10 Saran Buat Kalian yang Sedang Berada di Usia 20-an, Simak Ya!

Cirebon,- Memasuki usia 20 tahun, menjadi tantangan tersendiri dalam menghadapi berbagai problematika kehidupan.

Saat ini media sosial cukup berperan dalam membentuk perilaku seseorang yaitu dengan melihat berbagai konten yang tersebar luas, baik di Instagram, Youtube, Tiktok ataupun media sosial lainnya.

Dari laman Tiktoknya, Raihanyosa membagikan konten video tentang apa saja saran untuk di usia 20-an. Di antaranya 10 hal berikut:

1. Berhenti mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan

Sama seperti kamu, orang lain punya masalah kehidupan mereka sendiri. Baik itu dari segi financial, kepercayaan diri, kesehatan mental, dan lain sebagainya. 95% waktu yang mereka miliki pasti digunakan untuk memikirkan hal tersebut, bukan untuk memikirkanmu.

BACA YUK:  Tradisi Grebeg Syawal Keraton Kasepuhan Cirebon Diwarnai Insiden Penolakan

2. Dokumentasi itu penting

Ambil foto atau video dari setiap momen yang kamu jalani. Baik itu momen bersama dengan teman, keluarga, atau bahkan dengan dirimu sendiri. Suatu hari dimasa depan, kamu akan bersyukur karena kamu mengabadikan momen tersebut.

3. Lakukan sesuatu yang kamu takutkan

Karena kepercayaan diri terbentuk dari aksi. Semakin sering kamu melakukan apa yang kamu takutkan, semakin tidak menakutkan aktivitas tersebut.

4. Investasi leher ke atas

Beli buku, ikut course, join class atau seminar travel ke tempat-tempat bersejarah, traktir ngopi orang yang ingin kamu belajar darinya. Investasi ke otak itu tidak akan pernah rugi dan tidak akan bisa di curi.

BACA YUK:  Mensos Risma Tinjau Banjir di Kabupaten Cirebon

5. Kerja keras untuk sesuatu yang kamu sukai

Umur 20-an itu merupakan waktu saat energimu lagi banyak-banyaknya dan jangan disia-siakan. Kejar apa yang selama ini kamu impikan. Sekalipun gagal, kamu masih punya banyak waktu untuk bangkit.

6. Belajar sabar

Ketahuilah bahwa sukses itu butuh waktu yang panjang. Kerja keras, kerja cerdas, disiplin. konsisten, arah yang tepat, ditambah dengan kesabaran untuk menunggu momentum akan membawamu menuju kesuksesan.

7. Pilih lingkungan pertemanan yang sama-sama mau berkembang

Lingkungan itu berdampak besar untukmu. Apalagi kamu menghabiskan banyak waktu dengan mereka.

BACA YUK:  Muskab IX Korpri, Ajang Pemilihan Ketua dan Wadah Belajar Pengabdian Masyarakat

8. Jangan membatasi diri

Jangan pernah bilang kalau kamu tidakakan pernah bisa public speaking atau kamu bukan seseorang yang pintar menulis. Sekali kamu percaya, maka seumur hidup kamu akan menjadi apa yang kamu percayai.

9. Jangan terlalu serius

Kalu hidupmu terlalu serius, kamu akan sering merasakan khawatir atau marah. Di beberapa kesempatan, kamu hanya perlu menanggapinya dengan santai.

10. Memiliki pengalaman yang banyak

Jangan takut gagal. Kalau kamu tidak pernah gagal artinya kamu tidak pernah mencoba. Percayalah perasaan menyesal karena ga pernah mencoba lebih menyakitkan dari pada perasaan sedih karena kegagalan. (wulan)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *