut mengandung makna tentang Budaya Cirebon yang sekaligus dapat dijadikan edukasi pembelajaran untuk siswa-siswi SMAN 3 Kota Cirebon.

 

Menurut Guru Kesenian SMAN 3 Kota Cirebon, Eva Amarawati, pentas seni ini sangat memiliki edukasi yang penting untuk anak didiknya.

BACA YUK:  Info Event : Popilar With For Revenge & Ravi Andika

 

“Pensi kolosal ini mengandung cerita tentang budaya cirebon terutama tarian-tariannya.” Tutur Eva

 

“Tokoh utamanya diperankan oleh Ki Gede Alang-alang yang membawa golok untuk membabat alang-alang di Cirebon. Awal mula ceritanya seperti itu, dengan membawakan 11 tarian.” Lanjutnya.

 

Eva menambahkan, ke 11 tarian itu diantaranya Tari Api, Tari Kipas, Tari Saman, Tari Alang-alang, Tari Topeng, Tari Semdang, Tari Penggoda dan Tari dalam cerita kegiatan Padepokan, Kehidupan Nelayan serta Rakyat.

 

Membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk mempersiapkan segala urusan yang menyangkut kegiatan Pentas Seni Kolosal tersebut.

BACA YUK:  Info Event : Popilar With For Revenge & Ravi Andika

 

“Dengan menampilkan Budaya Cirebon, Cirebon harus maju dari Kota-kota lain. Harus mempunyai cara tersendiri untuk merangkul siswa-siswi dengan kesadaran dari mereka bahwa kita orang cirebon. Karena kalau bukan orang cirebon siapa lagi yang akan melestarikan budaya-budaya Cirebon kan?.” Ucap Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Cirebon, Ety Nur Rochaeni. (AC530)

(Dilihat: 156 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.